Penjualan Tiket Fashion Rhapsody 2020 Disumbangkan ke Dompet Dhuafa

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 5 Februari 2020 17:12
Penjualan Tiket Fashion Rhapsody 2020 Disumbangkan ke Dompet Dhuafa
Total, akan ada 108 designer yang bergabung dalam acara ini.

Dream - Fashion Rhapsody berencana menggelar pagelaran busana pada 26 sampai 29 Februari 2020. Acara yang bertema Harmoni Bumi tersebut rencananya akan diselenggarakan di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta.

Dalam event tersebut, Fashion Rhapsody mengganteng Dompet Dhuafa yang nantinya akan menerima sumbangan dari hasil penjualan tiket.

" Dompet Dhuafa sebagai charity partner Fashion Rhapsody, dimana tiket yang masuk kita akan sumbangkan sepenuhnya untuk Dompet Dhuafa," ungkap Ketua Fashion Rhapsody, Ari Arka di Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.

Untuk pengunjung yang akan hadir dalam event tersebut, pihak penyelenggaran membanderol tiket masuk seharga Rp50 ribu. Selain dibeli langsung di lokasi event, tiket juga bisa diperoleh melalui website www.fashionrhapsldy.co.id.

Di website tersebut, calon pemesan tiket juga bisa turut memberikan donasi.

" Ada di check in by web kita akan ada donasi suka-suka," kata dia.

 Public Expose Dompet Dhuafa 2020 (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi`an)

Public Expose Dompet Dhuafa 2020 (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi`an)

Fashion Rhapsody rencananya akan mengundang sebanyak 108 desainer. Sementara fashion show yang digelar memamerkan tak kurang dari 55 karya.

1 dari 5 halaman

Terjun Langsung

Ari menargetkan jumlah pengunjung yang akan datang ke event Fashion Rhapsody sekitar 20 ribu orang. Dari jumlah tersebut diharapkan akan terhimpun dana Rp500 juta hingga Rp700 juta.

Nantinya uang sumbangan yang terkumpul diharapkan bisa disalurkan untuk membantu para pelaku industri kreatif.

" Dompet Dhuafa sama Fashion Rhapsody bekerja sama untuk kampung-kampung yang ada di Indonesia untuk pengembangan industri kreatif ,dengan hasil limbah teman-teman designer. Jadi kita olah limbah untuk jadikan aksesoris, boneka atau apa saja untuk dijadikan sebagai industri," ujar dia.

Fashion Rhapsody juga bertekad terjun langsung membantu industri kreatif dengan cara memberikan pelatihan sehingga bisa membantu memperbaiki ekonomi masyarakat.

" Paling tidak ada misi pengurangan tenaga kerja," kata dia.

2 dari 5 halaman

Ajak 30 Influencer Santap Daging, Dompet Dhuafa Tebar Semangat Berkurban

Dream - Dompet Dhuafa terus mengajak masyarakat untuk tidak ragu berkurban lewat kampanye #JanganTakutBerkurban. Kurban merupakan amalan bernilai ibadah yang membawa berkah bagi semua orang.

Untuk menyebarkan semangat berkurban lebih meluas, lembaga amil ini menggandeng para influencer. Mereka diajak untuk lebih dalam lagi meresapi makna kurban.

" Dompet Dhuafa mengundang para influencer sebanyak 30 orang, tujuannya untuk menyosialisasikan program kurban Dompet Dhuafa," ujar Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi di restoran Hanamasa, Jakarta, Rabu 31 Juli 2019.

 DompetDompet © dream.co.id

Yuli berharap para influencer yang mempunyai banyak followers akan ikut membantu Dompet Dhuafa menebarkan pesan ajakan ke lebih banyak masyarakat.

" Dengan itu jadi mereka tahu ada program kurban yang Insya Allah akan bermanfaat," ucap dia.

Dalam acara ini, para influencer diajak menikmati lezatnya hidangan daging. Dari kenikmatan itu diharapkan muncul semangat untuk berbagi berkah lezatnya daging kurban kepada mereka yang membutuhkan.

 Dompet DhuafaDompet Dhuafa © dream.co.id

" Makanya kita mengingatkan mereka untuk para influencer kalau Anda bisa menikmati daging enak, tapi ada saudara-saudara lain yang hanya bisa menikmati satu tahun sekali," kata Yuli.

Berbagai keseruan dihadirkan dalam acara ini. Mulai dari tebak pertanyaan berhadiah, hingga cara memasak daging yang baik di Hanamasa.

Para influencer yang hadir dalam acara ini sangat antusias. Mereka merasa tertarik untuk turut serta menyebarkan semangat berkurban kepada masyarakat.(Sah)

3 dari 5 halaman

Tak Pakai Plastik, Begini Cara Dompet Dhuafa Bagikan Daging Kurban

Dream - Kantong kresek berbahan plastik masih banyak dipakai masyarakat sebagai bungkus, terutama untuk daging kurban. Tetapi, plastik ternyata menimbulkan masalah terhadap lingkungan karena sifatnya yang sulit terurai.

Hal ini menjadi pertimbangan Dompet Dhuafa untuk tidak lagi menggunakan plastik untuk bungkus daging kurban. Untuk musim kurban tahun ini, lembaga amil zakat ini berinisiatif mengganti plastik dengan bahan alami, seperti daun jati, daun pisang, besek, dan keranjang bambu.

" Ini tentunya akan turut membantu perekonomian masyarakat, mereka pengrajin daun pisang, bambu, dan lain-lain akan terangkat secara ekonomi, sehingga siklus ekonomi bisa berkutat tidak hanya di peternak," ujar Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 30 Juli 2019.

 Dompet DhuafaDompet Dhuafa © istimewa

Sebelum mengajak mitra untuk tidak lagi memakai plastik, Dompet Dhuafa terlebih dulu membuat sejumlah simulasi. Awalnya, bahan pembungkus yang dipakai adalah kertas koran.

Rupanya, kertas malah menempel pada daging dan sulit dilepaskan. Sementara untuk kertas nasi, masih terdapat bahan plastik di dalamnya.

" Maka itu menjadi pilihan Dompet Dhuafa dalam penggunaan besek bambu untuk mengemas daging kurban," ucap dia.

 Dompet DhuafaDompet Dhuafa © istimewa

Yuki mengatakan bungkus daging kurban menggunakan besek sebenarnya sudah dilakukan sejak 2018 lalu di Zona Madina, Parung, Bogor, Jawa Barat. Setidaknya, ada 50 hewan kurban yang dagingnya dibungkus menggunakan besek.

" Kurban tahunan ini dengan metode pemberdayaan ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata dia.

Menurut Yuli, dengan mengubah bungkus dari plastik akan meningkatkan pemasukan bagi para pengrajin besek, penjual daun jati, daun pisang.

4 dari 5 halaman

Ajak Berkurban, Dompet Dhuafa Tebar 1.440 Sate di Car Free Day

Dream - Jelang Idul Adha 1440, Dompet Dhuafa mengajak umat Islam untuk bersama-sama berbagi kebahagiaan dengan berkurban lewat kampanye #jangantakutberkurban. Agar semakin banyak masyarakat yang berkurban, lembaga amil zakat dan penyalur donasi ini menggelar Festival 1440 Sate saat car free day di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat pada Minggu, 28 Juli 2019.

" Festival 1440 Sate ini kami mengajak lapisan masyarakat untuk berkurban bersama Dompet Dhuafa," ujar Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pudjihardi.

 Dompet DhuafaDompet Dhuafa © istimewa

Sejak 1993, Dompet Dhuafa aktif mendistribusikan daging kurban amanah donatur secara tepat sasaran. Dalam penyaluran, kata Yuli, lembaganya menggunakan pendekatan pemberdayaan peternak lokal mandiri yang telah menjalani seleksi kontrol kualitas dan mendapat pendampingan.

" Melalui Festival 1440 Sate Dompet Dhuafa diharapkan mampu menjadi sarana pengingat bagi seluruh lapisan masyarakat dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 dan menggelorakan spirit berkurban bersama Dompet Dhuafa," kata Yuli.

 Dompet DhuafaDompet Dhuafa © istimewa

Dalam festival ini, sebanyak 1440 tusuk sate dibagikan kepada pengunjung car free day. Selain itu, gelaran tersebut diramaikan sejumlah acara seperti senam pagi, pawai kurban, talkshow, demo masak daging kambing dan domba bersama Chef Aiko.

" Saya sangat senang menjadi bagian dari acara ini. Dompet Dhuafa mengajak masyarakat untuk #jangantakutberkurban bersama Dompet Dhuafa. Kebahagiaan kan harus disebarkan termasuk kebahagiaan di mana melihat orang lain menikmati olahan daging kurban bersama keluarganya," ucap Chef Aiko.

 Dompet DhuafaDompet Dhuafa © istimewa

Tahun ini, Dompet Dhuafa menargetkan sebanyak 30 ribu ekor hewan kurban tersalurkan ke sejumlah titik di Indonesia. Terutama di kawasan terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda, dan Konawe.

5 dari 5 halaman

Dukung Perekonomian Peternak Lokal, Dompet Dhuafa Jalankan Tebar Hewan Kurban

Satu lagi hari besar umat muslim yang paling dinantikan akan segera tiba, yaitu Hari Raya Idul Adha. Momen yang juga dikenal dengan sebutan Hari Raya Kurban ini biasanya diisi dengan gegap gempita pembagian hewan kurban untuk sesama. Namun, permintaan daging kurban yang tinggi membuat harga hewan kurban di pasaran mulai merangkak naik, sementara pasokan dari sentra ternak mulai berkurang karena musim kemarau tiba.

Bagi yang sudah memiliki niat untuk berkurban, nggak perlu panik. Pasalnya beberapa lembaga sudah menyiapkan pasokan hewan kurban yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti yang dilakukan Dompet Dhuafa. Tahun ini, Dompet Dhuafa kembali melakukan Tebar Hewan Kurban (THK) sebagai upaya untuk mendukung perekonomian peternak lokal. Lewat program THK tersebut, Dompet Dhuafa sudah mengamankan pasokan hewan kurban, lengkap dengan standar memadai dan berkualitas dengan harga yang tetap terjangkau.

Adapun berkurban lewat lembaga terpercaya memiliki keistimewaan tersendiri. Di antaranya kesehatan ternak yang sudah pasti terjaga, mutu dan kualitas teruji, daging-daging kurban tersalurkan secara tepat, sesuai tujuannya hingga menumbuhkan perekonomian para peternak kecil yang telah menjadi mitra THK Dompet Dhuafa.

“ Tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan kurban sebanyak 30.000 ekor dan pendistribusiannya menjangkau 34 Provinsi di Indonesia, termasuk juga wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda dan Konawe. Selain itu, Dompet Dhuafa mendistribusikan hewan kurban ke tujuh negara seperti Timor Leste, Filipina, Myanmar, Vietnam, Palestina, Thailand dan Bangladesh. Pengadaan hewan kurban telah memenuhi standar dan mutu kualitas, termasuk juga kesehatan hewan kurban  yang terseleksi oleh tim Quality Control (QC).

Melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi. Kemudian para peternak dapat memastikan kualitas hewan kurbannya lantaran ada pendampingan oleh tim program Dompet Dhuafa,” ucap drg. Imam Rulyawan, MARS., selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Program Kampoeng Ternak Nusantara (KTN) sebagai upaya lembaga untuk memasarkan hewan ternak dari para peternak lokal. Selain itu juga meningkatkan kesejahteraan peternak kecil, membangun jaringan peternakan rakyat. Menyelenggarakan bisnis peternakan dan turunannya untuk menghadirkan keuntungan, pertumbuhan berkesinambungan dan berkah bagi peternak dhuafa. Sehingga mereka dan keluarganya dapat menikmati hasilnya, yaitu terwujudnya kemandirian melalui penyelenggaraan bisnis peternakan dan turunannya yang memguntungkan.

Setiap tahunnya THK menjadi program puncak atau panen bagi peternak pemberdayaan tersebut. Kepastian pasar mereka dapatkan melalui THK Dompet Dhuafa, termasuk menjadi garda depan penyebaran hewan kurban ke seluruh pelosok Indonesia. Dengan tujuan agar daging kurban terasa merata manfaatnya dan tidak menumpuk di kota-kota besar saja.

Ayi Rahmat (35), selaku Ketua Kelompok Ternak Al-Ikhwan. Pertemuannya dengan Dompet Dhuafa bermula pada 2007, ketika ia bergabung menjadi relawan bencana longsor yang menimpa Kota Santri tersebut. Hingga di 2009, ia terus berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa sebagai Mitra Pendamping. Ia memotivasi para anggotanya, untuk menghasilkan produk pertanian unggul dan bersaing hingga lahirlah produk padi dengan kualitas tinggi khas Cianjur, juga beras hasil pertanian Gapoktan Al-Ikhwan, yang kita kenal dengan nama ‘Beras Sae’. Berawal dari mengawal pendampingan kelompok tani beras, ia merambah ke ternak doka (domba kambing) di Cianjur.

Namun ternaknya gagal, karena banyak pencurian hewan ternak, juga warga lebih mengutamakan pertanian. Berangkat dengan 20 ekor doka dan gagal, berikutnya di 2016, Dompet Dhuafa memberikan 50 ekor dan terus berkembang. Saat ini di kelompok ternak tersebut terdapat 300 ekor doka.

Terkait basis data penyaluran, Dompet Dhuafa memiliki data penyaluran dan penerima manfaat dengan detail. Kerja sama dengan berbagai lembaga dan pengembang data, memungkinkan Dompet Dhuafa mendapat laporan data penyalur secara detail. Sistem digitalisasi pengelolaan zakat lebih memudahkan lembaga filantropi Islam tersebut dalam pengelolaannya. Saat ini, Dompet Dhuafa berupaya mengembangkan global information system (GIS) yang berisi data dan lokasi sebaran penerima manfaat dalam bentuk peta geografik. Dompet Dhuafa bekerja sama dengan e-commerce (niaga elektronik) dan fintech (penggunaan teknologi keuangan) dalam mengembangkan sistem digitalisasi pengelolaan zakat dan kurban. Karena digitalisasi memudahkan pengumpulan dan pengelolaan zakat, serta kurban.

Semangat #JanganTakutBerkurban akan terus bergelora untuk memeriahkan Idul Adha 1440H, tentu hadir juga dengan kemudahan berkurban yang senantiasa ditawarkan oleh Dompet Dhuafa. Selain pendistribusian yang luas, pekurban dapat berkurban melalui kanal-kanal kemudahan layanan berkurban seperti QR Code, payment online, e-commerce, jemput kurban dan masih banyak lagi.

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam