Tenun Baduy Karya Yudhistira Siap Melenggang ke Australia

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 18 Oktober 2019 08:12
Tenun Baduy Karya Yudhistira Siap Melenggang ke Australia
Lihat koleksinya yuk!

Dream - Perancang busana Yudhistira akan memamerkan karyanya di ajang Festival Indonesia yang digelar di Australia pada 25 Oktober mendatang.

Diketahui, ia akan membawa koleksi teranyar dari seri Gayatri Vol. III bertajuk 'Shade of Baduy'.

Jika sebelumnya Yudhistira bermain dengan batik, kali ini ia menyajikan keindahan tenun Baduy yang didominasi warna gelap dan motif bergaris.

 Tenun Baduy Karya Yudhistira

" Tenun Baduy adalah kain yang sangat indah, simpel, elegan tapi punya makna budaya sangat tinggi khususnya di daerah Banten, yaitu kemurnian dalam kehidupan yang apa adanya tanpa memikirkan kehidupan luar," ujar Yudhistira di Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019.

Sebanyak 20 busana wanita dikreasikan dengan gaya edgy tanpa meninggalkan sisi etnik. Kombinasi tenun dan bahan modern seperti jacquard, satin dan organza menampilkan kesan glamor ketika dipakai.

1 dari 3 halaman

Kearifan Lokal

Yudhistira bermain dengan ornamen bordir, beading dan manik-manik sebagai unsur tradisional. Tak hanya cantik, busana memiliki nilai versatility untuk diterapkan sebagai daily wear.

 Tenun Baduy Karya Yudhistira

Terlihat dari potongan minimalis untuk berbagai piece seperti sport jacket, celana palazzo dan gaun diva beraksen cape. Kombinasi warna hitam dan marun membuat busana tampak seperti baju adat suku Baduy yang memiliki warna serupa.

 Tenun Baduy Karya Yudhistira

" Keindahan kain tradisional ini tidak hanya menampilkan warna dan motif cantik tetapi juga sarat akan nilai dan makna kearifan lokal," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Gaya Makeup Etnik

Menggandeng Nefertiti Paris, eksotisme suku Baduy diperkuat dengan gaya riasan etnik. Warna-warna gelap dipoles untuk menciptakan kesan dramatis pada bagian mata dan bibir.

 Tenun Baduy Karya Yudhistira

" Kami ciptakan kesan gothic atau dramatic dari kombinasi tiga warna lipcream matte yang di-ombre. Sedangkan untuk mata kita pakai eyeshadow warna brown dan hitam sehingga simpel namun tetap menonjol," papar Wilindia, makeup artist Nefertiti Paris.

3 dari 3 halaman

Melenggang ke Australia

Karya Yudhistira akan ditampilkan di Festival Indonesia yang digelar di Perth, Australia pada 24-28 Oktober 2019. Acara dilaksanakan untuk mempromosikan produk Tanah Air di hadapan penduduk Australia.

 Tenun Baduy Karya Yudhistira

" Ada sekitar 350 peserta yang terdiri dari wirausaha dan desainer dari Indonesia. Tahun ini diperkirakan ada 20 ribu pengunjung yang akan datang," tutup Yudhistira.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara