7 Waktu yang Dianjurkan Untuk Bersiwak, Kapan Aja Sih?

Reporter : Zaki
Senin, 3 Juni 2019 08:00
7 Waktu yang Dianjurkan Untuk Bersiwak, Kapan Aja Sih?
Kira-kira kapan saja waktu yang dianjurkan untuk bersiwak?

Siwak merupakan dahan atau akar pohon Salvadora Persica yang digunakan untuk menggosok gigi, gusi dan mulut. Hukum menggosok gigi menggunakan siwak sendiri adalah dianjurkan (mustahab). Berikut ini adalah waktu-waktu yang dianjurkan untuk bersiwak:

Ketika Membaca Al-Quran

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya seorang hamba jika hendak shalat, maka malaikat datang dan tegak di belakangnya untuk mendengarkan Al-Quran dan terus mendekat. Dan malaikat terus mendengar dan mendekat sampai dia meletakkan mulutnya di mulut orang tersebut. Maka tidaklah dia membaca sebuah ayat kecuali dia telah berada di rongga mulut malaikat” (HR. Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubra no. 162; Hasan sebagaimana yang dinyatakan oleh Al-Albani)

Sebelum membaca Al-Quran, umat muslim dianjurkan untuk suci dari hadast kecil maupun besar serta menjaga kebersihan mulutnya. Bisa diterapkan nih bagi kamu yang ingin beribadah sesuai dengan anjuran Rasullulah.

Sebelum atau Sesudah Wudhu

Bersiwak juga sangat dianjurkan sebelum, ketika berkumur-kumur saat wudhu atau dilakukan setelah wudhu. Seperti yang telah dikatakan oleh Al-Imam ‘Alauddin Al-Kasani Al-hanafi rahimahullah. Anjuran dari Rasullulah sendiri tentang bersiwak sebelum berwudhu dijelaskan dengan jelas dalam HR. Bukhari 3/31.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Seandainya aku tidak memberatkan ummatku, maka aku akan perintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudhu” (HR. Bukhari 3/31)

Ketika Akan Shalat

Rasullulah ternyata punya beberapa kebiasaan sebelum menjalankan shalat, salah satunya

adalah bersiwak.  Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist riwayat HR. Bukhari dan bisa menjadi tauladan bagi umatnya. Siwak sendiri memiliki banyak manfaat untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, mencegah bau mulut hingga menjaga gigi selalu kuat sejak zaman Rasullulah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Seandainya aku tidak memberatkan ummatku maka aku perintahkan mereka semua untuk bersiwak ketika hendak shalat” (HR. Bukhari no. 887 dan Muslim no. 252)

Ketika Bau Mulut Berubah

Selain meneladani kebiasaan Rasullulah, tujuan utama bersiwak sendiri adalah untuk menghilangkan bau mulut dan menjaga kebersihannya. Sebagaimana fungsi dari menggososk gigi adalah untuk menghilangkan bau mulut. Hal ini telah dijelaskan dalam HR. An Nasa-I dan Ahmad, shahih jika bersiwak membuat mulit bersih dan mendatangkan ridha Allah.

Saat Masuk Rumah

Anjuran untuk bersiwak saat memasuki rumah ini dijelaskan oleh Syuraih Al-Haritsi rahimahullah. Beliau adalah seorang tabiin yang hidup di zaman Rasullulah namun tidak pernah berjumpa dengan beliau. Ia pernah menanyakan pada Aisyah, istri Rasullulah tentang bagaimana kebiasaan Nabi saat memasuki rumah.

Aku bertanya kepada Aisyah: “Dengan apa nabi shallallahu alaihi wa sallam masuk ke dalam rumahnya?” Maka Aisyah berkata: “Dengan siwak”. (HR. Muslim no. 253)

Bangun Shalat Malam

Bersiwak juga bisa dilakukan sebelum melaksanakan amalan pada malam hari. Dalam HR Al-Bukhari dan Muslim telah dijelaskan jika Rasullulah bila terbangun hendak shalat malam, biasa bersiwak.  Kamu juga bisa menerapkan kebiasaan ini untuk meneladani kebiasaan Rasullulah.

Bangun dari Tidur

Waktu selanjutnya yang dianjurkan untuk bersiwak dijelaskan oleh Hudzaifah radhiyallahu anhu. Beliau berkata:

“Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika bangun dari tidur malam, beliau menggosok giginya dengan siwak” (HR. Bukhari no. 245 dan Muslim no. 255)

Itulah 7 waktu yang dianjurkan untuk bersiwak. Ingin mendapatkan manfaat dari siwak juga untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut? Kini kamu juga bisa mendapatkan manfaat asli dari siwak lewat SASHA Halal Toothpaste yang mengandung siwak asli dan ekstra daun sirih, bahan alami yang dianjurkan syariah dan diproses secara alami. Pasta gigi halal ini mampu membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut sehingga nafas segar tahan lama.

7 Waktu yang Dianjurkan Untuk Bersiwak, Kapan Aja Sih?

Sasha Pasta Gigi Halal Bersiwak tidak mengandung alkohol maupun bahan lainnya yang berasal dari hewan, sehingga benar-benar terjamin kehalalannya. Terdapat dua varian Sasha Pasta Gigi Halal Bersiwak yakni Natural Antibacterial dan Whitening. Mana nih yang jadi pilihanmu? Info lengkap klik di sini ya.

Beri Komentar