Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata Jokowi Melayat Ani Yudhoyono. ©Kapanlagi.com/Budy Santoso

Dream - Prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, sedang berlangsung.

Presiden Joko Widodo memimpin upacara yang berlangsung.

Jenazah Ani rencananya akan dimakamkan di blok M nomor 129. Lokasi ini, terletak berdekatan dengan pusara Ainun Habibi, istri Presiden Ketiga Indonesia, BJ Habibie.

Ani dimakamkan di TMP Kalibata karena menerima sejumlah penghargaan dari negara. Salah satunya, Bintang Mahaputra Adipradana.

"Saya presiden Republik Indonesia atas nama negara bangsa dan tentara nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhumah," kata Jokowi, Sabtu, 2 Juni 2019.

"Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua, dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka," ucap dia.

Saat penurunan jenazah, SBY tampak duduk. Dia mengamati prosesi pemakaman diapit oleh BJ Habibie, wakil presiden ke-11, Budiono, dan Iriana Jokowi, serta Megawati Soekarnoputri.

Dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhi Baskoro Yudhoyono, tampak turun ke liang lahat untuk membantu proses pemakaman.

 

Pusara Ani Yudhoyono Dibuat Lebih Besar

Dream - Ani Yudhoyono akan dimakamkan di dekat pusara Ainun Habibie, istri Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie.

Petugas pemakaman Taman Makam Pahlawan Kalibata, Anshori, mengatakan, makam Ani Yudhoyono dibuat 30 centimeter lebih besar dari biasanya. Ukuran itu untuk mengantisipasi prosesi turun peti.

"Biasanya lebar 120 centimeter, ini kita tambah 30 centimeter untuk mengantisipasi turun peti. Kedalaman makam satu meter tujuh puluh centimeter," kata Anshori kepada Merdeka.com.

Proses penggalian pusara ini, kata Anshori, dilakukan sejak pukul 12.00 WIB hingga 17.00 WIB Sabtu, 1 Juni 2019.

Kasubdit Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Makam Pahlawan Nasional dan Taman Makam Pahlawan Nasional, Iri Sapria, lokasi makam ditetapkan di blok M Nomor 129.

"Yang di sini sudah ada yang jelas ibu Ainun (Habibie). Yang lainnya ada para menteri juga mantan menteri," ujar Iri Sapria.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan menjadi inspektur upacara pemakaman ibu negera keenam itu.

"Upacara pemakaman Jenazah Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono dilaksanakan pada 15.00 WIB, Minggu. Presiden Joko Widodo ( Jokowi) direncanakan menjadi inspektur upacara (irup)," kata Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute, Ni Luh Putu Caosa Indryani.

Politisi Demokrat Ungkap Pemandangan 'Tak Biasa' Saat Kaesang Takziah Bu Ani

Dream - Menggunakan kaos hitam lengan panjan dan jeans, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, takziah di hadapan jenazah Ani Yudhoyono di KBRI Singapura.

Politikus Partai Demokrat, Andi Arief menyebut, kedatangan Kaesang terjadi setelah sholat jenazah Ibu Ani di Masjid KBRI Singapura.

" Ada anak muda yang sederhana setengah duduk mencium tangan Pak SBY, lalu SBY berdiri memeluknya," kata Andi Arief, melalui cuitannya, Minggu, 2 Juni 2019.

  andi arief@AndiArief__    

Setelah shalat jenazah Ibu Ani di mesjid KBRI Singapura, ada anak muda yang sederhana setengah duduk mencium tangan Pak SBY, lalu SBY berdiri memeluknya. Anak muda itu sebelumnya mengantri bersama masyarakat untuk mendoakan Ibu Ani, anak itu namanya @kaesangp .

  2,007  Twitter Ads info and privacy

  1,174 people are talking about this    

" Anak muda itu (Kaesang) sebelumnya mengantri bersama masyarakat untuk mendoakan Ibu Ani," ujar dia.

Penuturan serupa juga disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Rachland Nashidik. Dia menyebut, selain mencium tangan SBY, Kaesang juga dengan takzim hendak mencium tangan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono.

" Tapi, langsung dipeluk. Anak muda berbudi. Saya terharu menyaksikan momen itu," kata Rachland.

  Rachland Nashidik@RachlanNashidik    

Kemarin, saat Jenazah Ibu Ani dishalatkan di Mesjid KBRI, Kaesang datang. Ia antri menunggu. Saat giliran tiba, ia menunduk takzim dan mencium tangan Pak SBY. Ia bahkan akan mencium tangan EBY dan AHY tapi langsung dipeluk. Anak muda berbudi. Saya terharu menyaksikan momen itu.

  4,276  Twitter Ads info and privacy

  2,310 people are talking about this  

SBY Bisikkan Kata-kata Ini, Ibu Ani Merespon dengan Air Mata

Dream - Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menceritakan saat-saat terakhir mendampingi Ani Yudhoyono, istrinya, saat dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura.

SBY mengatakan, jelang kepergiaannya, Ani berada dalam kondisi tak sadarkan diri. Kondisi ini, kata SBY, karena Ani Yudhoyono dalam pengaruh obat bius.

"  Dokter mengatakan itu sengaja ditidurkan dengan obat bius, sehingga secara logika tidak bisa mendengar lagi," kata SBY, di rumah duka, Minggu, 02 Juni 2019.

Meski demikian, SBY dan keluarga tetap membisikkan kata-kata testimoni, doa, dan harapan bagi Ani. Sebab, keluarga tahu, Ani sedang berjuang keras melawan kanker darah.

" Semua yang kami sampaikan, termasuk yang saya sampaikan, Ibu Ani membalasnya dengan air mata di sudut-sudut matanya," kata dia.

Bersatunya Air Mata Kami

SBY mengatakan, menangis saat mengelap air mata Ani. Di saat itulah, dia berdoa.

" Saya ambil kertas tisu saya bersihkan saya lap titik-titik air matanya yang menggenang. Tetapi air mata saya menetes di keningnya," ujar dia.

SBY mengatakan, sempat berdoa kepada Allah.

" Ya Tuhan inilah bersatunya air mata kami, air mata cinta, air mata kasih, air mata sayang," ucap dia.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Alasan Jokowi Kirim Bunga Anggrek Ungu Saat Ketum PDIP Megawati Ulang Tahun ke-77

Alasan Jokowi Kirim Bunga Anggrek Ungu Saat Ketum PDIP Megawati Ulang Tahun ke-77

Jokowi mengungkap alasannya mengirim bunga anggrek ungu ke kediaman Megawati Soekarnoputri

Baca Selengkapnya
Kala Paspampres Nyamar Jadi Ojol untuk Jaga Anak Jokowi

Kala Paspampres Nyamar Jadi Ojol untuk Jaga Anak Jokowi

Para Paspampres lantas mencari cara untuk tetap mengawasi Kahiyang Ayu dan Iriana Jokowi tanpa ketahuan.

Baca Selengkapnya
Perolehan Suara Titiek Soeharto di Dapil DIY Takluk dari Politisi Wanita Ini

Perolehan Suara Titiek Soeharto di Dapil DIY Takluk dari Politisi Wanita Ini

Anak ke empat presiden ke dua Indonesia, Soeharto, itu mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama

NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama

Sahabat Dream, kalian ada gak yang vermak CV biar diterima kerja? Nah, begini jadinya jika kamu berlebihan menulis profil.

Baca Selengkapnya