Tips Mempersiapkan Intimate Wedding di Masa Pandemi

Reporter : Putu Monik Arindasari
Selasa, 15 Juni 2021 06:34
Tips Mempersiapkan Intimate Wedding di Masa Pandemi
Walaupun terkesan terbatas dan intim, namun pelaksanaan intimate wedding tetap harus dilakukan dengan maksimal.

Dream - Intimate wedding merupakan salah satu konsep pernikahan yang menjadi tren di masa merebaknya virus Covid-19. Bersifat lebih intim karena hanya mengundang tamu terbatas, konsep pernikahan intimate wedding sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mentaati protokol kesehatan yang berlaku saat ini.

Menurut Gisela Setyawan, Senior Head of Wedding Business Bridestory, pernikahan dengan konsep intimate wedding selama ini tak banyak dilirik oleh masyarakat Indonesisa. Namun saat pandemi berlangsung, semua pernikahan yang ditangani oleh Bridestory memakai konsep intimate wedding.

" Sebelum pandemi ini konsep intimate wedding yang jumlah tamunya kecil jarang diminati, dan orang indonesia memiliki kecenderungan untuk mengundang sebabyak-banyaknya saudara dan teman-teman. Namun, di tengah pandemi ini semua pernikahan yang kita bantu (assist) adalah intimate wedding," ujar Gisela dalam acara ‘Tren dan Inspirasi dari Tokopedia dan Bridestory: Intimate Wedding 101’, Senin, 14 Juni 2021.

Walaupun terkesan terbatas dan intim, namun pelaksanaan intimate wedding tetap harus dilakukan dengan maksimal. Gisela kemudian mengungkapkan beberapa tips yang dapat diterapkan saat hendak mempersiapkan intimate wedding kala pandemi. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk simak di bawah ini!

1 dari 8 halaman

Menentukan Konsep Acara

Menentukan Konsep Acara© Shutterstock

Menentukan konsep intimate wedding menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Gisela mengatakan konsep acara pernikahan biasanya sederhana namun harus dibungkus agar tetap intmate di tengah masa pandemi seperti ini.

Live Streaming

Pemilihan jasa dokumentasi yang dapat memberikan fasilitas live streaming penting untuk dilakukan saat melangsungkan intimate wedding di masa pandemi. Walau tidak dapat dihadiri banyak undangan, namun perayaan pernikahan dapat tetap dapat disaksikan oleh lebih banyak orang melalui media streaming.

" Oleh karena itu jasa live streaming karena keterbatasan jumlah tamu yang hadir sangat dibutuhkan. Agar para undangan juga dapat melihat kita melaksanakan pernikahan. Biasanya Seperti platfor digital seperti zoom, google meet atau youtube." terang Gisela

2 dari 8 halaman

Alokasi Dana untuk Tes Kesehatan.

Tes Kesehatan© Shutterstock

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengalokasikan anggaran pernikahan. Gisela menyarankan calon pengantin untuk menyediakan anggaran tes kesehatan, seperti swab antigen kepada para tamu undangan yang hadir.

Manfaatkan Platform Belanja Online

Kemudian, Gisela menyarankan untuk memanfaatkan platform belanja online saat ingin berbelanja kebutuhan pernikahan, seperti gaun, souvenir, hingga kebutuhan dekorasi.

" Mengingat belanja online dapat mengurangi resiko penyebaran covid dari tempat ramai," kata perempuan lulusan University of New South Wales (UNSW) itu.

3 dari 8 halaman

Selalu Cari Tahu Peraturan yang Berlaku

Cari Tahu Peraturan yang Berlaku© Shutterstock

Hal yang tampak sepele namun sebenarnya penting untuk dilakukan adalah selalu mencari tahu mengenai peraturan serta ketentuan pernikahan yang berlaku. Gisela menjelaskan aturan pernikahan disemua tempat tidaklah sama.

" Untuk itu kami menyarakan agar para calon pengantin selalu update mengenai peraturan terbaru atau izin yang diberlakukan oleh pemerintah setempat," tambahnya.

Meminta Bantuan Vendor Pernikahan

Terakhir, Gisela menekankan untuk selalu meminta bantuan vendor pernikahan yang dipilih oleh calon pengantin. Hal ini bertujuan agar calon pengantin tidak stress serta kebingungan saat harus menyiapkan pernikahan.

Bagimana Sahabat Dream? Tertarik untuk memilih konsep intimate wedding?

4 dari 8 halaman

Tips Makeup Pernikahan di Masa Pandemi

Dream – Punya rencana menikah di saat pandemi seperti sekarang ini, terkadang memiliki keraguan tersendiri.

Mulai dari bagaimana acara resepsi dilaksanakan, berapa banyak undangannya, hingga haruskah menyewa makeup artis (MUA) untuk pengantin?

Jika memilih MUA masih dirundung khawatir adanya kontak tubuh, kamu bisa makeup sendiri di hari spesial mu. Nggak ada salahnya, bukan?

Tenang, ada dua tips merias wajah untuk acara pernikahan. Dilansir dari Makeup.com, riasan wajah pengantin dapat dilakukan secara natural (minimalis) atau bold (maksimal).
Berikut perbedaanya!

5 dari 8 halaman

Makeup minimalis

1. Foundation

Mulailah dengan foundation yang bertekstur ringan. Gunakan sponge makeup dalam mengaplikasikannya agar dapat teraplikasi dengan rata dan rapih.

Cukup teteskan satu hingga dua cairan foundation pada sponge.

2. Blush

Selanjutnya aplikasikan blush merah muda pada pipi, jangan terlalu tebal agar terlihat natural.

Ilustrasi© Shutterstock

3. Eyeshadow

Untuk memberi kesan natural, gunakan eyeshadow dengan palet warna coklat metalik.

4. Eyeliner

Setelah mengaplikasikan eyeshadow, berilah garis pada lipatan mata bagian atas dengan liner yang cair. Buatlah garis sesuai garis mata atas dan buat sedikit sayap pada setiap ujung mata.

 

6 dari 8 halaman

Maskara Sampai Lip Gloss

5. Maskara

Agar riasan lebih mencolok namun tetap natural pakailah maskara pada bulu mata, agar tidak terlalu berlebihan.

6. Gambar alis

Tahap berikutnya, rapihkan alis dan gambar secara natural mengikuti alis aslinya.

7. Lip gloss

Sentuhan terakhir, gunakan pink lip gloss untuk melenggkapi riasan natural secara keseluruhan.

 

7 dari 8 halaman

Makeup maksimal

Ilustrasi© Shutterstock

1. Foundation

Pertama gunakan foundation terlebih dahulu untuk melapisi wajah secara menyeluruh, seperti menciptakan kanvas yang siap digambar.

2. Kontur

Kemudian buat kontur dan beri highlighter pada wajah. Beri tiga garis kontur pada wajah, yaitu pada dahi, pipi, dan dagu.

3. Blush

Gunakan blush dan ratakan dengan kontur pipi sehingga tercipta keserasian yang keren antara kontur dan rona pipi.

4. Bedak

Untuk membuat fondasi riasan tidak cepat berminyak dan bertahan lama gunakan beda tabur yang tidak berwarna.

8 dari 8 halaman

Eyeshadow dan Lipstik

5. Eyeshadow

Riasan yang tebal atau mencolok perlu ditampilkan dari sisi mata. Gunakan eyeshadow dengan tampilan smoky eye, warna yang gelap-gelap seperti biru tua atau coklat tua.

6. Eyeliner

Buat garis pada mata bagian atas dan bawah garis air mata. Tambahkan garis sayap pada setiap ujung mata.

7. Maskara dan bulumata

Tampilan yang mencolok dan lebih maksimal tidak cukup hanya dengan maskara. Setelah mengaplikasikan maskara apda bulu mata, tambahkan bulu mata palsu agar riasan mata lebih mencolok.

8. Gambar alis

Isi alis yang kosong-kosong dengan pensil alis. Buatlah bentuk alis terlebih dahulu sebelum mengisi dalamnya.

9. Lipstik

Gunakan lipstik yang tahan lama dan pigmented agar terlihat lebih maksimal.

Bisa gunakan warna seperti merah terang atau merah gelap, hindari penggunaan warna nude karena akan membuat riasan tidak seimbang sebab nude memberikan warna yang natural.

Laporan: Josephine Widya

Beri Komentar