Kondisi Otak Perempuan Berubah Saat Datang Bulan

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 27 September 2022 17:14
Kondisi Otak Perempuan Berubah Saat Datang Bulan
Sebenarnya, ada hal lain yang juga terjadi saat haid, yaitu perubahan pada otak.

Dream - Menstruasi merupakan hal yang terjadi pada perempuan dari awal masa pubertas hingga masa menopause. Ketika menstruasi, perempuan mengalami berbagai perubahan fisik dan suasana hati. Hal ini merupakan hal yang umum terjadi.

Saat haid, muncul keluhan yang umum, seperti sakit kepala, mual, nyeri otot, kembung dan masih banyak lagi. Hal tersebut langsung mungkin sering kamu rasakan. Sebenarnya, ada hal lain yang juga terjadi saat haid, yaitu perubahan pada otak.

Seperti apa? Ketahui faktanya.

Hippocampus Membesar
Menurut penelitian, hippocampus otak membesar ketika kadar estrogen meningkat. Perubahan otak ini mempengaruhi tingkah laku perempuan. Para peneliti mengungkap jika wanita sedang dalam fase tertentu dari siklus menstruasi, sangat rentan terjadi perubahan perilaku. Hal ini bisa menjadi saat yang tepat untuk membuat mood lebih stabil, salah satunya dengan olahraga.

1 dari 7 halaman

Hormon Berubah Drastis

Hormon memainkan peranan besar dalam tubuh. Siklus menstruasi biasanya terlihat seperti berikut. Di minggu pertama, kadar estrogen meningkat, maka perempuan akan merasa mood dan fisik lebih baik.

5 Hal Alami yang Dapat Dilakukan untuk Mengontrol Sakit Kram Menstruasi© MEN

Di minggu kedua, keadaan dan mood terasa prima. Kadar testosteron meningkat sebentar. Perempuan mungkin merasa ingin memiliki waktu yang lebih intim dengan pasangan.

Pada minggu ketiga, kadar estrogen menurun drastis dan progesteron meningkat. Kemungkinan terjadi perubahan suasana hati dan merasa murung. Minggu keempat, estrogen dan progesteron menurun, dan beberapa wanita mulai menderita sindrom pra-menstruasi (PMS).

 

2 dari 7 halaman

Nyeri Haid Mengubah Struktur Otak

Menurut para peneliti, kram menstruasi terjadi antara 20% hingga 90% gadis remaja. Rasa sakit ini bisa bertahan hingga 72 jam. Lebih lanjut, sebuah studi mengungkap bahwa wanita yang melaporkan nyeri haid menunjukkan penurunan volume di daerah otak yang terlibat dalam pemrosesan transmisi, pemrosesan sensorik tingkat tinggi, dan pengaturan fungsi endokrin.

Gejala PMS Sudah Terasa tapi Haid Tak Kunjung Datang? Cari Tahu Sebabnya© MEN

Nyeri Haid Dapat Menjalar
Nyeri haid pada wanita bisa menjalar ke daerah tubuh lain. Hal ini dikarenakan daerah panggul terdiri dari jaringan saraf, ketika rasa sakit terjadi dapat mempengaruhi kaki, punggung bawah, dan bokong. Selain itu, hilangnya mineral penting selama periode (seperti zat besi, magnesium, dan kalium) dapat menguras vitalitas tubuh, dan otot merespons dengan kejang atau kram.

3 dari 7 halaman

Siklus Menstruasi Mengubah Suara

Sebuah studi mengungkap bahwa selama menstruasi, wanita mungkin mengalami sindrom vokal pramenstruasi, yang berarti hilangnya kekuatan vokal dan penurunan kemampuan menyanyi. Hal ini juga dapat menyebabkan sulitnya mengontrol vibrato suara.

Keluhan Memburuk Saat Dingin
Menurut para dokter, beberapa perempuan juga mengeluhkan tentang nyeri menstruasi yang semakin buruk di musim dingin. Cuaca juga dapat mempengaruhi panjangnya siklus. Di musim panas, siklus menstruasi lebih pendek 0.9 hari.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: BrightSide

4 dari 7 halaman

5 Cara Alami untuk Mengurangi Sakit Kram karena Menstruasi

Dream - Masa-masa saat datangnya menstruasi adalah momen ketika seorang wanita hanya ingin meringkuk di tempat tidur dan menonton film favorit dengan tenang.

Namun kram menstruasi yang sering datang membuatnya sulit melewatikan hari dengan nyaman. Hampir setiap detik rasanya diliputi rasa kesakitan terus-menerus. Alhasil kita hanya bisa uring-uringan karena tidak tahu harus menyalahkan siapa.

Nah, jika Sahabat Dream yang sering mengalami hal ini dan mengatasinya dengan obat-obatan, mengapa tak mencobanya dengan bahan-bahan atau cara alami untuk menghilangkah kram saat menstruasi.

Setidaknya ada lima cara alami yang dapat dicoba Sahabat Dream untuk mengendalikan rasa sakit kram menstruasi.

1. Menggunakan Bantalan yang Dipanaskan

Menggunakan bantalan yang dipanaskan di perut Anda dapat membantu mengendurkan otot-otot rahim. Kram menstruasi disebabkan oleh otot-otot ini.

Panas juga dapat meningkatkan sirkulasi di perut Anda, yang dapat menghilangkan rasa sakit. Menurut sebuah penelitian tahun 2004, bantalan panas pada kram lebih efektif daripada mengonsumsi obat pereda nyeri.

5 dari 7 halaman

2. Gosokkan minyak esensial pada perut

Meski belum banyak diketahui, minyak atsiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa minyak esensial, seperti minyak lavender, mawar, semanggi, atau kayu manis, dapat membantu meredakan kram saat dipijatkan ke perut, terutama bila digunakan dalam campuran minyak.

Minyak pembawa bekerja dengan aman " membawa" minyak esensial ke dalam kulit Anda dan menyebarkannya ke area yang luas. Misalnya minyak kelapa atau minyak jojoba. Gosokkan beberapa tetes di antara tangan, pijat perut Anda dengan lembut.

Menurut para ahli, memijat perut dengan gerakan memutar selama lima menit setiap hari sebelum dan selama menstruasi dapat membantu mengurangi kram dan meningkatkan sirkulasi di perut.

 

6 dari 7 halaman

3. Teh herbal

5 Cara Minum Teh Hijau Agar Efektif Menurunkan Berat Badan© MEN

Teh tertentu dapat membantu meredakan kram menstruasi. Meskipun penelitian tentang teh herbal untuk meredakan nyeri haid masih terbatas, teh chamomile dan peppermint sering direkomendasikan untuk meredakan nyeri haid karena dapat menenangkan tubuh.

Anda dapat mengambil cangkir favorit Anda, membuat teh chamomile, dan mencoba bersantai dan membaca buku Anda dengan tenang.

 

7 dari 7 halaman

4. Bersantai di bak mandi air hangat

Cara lain untuk menghangatkan otot panggul Anda adalah dengan berendam di bak mandi air hangat. Untuk menghilangkan rasa sakit, tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender, sage, atau mawar ke dalam air mandi.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, nyalakan beberapa lilin beraroma, mainkan musik yang menenangkan, dan berendamlah di bak mandi air hangat setidaknya selama 15 menit.

 5. Yoga

Suka Naik Gunung? Tambahkan 3 Gerakan Yoga Ini Agar Lebih Kuat© MEN

Yoga adalah latihan ringan yang melepaskan endorfin dan membantu dalam pencegahan atau pengurangan gejala menstruasi. Para ahli menemukan bahwa wanita yang menghadiri kelas yoga 60 menit seminggu sekali selama 12 minggu mengalami pengurangan nyeri haid yang signifikan. Jika Anda ingin mencoba yoga, carilah kelas yang mencakup komponen fisik dan relaksasi.

Jadi, keluarkan matras yoga Anda, nyalakan musik yang menenangkan, dan mulailah berlatih

(Sumber: Fustany)

Beri Komentar