You Are What You Eat, Bongkar 4 Rahasia Brilian Mengatasi Gangguan Lambung

Reporter : Zaki
Selasa, 14 Juli 2020 07:00
You Are What You Eat, Bongkar 4 Rahasia Brilian Mengatasi Gangguan Lambung
Cobain yuk biar tak ada lagi masalah pada lambung!

Sahabat Dream tentunya udah familiar sama ungkapan You Are What You Eat? Tak sekadar isapan jempol belaka, apa yang kamu konsumsi setiap hari memiliki pengaruh yang besar banget sama kesehatan lambung.

Yup, organ yang satu itu punya kaitan langsung sama makanan serta minuman yang kamu konsumsi. Biar kesehatannya selalu terjaga, intip 4 rahasia brilian berikut, yuk!

1 dari 5 halaman

Memperhatikan Pola Makan

  © shutterstock

Pola makan yang tepat jadi langkah awal menjaga lambung tetap sehat. Selain memperhatikan asupan makanan seperti sayur yang kaya serat dan sumber protein seperti kacang-kacang atau daging tanpa lemak, batasi konsumsi hidangan yang terlalu pedas atau asam karena bisa memicu iritasi pada lambung.

Bukan hanya mengatur asupan makanan sehari-hari, biasakan juga untuk menghindari kebiasaan buruk melewatkan sarapan, terlambat makan malam, atau terlalu sering ngemil. Selain membuatmu sulit mengontrol berat badan, jam makan yang jauh dari konsisten ini dapat berdampak buruk buat kesehatan sistem pencernaanmu.

2 dari 5 halaman

Hindari Stres

  © shutterstock

Sering merasa nggak nyaman di bagian perut? Bisa jadi penyebabnya bukan makanan, tapi bersumber dari stres atau kecemasan berlebihan yang tanpa kamu sadari memengaruhi kesehatan sistem pencernaan.

Hormon stres bisa langsung memengaruhi pencernaan lho, dengan mengirim sinyal pada tubuh kalau kamu nggak punya waktu untuk beristirahat atau mencerna makanan. Selama stres, darah dan asupan energi pun dialihkan dari sistem pencernaan untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah, kalau mulai mengalami kembung atau nyeri di perut, coba kelola stres dengan baik. Mulai dengan mencoba meditasi atau yoga hingga menemukan kegiatan yang kamu sukai dan ampuh memperbaiki suasana hatimu.

3 dari 5 halaman

Kurangi Konsumsi Kafein

  © shutterstock

Sulit rasanya lepas dari kopi setiap harinya, mulai dari bikin melek setiap pagi, menjadi penangkal ngantuk di tengah kesibukan kerja, hingga teman lembur biar semangat. Namun, tahukah Sahabat Dream kalau terlalu banyak konsumsi kafein bisa memicu peningkatan asam lambung. Hasilnya, kamu jadi sering merasakan kembung dan nyeri di ulu hati.

Batasi minum kopi maksimal 2 cangkir setiap harinya dan imbangi dengan konsumsi air putih minimal 2 liter per hari. Selain itu, usahakan kondisi perut sudah terisi makanan sebelum meminum kopi dan pilih yang rendah kafein untuk mengurangi peningkatan asam lambung.

4 dari 5 halaman

Rutin Berolahraga

  © shutterstock

Aktif berolahraga punya banyak manfaat, termasuk menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Olahraga secara teratur membantu menjaga makanan terus bergerak melalui sistem pencernaan sehingga mengurangi risiko sembelit.

Namun sebaiknya hati-hati dalam memilih jenis aktivitas fisik karena dapat memicu peningkatan asam lambung. Hindari olahraga dengan intensitas tinggi, tapi pilih olahraga yang disesuaikan dengan kemampuan tubuh seperti berenang, berjalan kaki, maupun bersepeda.

5 dari 5 halaman

  © Sido Muncul

Biar kesehatan lambung selalu terjaga dan gangguan lambung tidak mengganggu aktivitas kamu, minum ESEMAG. Ini dia sirup herbal untuk membantu meringankan gangguan lambung seperti begah, kembung, perih hingga mual.

Bahan utamanya terdiri dari zat aktif kunyit yang dalam jurnal berjudul 'Pharmacognosy Reviews' vol.7 tahun 2013 disebutkan jika zat aktif kunyit memiliki aktivitas antiulcer. Fungsinya adalah untuk mengurangi peradangan pada lambung dan mengurangi produksi asam lambung sehingga asam lambung tidak melukai dinding lambung. Kunyit juga dapat mencegah dan memulihkan luka lambung sehingga bebas dari tukak lambung.

Selain itu ESEMAG juga memiliki kandungan ekstrak tanaman Licorice atau Akar Manis yang mampu meningkatkan lapisan mukosa lambung yang berfungsi untuk melindungi lambung. Hal ini dituliskan dalam sebuah studi yang bertajuk 'Irian Journal of Pharmaceutical Research'.

Tak berhenti sampai di situ, ESEMAG juga memiliki kandungan meniran yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi seperti yang tertulis dalam jurnal 'Complementary and Alternative Medicine'.

ESEMAG juga memiliki kandungan madu untuk mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. ESEMAG dibuat dari 100% bahan herbal, sangat baik di konsumsi setiap hari untuk membantu meringankan gangguan lambung dan menjaga daya tahan tubuh. Semua lengkap dengan cita rasa mint yang segar.

Nah, untuk mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh, ESEMAG juga memiliki kandungan madu. Semua lengkap dengan cita rasa mint yang segar. ESEMAG bisa dibeli secara online di www.sidomunculstore.com dan Official Store Sido Muncul yang ada di Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Bukalapak. Buktikan sendiri yuk khasiatnya! (eth)

Beri Komentar