Marak 'Penumpang Gelap', Aliansi BEM Nusantara Batal Demo DPR

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 30 September 2019 12:02
Marak 'Penumpang Gelap', Aliansi BEM Nusantara Batal Demo DPR
Tempuh jalur tuntutan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dream - Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara tidak menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR.

Koordinator Pusat BEM Nusantara, Hengky Primana mengatakan, belum mengeluarkan instruksi aksi saat rapat paripurna terakhir DPR RI. Sikap itu diambil BEM Nusantara karena khawatir ada penumpang gelap saat unjuk rasa.

" Dari BEM Nusantara tidak turun berdemo di depan Gedung DPR. Kita berembuk dengan teman-teman, saya melihat aksi 23-24 (September) banyak penumpang-penumpang gelap, nah itu yang kita khawatir (demo hari ini)" kata Hengky dilaporkan Liputan6.com, Senin, 30 September 2019.

Hengky tak mempermasalahkan elemen masyarakat yang menggelar demonstrasi bersama mahasiswa hari ini, selama mengusung visi yang sama dengan mahasiswa.

 

1 dari 4 halaman

Judicial Review

" Selagi masih bisa saling menjaga ketertiban ya bagus, asal jangan ada miskomunikasi yang membuat hal yang tidak diinginkan terjadi," ucap dia.

Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) ini mengatakan, BEM Nusantara menyepakatai upaya judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait UU KPK. Langkah ini diambil karena Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang diterbitkan Jokowi bisa ditolak DPR.

" Kami tidak menolah secara keseluruhan, tapi ada poin-poin dalam RUU KUHP dan UU KPK yang harus direvisi lagi. Nah, rencananya kami akan menempuh judicial review sesuai jalur hukum yang ada di Indonesia, karena bagi saya itu adalah keputusan mutlak ketika sudah diputuskan oleh MK," kata dia.


Sumber: Liputan6.com/Hanz Jimenez Salim

2 dari 4 halaman

Pengalihan Rute Transjakarta Selama Aksi Demo di DPR

Dream - Polda Metro Jaya membuat rekayasa lalu lintas mengantisipasi aksi demonstrasi di Gedung DPR/MPR, Jakarta, hari ini (Senin, 30 September 2019). Tak hanya kendaraan pribadi, pengalihan jalur juga akan dilakukan operator bus Transjakarta.

" Persiapan pengamanan kegiatan penyampaian pendapat, sementara Semanggi arah ke Slipi dialihkan ke Jl. Gerbang Pemuda," tulis pengelola akun Twitter, TMC Polda Metro Jaya.

Jelang aksi demonstrasi tersebut, polisi juga telah menggelar apel pengamanan penyampaian pendapat di Parkir Timur Senayan.

Rencana pengalihan rute juga dilakukan pengelola Transjakarta untuk memberi kenyamanan bagi penumpang. Transjakarta akan mengalihkan jalur di lima rute.

" Pengalihan rute tersebut akan kembali melayani pelanggan seperti semula sampai situasi kondusif disekitar tempat kegiatan aksi," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulisnya.

 

3 dari 4 halaman

5 Rute Transjakarta yang Dialihkan

Pengalihan Rute Transjakarta

Adapun koridor yang dialihkan sebagai berikut:

Koridor 9 : Pinang Ranti - Pluit sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Slipi Petamburan dikarenakan adanya penutupan jalan.

Rute 4A : TU Gas - Grogol sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Halte Slipi Petamburan dikarenakan adanya pentupan jalan.

Rute T11 : Bundaran Senayan - Poris Plawad sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Slipi Petamburan.

Rute 1F : Bundaran Senayan - Stasiun Palmerah dan 1B : Tosari - Stasiun Palmerah mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar MPR/DPR. Untuk sementara tidak melewati halte Senayan JCC, DPR 1 dan DPR 2

Rute 3F : Gelora Bung Karno - Kalideres sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Halte Slipi Petamburan dikarenakan adanya penutupan jalan di sekitar MPR/DPR.

4 dari 4 halaman

Rute Umum yang Dialihkan

Dream - Aksi demonstrasi menentang beberapa undang-undang kontroversial di depan Gedung MPR/DPR masih berlanjut Senin, 30 September 2019. Untuk mengantisipasi hambatan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mengalihkan arus kendaraan yang melintasi Jalan Gatot Subroto ke arah Slipi.

" Penutupan disesuaikan dengna kebutuhan dan tingkat pengamanan," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir, dilaporkan , Senin, 30 September 2019.

Nasir menyebut, ruas jalan yang ditutup diantaranya Jalan Gatot Subroto arah Slipi di bawang jalan layang Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL dibelokkan ke arah Gerbang Pemuda.

Sementara itu, Jalan Gerbang Pemuda arah kiri ke Jalan Gatot Subroto diputarbalikkan ke Gerbang Pemuda menuju kolong jalan layang Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL atau lurus ke Jalan Gatot Subroto arah timur atau ke Bendungan Hilir.

Dari arah Jalan Gerbang Pemuda ke Jalan Asia Afrika akan dibelokkan ke kiri, arah Jalan Jalan Senayan dan Jalan Pakubuwono.

Kendaraan dari Jalan Asia Afrika diarahkan polisi ke Jalan Tentara Pelajar atau Jalan Gerbang Pemuda putar balik di bawah jalan layang Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL.

Arus lalu lintas dari Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di lampu lalu-lintas Palmerah diluruskan ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama, sedangkan arah belok kiri ditutup.

Kendaraan dari Jalan Tentara Pelajar Pojok Manggala Wanabakti dan Jalan Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan.

Sumber: 

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian