Review Amazfit GTS 4 Mini: Smartwatch Stylish si Penunjang Gaya Hidup Sehat

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 28 September 2022 12:47
Review Amazfit GTS 4 Mini: Smartwatch Stylish si Penunjang Gaya Hidup Sehat
Amazfit GTS 4 Mini sudah memasuki pasar Indonesia dengan harga Rp1.399.000. Apa sih yang bisa kita dapatkan dengan harga tersebut? Yuk simak ulasannya.

Dream - Jam tangan sekarang bukan hanya sekadar penunjuk waktu, tapi juga berubah menjadi jam tangan pintar atau smartwatch yang mampu membersamai gaya hidup manusia.

Aksesoris yang identik dipakai di pergelangan itu sekarang menjadi fashion item yang terhubung dengan teknologi AI. Bagaimana tidak, melalui smartwatch kita bahkan bisa melacak keberadaan handphone kita sendiri.

Kali ini Dream berkesempatan mengenal kecanggihan salah satu pemain besar di industri smartwatch yakni Amazfit, anak perusahaan Huami yang berbasis di Amerika Serikat. Dengan seri terbarunya GTS 4 Mini. 

Amazfit GTS 4 Mini sudah memasuki pasar Indonesia dengan harga Rp1.399.000. Apa sih yang bisa kita dapatkan dengan harga tersebut? Yuk mari simak ulasannya.

1 dari 7 halaman

Bagaimana Tampilannya?

GTS 4 Mini menawarkan empat pilihan warna yakni Midnight Black, Flamingo Pink, Mint Blue dan Moonlight White. Layarnya masih berdesain kotak ala Apple Watches dengan ukuran Amoled 1.65 inci.

amazfit gts 4 mini© Amazfit

Layar ini lebih besar dari GTS 2 Mini yang hanya sebesar Amoled 1.55 inci. Ketebalan bodinya sekitar 9.1 mm. Sementara, bobotnya hanya 19 gram saja.

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Terlihat mungil tapi masih lebih besar dari smartwacth lainnya. Kesannya elegan dari warna silver yang mengelilingi layarnya yang terbuat dari alumunium serta pollycarbonate. Sementara strapnya berbahan silicon dengan panjang 20 mm. 

2 dari 7 halaman

Desain Strap yang Unik, Efektif?

Ada yang berbeda dari strap bawaan GTS 4 Mini. Pemasangannya harus dimasukkan ke ujung lubang. Jenis strap seperti ini memang minimalis dan terlihat rapi, namun tidak terlalu efektif dari pemakaiannya yang terkadang susah alias seret. Dan sedikit lebih lama dari strap pada umumnya.

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Bedanya smartwatch dengan jam tangan biasa adalah dari segi kegunaan yang memang bisa tahan di situasi manapun. Untuk ketahanan air, dengan layar kaca berbahan tempered glass, GTS 4 Mini mempunyai ketahanan air sampai 5 ATM, yang bisa dipakai untuk berenang.

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

3 dari 7 halaman

Layar yang Rekomended

Dengan resolusi 336 x 384 piksel, tampilan layarnya cukup terang untuk melihat notifikasi, jam, dan lainnya walaupun di bawah sinar matahari.

Hal ini terbukti saat Dream membawanya berkendara dengan sepeda motor. Meskipun pergelangan tangan kita harus diangkat terlebih dahulu dan sedikit delay

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Pilihan lain kita bisa sentuh layarnya dengan jari atau menekan tombol yang ada di sebelah kanan layar. Untuk screen time, kita bisa memilih waktunya dengan paling lama 30 detik.

4 dari 7 halaman

Baterai Awet

Di sektor baterai, GTS 4 Mini dibekali baterai 270 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 15 hari. Adapula fitur Save Mode yang memungkinkan baterai bertahan hingga 45 hari, menarik.

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Dari pemakaian GTS 4 Mini yang dipakai Dream, kurang lebih pemakaian standar selama 10 hari tanpa isi ulang baterai dan tanpa menggunakan Save Mode, GTS 4 Mini masih tetap hidup dengan sisa baterai 41 persen.

5 dari 7 halaman

120 Fitur Olahraga

Bicara fitur yang tersedia, apa yang tersedia di GTS 4 Mini sama seperti smartwatch pada umumnya. Seperti informasi cuaca, alarm, kalender, penggantian walpaper dan lainnya. 

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Yang menarik, GTS 4 Mini mempunyai 120 mode olahraga yang lebih lengkap dibandingkan GTS 2 Mini. Untuk memaksimalkan fitur ini tentunya kita harus terkoneksi dengan aplikasi Zepp di smartphone.

Tak ketinggalan, ketika sudah terhubung dengan Zepp, kamu bisa memilih aplikasi di handphone-mu yang akan muncul notifikasinya di GTS 4 Mini.

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Contohnya saja WhatsApp yang Dream hubungkan dengan Zepp, notifikasi akan muncul dengan jelas. Tapi ini hanya notifikasi, ketika menerima panggilan ataupun membalas chat, kamu tetap harus membalasnya melalui ponselmu sendiri.

6 dari 7 halaman

Monitoring Kesehatan

Lain halnya dengan fitur kesehatan, GTS 4 Mini dilengkapi sensor detak jantung dan sensor SpO2 untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, hingga kadar tingkat stress pun ada. 

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Untuk para perempuan ada pula fitur yang memberikan prediksi tentang kapan periode menstruasi dan masa subur. Ditambah pula fitur pemantau kebugaran, pelacakan pola tidur.

Intinya Amazfit GTS 4 bisa memberikan monitor kesehatan selama 24 jam. Salah satunya ketika kamu terlalu lama duduk, GTS 4 Mini akan memberikan notifikasi agar kamu segera bangkit, dengan catatan untuk hal ini kamu tetap memakainya.

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

7 dari 7 halaman

Bisa Cari Keberadaan Gawaimu

Satu pula yang menarik, ada fitur yang bisa bisa mencari gawaimu. Jadi ketika kamu sedang ‘amnesia’ di mana letak handphone-mu. Cukup klik fitur ‘Find My Phone’, maka gawaimu akan berbunyi jika tidak di silent. Namun Dream belum tahu seberapa jauh gawai kita dapat terdeteksi.

amazfit gts 4 mini© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Masih banyak fitur lainnya yang bisa Sahabat Dream cek di link berikut ini Amazfit GTS 4 Mini.

 

Beri Komentar