Salah Tayangkan Peta Negara, Stasiun TV Dilarang Siaran

Reporter : Ramdania
Jumat, 24 April 2015 08:44
Salah Tayangkan Peta Negara, Stasiun TV Dilarang Siaran
Negara ini memang terkenal keras dalam memberikan hukuman pada stasiun televisi

Dream - Gara-gara salah memasang gambar peta negara, sebuah stasiun televisi ternama dihukum tak boleh siaran selama lima hari. Pemerintah geram karena stasiun ini telah berulangkali salah memasang peta negaranya.

Pemerintah yang memberikan hukuman itu adalah India dan Al Jazeera sebagai korbannya.

Mengutip laman english.alarabiya.net, Jumat, 24 April 2015, Kementerian Informasi dan Penyiaran India memutuskan untuk tidak menyiarkan Al Jazeera selama lima hari sebagai hukuman karena salah menampilkan peta negara India.

New Indian Express melaporkan saluran berita yang berbasis di Qatar itu diperintahkan off air karena melakukan 'pelanggaran kartografi' berulang kali. Pelanggaran dimaksud adalah menunjukkan peta negara India yang salah di berbagai program pada rentang 2013 dan 2014.

Kementerian itu mengatakan Al Jazeera telah melanggar kode penyiaran India dengan menggunakan peta yang tidak menampilkan bagian-bagian tertentu dari India dengan batas-batasnya.

" Sebagian wilayah India tidak ditampilkan sebagai bagian dari India di beberapa peta sementara batas teritorial India tidak ditampilkan dengan jelas dan bentuk yang tepat di peta lainnya. Saluran ini juga tidak menampilkan Lakshadweep dan Kepulauan Andaman di beberapa peta," Deccan Chronicle melaporkan.

Menanggapi hukuman itu, pengelola Al Jazeera mengaku peta dibuat oleh perangkat lunak yang dikenal secara internasional dan digunakan oleh penyedia berita global. Saluran itu mengakui mereka menghormati kekhawatiran pemerintah India secara serius dan melakukan peninjauan terhadap semua peta India dan Pakistan untuk memastikan mereka sejalan dengan peta resmi PBB baru-baru ini.

Penundaan penyiaran mulai berlaku pada hari Rabu, 22 April dan akan berlangsung hingga hari Senin, 27 April.

Al Jazeera bukan satu-satunya statsiun TV yang pernah merasakan kerasnya kode program negara India. Saluran TV NDTV Good Times dan Jai Hind harus turun dari udara selama sehari karena mempertontonkan konten cabul, TV berita di Gujurat terpaksa off air selama 30 hari karena menampilkan sebuah berita yang berisi foto bugil aktor TV, menurut New Indian Express. (Ism) 

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya