Daihatsu Mempertahankan Peringkat Kedua Selama Dua Belas Tahun Berturut-turut Di Indonesia. (Foto: Daihatsu)
Dream – Menutup tahun 2020, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan penjualan sebanyak 100.206 unit. Market share-nya pun mencapai 17,3 persen.
Melihat pencapaian ini, Daihatsu mempertahankan posisi ke dua di pasar otomotif nasional. Peringkat ini dipertahankannya selama 12 tahun berturut-turut.
“ Apa, sih, target Daihatsu? (Yaitu) ingin mempertahankan nomor 2 dan minimal (market share) 17 persen. Alhamdulillah, keduanya dicapai selama 12 tahun. Akhirnya, bisa pertahankan (posisi ke dua) di 17 persen dan naik dikit di 17,3 persen,” kata Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi virtual, Jumat 15 Januari 2021.
Hendrayadi mengakui pandemi COVID-19 membuat pasar otomotif berantakan. Penjualan secara nasional pun terjun bebas hingga 45 persen. Namun, lanjut dia, penjualan Daihatsu selama 2020 masih terbilang lumayan. Penjualan ritelnya turun 44 persen pada tahun 2020.
“ Maka tahun 2020, kita menutup penjualan sebesar 100.206 unit sehingga market sharenya itu naik sedikit jadi 17,3 persen. Naik sedikit dibandingkan tahun lalu,” kata dia.
Sekadar informasi, kontributor terbesar dalam penjualan Daihatsu adalah Sigra, Gran Max PU, dan Terios.
Untuk tahun ini, Hendrayadi berharap pasar otomotif bisa kembali menggeliat seiring dengan adanya vaksin COVID-19. Untuk tahun ini, Daihatsu membidik market share minimal 17 persen.
“ Semoga maket otomotif naik lebih cepat seiring pandemi yang lebih terkendali, vaksin lebih banyak disuntikkan sehingga kekebalan (tubuh) menjadi lebih bail. Daihatsu ingin mempertahankan market share minimal 17 persen,” kata dia.
Dream – Penjualan otomotif selama tahun pandemi Covid-19 di paruh kedua 2020 sedikit membaik. Diperkirakan bakal terpuruk karena terhentinya roda ekonomi, penjualan kendaraan roda empat di Indonesia justru mencatat pertumbuhan.
Marketing Director and Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motors (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan kondisi penjualan di semester II-2020 menjadi sinyal positif untuk menatap tahun 2021 yang masih akan diliputi pandemi Covid-19.
Amelia mengakui penjualan ritel otomotif Indonesia di tahun 2020 hanya bisa tercapai sekitar 578 ribu unit, atau turun 45 persen dibandingkan tahun 2019. Sementara itu, Daihatsu dapat mencapai 100.026 unit, turun 44 persen dari tahun lalu.
Meski secara volume menurun, Amelia memberikan catatan soal pangsa pasar Daihatsu yang justru mencatat kenaikan tipis.
“ Performa Daihatsu lebih baik daripada pasar nasional, sehingga market share Daihatsu naik 0,3 persen menjadi 17,3 persen pada akhir 2020,” kata Amelia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu 12 Januari 2021.
Penjualan Daihatsu didominasi oleh tiga model utama, yaitu Sigra yang laku 26.219 unit (26,2 persen), Gran Max Pick-Up 24.297 unit (24,3 persen), dan Terios 14.493 unit (14,5 persen).
“ Daihatsu bersyukur dapat menutup tahun 2020 dengan market share 17,3 persen. Penurunan penjualan Daihatsu juga masih lebih baik dibandingkan pasar secara nasional,” kata dia.
Dream – PT Astra Daihatsu Motors (ADM) membantu pelanggannya untuk berhemat. Perusahaan otomotif ini merilis oli mobil dengan kemasan 3,5 liter.
“ Kami meluncurkan Daihatsu Genuine Oil dengan kemasan 3,5 liter,” kata Service Part Division Head ADM, Anjar Rosjadi, dalam konferensi pers virtual, Kamis 17 Desember 2020.
Anjar mengatakan bahwa penggantian oli merupakan hal yang paling dominan dalam perawatan mobil. Dikatakan bahwa penggantian oli yang rutin bisa membuat mesin mobil tetap terjaga dengan baik.
“ (Salah satu cara) merawat engine atau mesin tetap optimal adakah mengganti oli secara rutin,” kata dia.
Anjar mengatakan, mobil Daihatsu rata-rata menghabiskan oli sebanyak 3,5 liter saat diganti dan sebelum produk diluncurkan, Daihatsu Genuine Oil hanya ada kemasan 1 liter. Pelanggan pun membeli empat botol oli untuk perawatan kendaraannya.
“ Ada oli yang tidak terpakai. Nah, dengan kemasan 3,5 liter, ini pas,” kata dia.
Dream – PT Astra Daihatsu Motors (ADM) membantu pelanggannya untuk berhemat. Perusahaan otomotif ini merilis oli mobil dengan kemasan 3,5 liter.
“ Kami meluncurkan Daihatsu Genuine Oil dengan kemasan 3,5 liter,” kata Service Part Division Head ADM, Anjar Rosjadi, dalam konferensi pers virtual, Kamis 17 Desember 2020.
Anjar mengatakan bahwa penggantian oli merupakan hal yang paling dominan dalam perawatan mobil. Dikatakan bahwa penggantian oli yang rutin bisa membuat mesin mobil tetap terjaga dengan baik.
“ (Salah satu cara) merawat engine atau mesin tetap optimal adakah mengganti oli secara rutin,” kata dia.
Anjar mengatakan, mobil Daihatsu rata-rata menghabiskan oli sebanyak 3,5 liter saat diganti dan sebelum produk diluncurkan, Daihatsu Genuine Oil hanya ada kemasan 1 liter. Pelanggan pun membeli empat botol oli untuk perawatan kendaraannya.
“ Ada oli yang tidak terpakai. Nah, dengan kemasan 3,5 liter, ini pas,” kata dia.
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN