Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Begini Kronologis Penangkapan DPO Perampokan Pulomas di Medan

Begini Kronologis Penangkapan DPO Perampokan Pulomas di Medan Buron Perampokan Pulomas Berhasil Ditangkap Polisi (Foto: Ilman/Dream.co.id)

Dream - Satu pelaku perampokan dan pembunuhan di Jalan Pulomas Utara Nomor 7A, Pulogadung, Jakarta Timur yang menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) bernama Ridwan Sitorus alias Ius Pane alias Marihot Sitorus berhasil ditangkap di Medan, Sumatera Utara sekitar pukul 07.45 WIB.

"Dari hasil interogasi kami tadi, yang bersangkutan menyampaikan akan bersembunyi di wilayah Sumatera Utara," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mochamad Iriawan saat menggelar konferensi pers di Bandara Hallim Perdana Kusuma, Jakarta, Minggu, 1 Januari 2016.

perampokan pulomas

Iriawan menjelaskan, penangkapan bermula ketika Ius Pane diketahui kabur ke Medan menggunakan Bus Antar Lintas Sumatera (ALS) pada hari Kamis, 29 Desember 2016 dari Bogor.

Setelah mengetahui rute berhentinya bus, kemudian pagi tadi polisi langsung menangkap Ius Pane ketika hendak turun dari bus.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu berujar, rencananya Ius Pane akan bersembunyi di Rumah saudaranya di Medan.

"(Sembunyi) di tempat saudaranya. Kampungnya kan di sana, ke tempat saudaranya akan pulang kampung," pungkasnya.

perampokan pulomas

Selain itu, Ius Pane juga diketahui sebagai orang yang menyeret dan memukul para korban yang dimasukkan ke dalam kamar mandi berukuran 1,5 x 1,5 meter.

"Betul, menyeret korban. Dnegan Jambak dan memukul korban" ucap Iriawan.

Sebelumnya dikabarkan, polisi telah menangkap tiga pelaku di lokasi berbeda, dua pelaku Ramlan Butarbutar dan Erwin Situmorang ditangkap di Kelurahan Rawalumbu, Kota Bekasi. Sedangkan Alfins Bernius Sinaga ditangkap di daerah Villamas Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Selain itu, polisi juga turut mengamankan R alias Ucok, adik dari Ramlan. R alias Ucok diamankan karena pada saat itu, Ramlan sedang berada di rumah kontrakannya. Kini, polisi masih mendalami keterlibatan R alias Ucok dengan kelompok Ramlan.

Buronan Perampokan Pulomas Berhasil Dibekuk Polisi di Medan

Dream - Jajaran Polda Metro Jaya telah berhasil menangkap daftar pencarian orang (DPO) pelaku perampokan dan pembunuhan sadis di Jalan Pulomas Utara Nomor 7A, Pulogadung, Jakarta Timur bernama Ius Pane di Medan, Sumatera Utara.

" Iya sudah ditangkap di Medan tadi pagi," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat dihubungi Dream melalui telepon, Minggu, 1 Januari 2017.

Namun, Argo belum dapat menginformasikan mengenai alasan pelaku melarikan diri ke Medan.

Dengan ditangkapnya Ius Pane, polisi telah berhasil menangkap semua pelaku perampokan dan pembunuhan sadis di Pulomas.

" Total ada 4 pelaku," ucap Argo.

Sebelumnya dikabarkan, polisi telah menangkap tiga pelaku di lokasi berbeda. Dua pelaku, Ramlan Butarbutar dan Erwin Situmorang ditangkap di Kelurahan Rawalumbu, Kota Bekasi. Sedangkan Alfins Bernius Sinaga ditangkap di daerah Villamas Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Selain itu, polisi juga turut mengamankan R alias Ucok, adik dari Ramlan. R alias Ucok diamankan karena pada saat itu, Ramlan sedang berada di rumah kontrakannya. Kini, polisi masih mendalami keterlibatan R alias Ucok dengan kelompok Ramlan.

Ini Motif Perampokan dan Pembunuhan di Pulomas

Dream - Polisi telah mengantongi motif perampokan dan pembunuhan sadis Pulomas, Jakarta Timur.

" Sementara motifnya perampokan murni," kata  Kepala BidangHubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi, Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis, 29 Desember 2016.

Argo mengatakan, penyidik masih melakukan penyelidikan atas kasus perampokan itu. Mengenai barang-barang yang hilang di rumah korban DT, polisi melakukan koordinasi dengan pihak keluarga.

" Kita harus kroscek dulu dari keluarga korban, kira-kira barang yang hilang itu apa saja, kita belum kroscek ya. Kita masih fokus amankan pelaku," ucap Argo.

Sebanyak empat dari lima komplotan perampok di Pulomas berhasil diamankan dengan pimpinannya, Ramlan Butarbutar, tewas terkena peluru. Argo berharap, satu orang pelaku yang masih buron, Yus Pane, dapat segera ditangkap.

" Kita masih memburu satu orang yang sampai sekarang masih belum kita temukan. Mudah-mudahan segera kita temukan untuk yang satu orang ini," ujar dia.

Sebelumnya, polisi telah menangkap tiga pelaku pembunuhan di Pulomas di lokasi berbeda. Dua pelaku ditangkap di Kelurahan Rawalumbu, Kota Bekasi. Keduanya bernama Ramlan Butarbutar dan Erwin Situmorang.

Sementara satu orang bernama Alfins Bernius Sinaga, ditangkap di Villamas Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Selain itu, polisi juga mengamankan adik Ramlan, R alias Ucok. R diamankan untuk dimintai keterangan karena Ramlan dan Erwin pada saat ditangkap berada di rumah kontrakannya.

Keberadaan Istri Ketiga Korban Perampokan Pulomas Terlacak

Dream - Korban perampokan dan pembunuhan di Pulomas, JakartaTimur, Dodi Triono diketahui memiliki istri ketiga, EAK. Wanita ini sempat tidak tampak saat perampokan terjadi maupun ketika Dodi serta dua anaknya, DAAP dan DGD dimakamkan.

Tetapi, polisi kini telah mengetahui keberadaan EAK. " Dia (istri ketiga) ada di rumah sendiri, ya di Jakarta," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan di Jakarta, Kamis malam 29 Desember 2016.

Meski sudah mengetahui keberadaan istri ketiga DT, polisi belum akan memanggil EAK dalam waktu dekat. Iriawan mengatakan pihaknya belum menentukan apakah membutuhkan keterangan EAK atau tidak.

" Yang jelas kita nanti ya setelah istri ketiga atau saudari istrinya pak DT, kita akan mengambil keterangan kita nggak bisa paksakan," ucap dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP