Detik-Detik Mobil Terseret Banjir Bandang Lahar Dingin Semeru di Lumajang

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 9 Februari 2021 11:01
Detik-Detik Mobil Terseret Banjir Bandang Lahar Dingin Semeru di Lumajang
Mobil tersebut sempat dihantam air sebelum terseret dan hanyut.

Dream - Sebuah video tengah viral di media sosial, menunjukkan terjadinya banjir bandang lahar dingin Gunung Semeru. Banjir tersebut sampai menghanyutkan sebuah mobil yang terparkir jalan pinggir sungai.

Akun Instagram @gushayid80 mengunggah kembali video tersebut. Terlihat bagaimana mobil tersebut sampai terseret.

Awalnya, mobil itu terparkir di pinggir sungai. Secara tiba-tiba, banjir lahar dingin datang seperti air bah. 

Seluruh badan sungai dipenuhi lahar dingin. Banjir sampai meluber ke pinggir sungai.

Mobil yang terparkir sempat ditabrak arus banjir. Melihat dari pergerakan video, perekam seperti ragu-ragu untuk mendekati mobil tersebut sebelum akhirnya memutuskan berhenti. Mobil itu akhirnya tergulung air bah dan kemudian jatuh ke sungai dan terbawa arus.

 

1 dari 2 halaman

Ini Videonya

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh GusHayid (@gushayid80)

2 dari 2 halaman

Mobil pengangkut BBM

Dikutip dari Memorandum.co.id, video tersebut diambil diambil warga di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Peristiwa tersebut berlangsung pada Senin, 8 Februari 2021 soren.

Dari keterangan dihimpun mobil itu milik pegawai di salah satu usaha tambang pasir di lokasi tersebut. Mobil itu biasa digunakan untuk mengangkut bahan bakar guna kebutuhan penambangan.

Mobil diparkir di pinggir sungai untuk memudahkan pasokan bahan bakar yang digunakan menggerakkan alat berat maupun truk angkut pasir. Karena terletak pada posisi yang sangat dekat dengan sungai, mobil itu akhirnya terseret banjir.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, mengatakan banjir terjadi akibat hujan yang turun dengan intensitas tinggi yang sudah berlangsung beberapa hari terakhir di Lumajang. Selain banjir, terdapat bencana lain yang terjadi di lereng Semeru seperti longsor.

" Info yang kami dapat untuk korban jiwa, Alhamdulillah nihil karena saat mobil yang terbawa banjir tadi baik sopir maupun penumpang lainnya tidak berada di dalam kendaraan," kata Wawan.

Beri Komentar