Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Cara Mudah Menyelamatkan Diri dari Bahaya

8 Cara Mudah Menyelamatkan Diri dari Bahaya (Brightside.me)

Dream - Sangat penting bagi kita mengetahui bagaimana sikap dan tindakan yang harus dilakukan saat menghadapi bahaya. Setiap orang harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan jika menghadapi keadaan darurat.

Masalahnya, sesuatu yang buruk dapat terjadi jika kita tidak siap menghadapi situasi yang mengancam keselamatan. Tetapi, dengan delapan cara mudah ini, kita akan selalu bisa mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin saja menimpa di mana saja.

1. Kunci, Uang dan Ponsel Terisi Penuh

Cara Menyelamatkan Diri

Ketiga benda itu harus selalu ada pada kita saat bepergian. Mengapa? Karena kita bisa menghubungi seseorang untuk minta bantuan atau lari dengan kendaraan jika ada bahaya yang mengejar.

Selain itu, ponsel juga bisa menyelamatkan nyawa orang lain dengan memanggil ambulans atau polisi. Karena itu jaga agar ponsel yang kita pegang baterainya selalu terisi penuh.

2. Minta Maaf Jika Menyenggol Seseorang

Cara Menyelamatkan Diri

Bahkan jika Anda yakin tidak bersalah karena seseorang kesenggol di jalan, tetap katakan 'maaf' dan langsung pergi berjalan.

Mengapa? Karena Anda tidak tahu siapa yang Anda senggol atau tersenggol itu. Mereka bisa saja membawa senjata, sedang mabuk, atau teler.

Orang-orang yang demikian itu mudah marah dan berbahaya. Karena itu sebuah permintaan maaf yang tulus mungkin akan menyelamatkan Anda.

3. Selalu Cari Setidaknya Tiga Pintu Keluar

Cara Menyelamatkan Diri

Ke mana pun Anda pergi, baik itu ke konser, ke stasiun kereta api, atau bahkan ke sekolah, pastikan Anda melihat setidaknya tiga pintu keluar. Usaha tersebut kemungkinan mudah, tapi juga sulit.

Yang penting, telusuri ruang dengan mata Anda untuk mencari pintu keluar darurat, Meskipun hanya satu tidak mengapa, tapi usahkan Anda menemukan tiga pintu keluar darurat.

Mengapa? Jika terjadi hal-hal buruk, akan terlambat jika masih mencari pintu keluar. Karena itu, sebelumnya usahakan mencari pintu keluar darurat dan ingat-ingat dengan baik letaknya. Sehingga Anda bisa langsung menuju pintu keluar darurat jika ada bahaya mengancam.

4. 'Bermain' Mencari Orang Jahat

Cara Menyelamatkan Diri

Saat berada di tempat yang ramai cobalah untuk 'bermain' mencari orang jahat. Perhatikan masing-masing orang di sekitar Anda. Siapa di antara mereka yang terlihat terlalu ketakutan, marah, atau tegang.

Mengapa ini penting? Intuisi kita jarang sekali salah. Jika Anda mengira seseorang terlihat berbahaya, kemungkinan dia memang berbahaya. Jadi cobalah untuk menjauh darinya.

5. Hitung Kursi Menuju Pintu Keluar Darurat di Pesawat

Cara Menyelamatkan Diri

Saat duduk, hitung jumlah baris tempat duduk di pesawat hingga ke pintu keluar darurat. Ingat-ingat jumlahnya. Mengapa? Jika ada asap, lampu darurat menjadi terlalu redup untuk membimbing Anda menuju pintu keluar darurat.

Tapi jika Anda tahu pasti jumlah baris tempat duduk di antara kursi Anda dan pintu keluar, Anda bisa bergerak ke arahnya dengan menghitung sandaran kepala.

6. Memperkuat Cengkeraman dan Pergelangan Tangan

Cara Menyelamatkan Diri

Cobalah berlatih memperkuat cengkeraman dan pergelangan tangan Anda. Mengapa? Ada banyak situasi darurat di mana Anda mungkin perlu berpegangan pada balok besi atau kayu. Cengkeraman yang kuat dan otot pergelangan tangan yang terlatih memungkinkan Anda tetap aman.

7. Angkat Kepala dan Berjalan Pelan

Cara Menyelamatkan Diri

Secara naluriah orang-orang cenderung menurunkan kepala dan meningkatkan kecepatan berjalan saat mereka merasakan bahaya di belakang. Tapi Anda harus melakukan yang sebaliknya: angkat kepala, dan melambatkan jalan Anda.

Mengapa? Jika Anda mengikuti naluri pertama, Anda akan menjadi korban. Jadi, siapa atau apa pun yang mengancam Anda, melambatlah dan angkat kepala Anda. Setelah kepala menengok ke samping untuk melirik bahaya di belakang.

8. Menyelamatkan Diri dari Mobil Tenggelam

Cara Menyelamatkan Diri

Untuk keluar dari mobil yang tenggelam, pertama-tama Anda melepas sabuk pengaman. Alih-alih membuka pintu, turunkan jendela ke bawah.

Jika Anda tidak bisa membuka jendela, hancurkan dengan alat khusus atau benda berat (misalnya sandaran yang dapat dilepas).

Mengapa penting? Hanya ada waktu yang sedikit untuk melarikan diri. Anda akan banyak kehilangan waktu jika mencoba membuka pintu yang tidak mau bergerak karena tekanan air.

(Ism, Brightside.me)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Macan Tutul Masuk Rumah, Aksi Tenang Bocah Selamatkan Diri Jadi Sorotan

Detik-Detik Macan Tutul Masuk Rumah, Aksi Tenang Bocah Selamatkan Diri Jadi Sorotan

Ada macan tutul masuk ruangan, bocah ini tenang keluar dan kunci pintu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga,  Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif

Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga, Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif

Saat berpuasa dianjurkan agar tetap aktif, meski tidak berlebihan.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

Sahabat Dream, pernah gak sih merasa lapar saat sedang lembur?

Baca Selengkapnya