Daftar 16 Ponsel dengan Paparan Radiasi Tertinggi

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 12 Februari 2019 17:15
Daftar 16 Ponsel dengan Paparan Radiasi Tertinggi
Dua ponsel iPhone juga masuk dalam daftar ponsel beradiasi.

Dream - Ponsel dari pabrikan OnePlus dan Xiaomi memiliki radiasi tertinggi diantara ponsel dari pabrikan lain. Pernyataan ini dikeluarkan Kantor Federal Jerman yang meneliti sejumlah gawai yang memancarkan radiasi tertinggi dan terendah.

Data yang dikeluarkan Statista, perusahaan statitik dan pemasaran itu menerbitkan hasil penelitian itu.

Dalam hasil yang diterima Statista, perangkat dengan pancaran radiasi tinggi ditemukan di gawai OnePlus dan Xiaomi. Sesuai laporan, Xiaomi Mi A1 memancarkan radiasi maksimum sementara OnePlus 5T menduduki posisi kedua.

Di posisi ketiga dan keempat terdapat Xiaomi Mi Max 3 dan OnePlus 6T.

Dalam daftar 16 handset, kedua perusahaan ini juga memiliki delapan perangkat ponsel yang memancarkan radiasi terbanyak.

Daftar ini juga mengikutsertakan gawai dari HTC, Google, Apple, Sony, dan ZTE. Secara signifikan, Apple iPhone 7 dan iPhone 8 merupakan perangkat dengan Spesific Absorption Rate (SAR) sebesar 1,38 watt per kilogram (Wk) dan 1,32 Wk.

Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL juga berhasil masuk ke daftar dengan nilai SAR sebesar 1,33 Wk dan 1,39 Wk.

Ponsel dengan radiasi terendah (Foto: Statista/Gizmochina)© Statista/Gizmochina

Ponsel dengan radiasi terendah (Foto: Statista/Gizmochina)

Data Journalist, Martin Armstrong menyoroti 16 handset buatan Xiaomi dan OnePlus.

“ Delapan dari 16 handset buatan perusahaan asal China itu menempati posisi teratas. Sementara itu iPhone 7 dan iPhone 8 juga masuk dalam daftar," kata Amstrong, dikutip dari Gizmochina, Selasa, 12 Februari 2019.

1 dari 1 halaman

Ponsel dengan Radiasi Rendah

Tes terhadap radiasi yang dipancarkan itu menggunakan kriteria yang ditetapkan Kantor Federal Jerman untuk Perlindungan dan Radiasi. Sebuah ponsel disebut berada di level yang aman ketika laju penyerapannya

Perangkat disebut dalam level ‘aman’ saat laju penyerapan di bawah 0,60 dalam watt per kilogram. Tapi, nyatanya, semua perangkat yang tercantum di atas memancarkan radiasi dua kali lipat dari tingkat patokan.

Ponsel dengan pancaran radiasi paling sedikit ditempati Samsung dan Motorola. Samsung Galaxy Note 8 berada di posisi teratas dengan tingkat penyerapan 0,17 Wk.

Ponsel dengan radiasi terendah© Gizmochina/Statista

Ponsel dengan radiasi terendah (Foto: Statista/Gizmochina)

Note 8 raksasa Korea ini membawa tingkat penyerapan paling sedikit 0,17 Wk. Beberapa perangkat Samsung, semisal, Galaxy A8, Galaxy S8 +, Galaxy S7 edge, Galaxy S9 +, galaxy J6 +, Galaxy J4 +, dan Galaxy S8, juga berada di daftar teratas.

“ Fitur handset Samsung menonjol, dengan setengah dari sepuluh teratas berasal dari perusahaan Korea Selatan. Ini sangat kontras dengan saingan utamanya, Apple. Dua iPhone menempati daftar ponsel yang memancarkan radiasi terbanyak, ” ucap Armstrong.

Perangkat Motorola seperti Moto Z, Moto G5 Plus juga ada dalam daftar perangkat yang memancarkan radiasi paling sedikit.(Sah)

Beri Komentar