Saatnya Lebih Aware dengan TBC, Yuk Ikutan Ayo Toss TBC Virtual Run!

Reporter : Wuri Anggarini
Sabtu, 15 Agustus 2020 19:00
Saatnya Lebih Aware dengan TBC, Yuk Ikutan Ayo Toss TBC Virtual Run!
Yuk tunjukkan aksi nyata peduli TBC dengan ikutan AYO TOSS TBC Virtual Run yang diselenggarakan Johnson & Johnson serta didukung oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes).

Saat ini, dunia memang masih berperang melawan Covid-19 yang angka penyebarannya tergolong tinggi hingga mendapat status pandemi. Wajar jika merasa cemas tertular penyakit yang satu ini. Namun, jangan lupakan ancaman penyakit paru-paru lainnya yang juga nggak kalah berbahaya, yakni Tuberkulosis atau TBC.

Faktanya, berdasarkan data yang diumumkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2019, Indonesia memegang posisi kasus terbanyak ketiga di dunia untuk Tuberkulosis dengan risiko kematian yang  tinggi. Saat ini di Indonesia diperkirakan 11 orang meninggal per jamnya karena Tuberkulosis. Hal ini mendorong kita semua untuk segera bergerak bersama terutama generasi muda untuk lebih aware dengan penanganan TBC yang berlangsung di Indonesia. Salah satunya bisa ditunjukkan lewat aksi nyata yaitu berpartisipasi dalam AYO TOSS TBC Virtual Run yang diselenggarakan Johnson & Johnson serta didukung oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes).

1 dari 4 halaman

Kenalan Dulu dengan Virtual Run!

Olahraga lari memang tengah booming beberapa tahun terakhir ini. Seiring dengan banyaknya perlombaan lari yang digelar di kota-kota besar, muncul tren virtual run. Event lari ini mirip dengan lomba lari biasanya, bedanya peserta nggak perlu datang ke lokasi sehingga cocok dilakukan saat situasi pandemi seperti sekarang ini.

Kamu bisa melakukan virtual run ini di mana saja dan kapan saja setelah melakukan pendaftaran secara online. Dengan berbekal aplikasi lari berbasis GPS, peserta virtual run tinggal upload hasil lari yang sudah mencapai target seperti yang  ditentukan. Mudah kan?

2 dari 4 halaman

TOSS TBC Virtual Run

© TBC Indonesia

Buat yang ingin menjajal keseruan virtual run sekaligus menyebarkan kebaikan, bisa banget ikut serta dalam TOSS TBC Virtual Run. Gerakan ini merupakan bagian dari sosialisasi dan edukasi publik Ayo TOSS TBC (Temukan TBC, Obati Sampai Sembuh) dari Kementerian Kesehatan RI yang didukung PT Johnson & Johnson Indonesia. Merujuk pada fakta dan data yang dihimpun Kemenkes sendiri bahwa kasus TBC terus mengalami peningkatan, tapi belum semua orang menyadari ancaman di balik penyakit yang menyerang paru-paru  ini.

Gelaran virtual run ini bukan hanya bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang penyakit Tuberkulosis (TBC), tapi juga mendukung pencegahan TBC dan TBC RO (Resisten Obat) atau Tuberkulosis Kebal Obat lewat rutin berolahraga. Meskipun saat ini sedang dalam situasi pandemi, kegiatan olahraga tetap perlu dilakukan secara rutin dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan menanamkan kebiasaan olahraga secara rutin kepada masyarakat, diharapkan aktivitas yang satu ini bisa memberikan kontribusi nyata terhadap penurunan kasus TBC di Indonesia. Jadi, bisa mewujudkan Eliminasi TBC di Indonesia di tahun 2030!

3 dari 4 halaman

Periode Lari Mulai 17-31 Agustus 2020

Saatnya Lebih Aware dengan TBC, Yuk Ikutan Ayo Toss TBC Virtual Run!© Shutterstock

TOSS TBC Virtual Run dapat diikuti oleh siapa saja yang berusia minimal 17 tahun. Daftarkan diri melalui www.ayotosstbc.com dan periode lari akan terhitung mulai 17 Agustus hingga 31 Agustus 2020. Dalam waktu 2 minggu tersebut, setiap peserta wajib berlari sejauh 13,8 kilometer, dengan berlari, jogging atau berjalan. Uniknya, angka tersebut sengaja dipilih untuk mewakili tahun peringatan hari TBC sedunia untuk tahun 2020 ini yang ke-138.

Setelah mencapai target jarak lari yang ditentukan, unggah melalui dashboard profile Cause, baik lewat aplikasi atau situs. Pengguna Garmin Connect atau Strava, cukup sinkronisasi aplikasi dengan Cause sehingga sesi lari yang sudah dilakukan otomatis tercatat.

Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi lari lainnya dengan mengunggah screenshot hasil lari atau foto hasil lari saat menggunakan treadmill. Jangan lupa juga untuk posting twibbon #TOSSTBCVirtualRun di Instagram Feed dengan tagar #TOSSTBCVirtualRun dan #AyoTOSSTB. Pastikan akun nggak di-private dan tag @tbc.indonesia dan @causeid.

 

4 dari 4 halaman

Pendaftaran TOSS TBC Virtual Run

Pendaftaran TOSS TBC Virtual Run dibuka mulai 20 Juli hingga 16 Agustus 2020, dengan membayar biaya sebesar Rp125 ribu. Seluruh biaya tersebut bakal didonasikan ke Perhimpunan Organisasi Pasien (POP) TB dan kamu juga bisa memberi donasi tambahan mulai Rp10 ribu untuk mendukung aksi penanggulangan TBC. Mulai dari memberi edukasi pada masyarakat, memberi dukungan pada pasien TBC hingga meningkatkan kapasitas kader POP TB.

Bagi peserta yang sudah mencapai target lari dan upload sebelum tenggat waktu yang ditentukan, akan mendapatkan medali, E-Certificate TOSS TBC Virtual Run dan thank you-card edisi TOSS TBC Virtual Run. Selain itu, ada kesempatan mendapatkan hadiah Wireless in-Ear Sport Headphone JBL Endurance Run BT untuk pemenang posting Instagram terbaik.

Kesempatan mengikuti TOSS TBC Virtual Run masih terbuka, yuk daftar segera di sini!

Beri Komentar