Tips Sukses Beradaptasi di Industri Fashion

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 25 Februari 2021 06:34
Tips Sukses Beradaptasi di Industri Fashion
Berikut kata Ria Miranda!

Dream – Setahun sudah kita dihadapkan pada pandemi Covid-19. Semua kegiatan manusia masih terbatas, termasuk perkara bisnis. Sehingga, banyak pelaku usaha mengatur ulang strategi untuk tetap bertahan, termasuk industri fashion.

“ Masa pendemi, muncul kekhawatiran banyak orang, termasuk dalam berbelanja dan daya beli juga terbilang menurun karena mereka lebih memprioritaskan kebutuhan, apa yang perlu dibeli dan apa yang tidak perlu,” tutur Owner & CMO Geoff Max Footwear, Yusuf Ramdhani, pada acara Bincang Shopee, Selasa 23 Februari 2021.

Para pelaku industri fashion dituntut menyesuaikan strategi, seperti mengembangkan produk 'quarantine fashion'. Meski demikian, tidak semua orang sukses beradaptasi. Tapi jangan khawatir, Ria Miranda, Fashion Designer & Creative Director Brand RiaMiranda, memberikan beberapa tips agar bisa sukses beradaptasi di tengah pandemi.

1 dari 4 halaman

Mengatur ulang skenario keuangan

Adanya kondisi pandemi, tentu terjadi perubahan yang signifikan terhadap operasional bisnis secara keseluruhan dan diperlukannya penyesuaian akan hal tersebut.

Yang harus dikonsiderasi adalah usaha untuk merestrukturisasi ulang cash flow serta target bisnis agar bisa sesuai dengan keadaan.

Membangun komunikasi yang baik dengan tim internal

Tidak mungkin seorang menjalankan bisnis sendiri, penting untuk adanya arus komunikasi yang baik antar tim internal agar bisa saling membantu memahami kondisi yang ada serta beradaptasi bersama dengan tujuan akhir yang sama.

 

2 dari 4 halaman

Mengatur jumlah produksi

Kondisi pandemi berpengaruh cukup besar terhadap menurunnya penjualan produk-produk fashion.

Maka dari itu, sebagai pegiat bisnis harus bisa pintar mengatur jumlah produksi seefisien mungkin, sesuai dengan kebutuhan dengan jumlah yang terbatas.

Optimalkan digitalisasi

Semakin banyak orang yang mulai bergantung dan mengandalkan pada platform digital, pegiat bisnis fashion harus bisa memanfaatkan momentum untuk lebih menginvestasikan bisnis dari segi digital, seperti melakukan virtual trunk show dan live shopping.

Manfaatkan pula platform e-commerce, seperti Shopee untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia.

Menjadi brand yang solutif

Agar bisa menjadi brand yang sukses, harus memiliki value untuk selalu menjadi solusi bagi setiap permaslahan dan kebutuhan masyarakat atau pelanggan, serta menjadi brand yang baik untuk sesama.

Ini semua bisa tercermin melalui koleksi yang diluncurkan brand, harus selalu berinovasi menghasilkan produk-produk yang bernilai kebaikan.

(Laporan: Josephine Widya)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 4 halaman

Hore! Isi Bensin di Shell Pakai Gopay Dapat CashBack 10%

Dream - Shell Retail Indonesia bekerja sama dengan Gojek dalam menghadirkan layanan yang tepat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Sekarang, konsumen dapat melakukan pembayaran dengan lebih mudah dan nyaman menggunakan GoPay di SPBU Shell.

" Melalui penguatan layanan digital yang kami hadirkan di SPBU Shell, kami yakin akan mempermudah dalam melakukan transaksi sekaligus memberikan kenyamanan kepada pelanggan, kolaborasi Shell Retail Indonesia dan Gojek melalui Layanan digital GoPay," kata Vanda Laura, VP Marketing Shell Retail Indonesia dalam rilis yang diterima.

Selain Gopay, layanan Gofood juga hadir untuk pelanggan bisa membeli makanan dan minuman yang tersedia di Shell Select deli2go.

" GoFood yang kami hadirkan di SPBU Shell ini, merupakan salah satu cara kami untuk bergerak cepat dalam beradaptasi dengan pergeseran gaya hidup saat ini terutama pada kondisi pandemi yang masih berlangsung," katanya lagi.

4 dari 4 halaman

Ada Promo


gojek© Dream.co.id

Kolaborasi Gojek dan Shell Retail Indonesia tidak hanya memudahkan pelanggan Shell,
tetapi juga memberikan manfaat bagi Mitra Gojek berupa voucher pembelian.

“ Gojek telah bekerja sama dengan Shell melalui program Gojek Swadaya, yang memberikan kesempatan pada para Mitra driver di wilayah Jabodetabek, Karawang, Bandung, dan Surabaya untuk memperoleh voucher potongan harga pada pembelian oli Shell Advance dan bensin di SPBU Shell,” kata Audrey P Petriny, VP of Corporate Communications Gojek.

Untuk memperkenalkan metode pembayaran baru melalui GoPay, Shell Retail Indonesia dan Gojek menghadirkan promo berupa dua Voucher Cashback GoPay senilai masing-masing 10%, maksimum Rp 15.000.

Juga satu buah voucher harga spesial untuk Layanan Desinfeksi Kendaraan sebagai reward mission untuk pelanggan yang bertransaksi minimum Rp 20.000 dengan GoPay di SPBU Shell hingga 31 Desember 2020.

Beri Komentar