Dianggap Hina Islam, Rapper Kondang Ditangkap

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 23 Agustus 2016 15:01
Dianggap Hina Islam, Rapper Kondang Ditangkap
Namewee ditangkap lantaran membuat video klip yang mengambil gambar di sejumlah tempat ibadah di Penang seperti masjid, gereja, dan kuil Hindu, Budha, dan Taiosme.

Dream - Musisi rap Malaysia, Namewe, ditangkap dengan tuduhan menghina Islam. Rapper ini membuat video klip untuk lagu berjudul " Oh My God" dengan mengambil gambar di dalam masjid.

Menurut kepala kepolisian setempat, Mior Faridalathrash Wahid, kepada Agence France-Presse, rapper yang memiliki nama asli Wee Meng Chee, akan ditahan selama empat hari.

Wahid mengatakan, rapper ini akan menjalani pemeriksaan lantaran tuduhan mengotori tempat ibadah dengan maksud menghina agama. Menurut dia, Namewee terancam hukuman dua tahun penjara, denda, atau bisa keduanya.

Video klip berdurasi empat menit itu disebut memuat nama 'Allah' dan suara azan. Video klip ini menampilkan adegan Namewee bersama beberapa penyanyi lain, mengenakan pakaian yang mewakili budaya dan agama mereka.

Adegan ini dilakukan di sejumlah tempat ibadah di Penang seperti masjid, gereja, juga kuil Hindu, Budha, dan Taoisme.

1 dari 2 halaman

Ditangkap Saat...

Namewee ditangkap di bandara internasional Kuala Lumpur saat kembali dari luar negeri pada hari Minggu. Penyidikan dilanjutkan usai dia diserahkan oleh pengadilan Penang.

Secara umum Malaysia menjalankan praktik Islam yang moderat. Tapi gesekan antar-agama kian meningkat dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya praktik Islam konservatif.

Awal tahun ini, poster dan billboard bioskop blockbuster Hongkong sampai harus dimodifikasi untuk menghilangkan gambar setengah manusia setengah babi.

Pada Juli, sejumlah kelompok melapor ke polisi dan menyatakan video klip milik Namewee menghina Islam.

 

2 dari 2 halaman

Namewee, Kontroversi, dan Pembelaannya

Merespons hal ini, Namewee kemudian mengunggah video tersebut di Youtube. Dalam unggahan itu, dia menyertakan keterangan tidak bermaksud menghina agama apapun dan video klip itu dibuat untuk mempromosikan harmoni.

Video klip yang original kini tidak lagi tersedia secara online. Tetapi, video yang telah menjalani proses pengeditan tanpa adegan berlatar masjid telah diunggah di Youtube sepanjang akhir pekan.

Namewee yang juga terkenal di Taiwan bukanlah orang yang asing dari kontoversi. Dia kerap dituding mengobrak-abrik politik dan agama pada sejumlah kesempatan dalam beberapa tahun.

Dia pertama kali menjadi headline pemberitaan pada 2007. Saat itu dia mengunggah lagu kebangsaan Malaysia dalam versi rap mengunakan lirik yang dianggap sebagai penghinaan.

Di bagian pembukaan video tersebut, yang menunjukkan Bendera Malaysia sebagai latar belakang, Namewee mendedikasikan lagunya untuk seluruh rakyat Malaysia, khususnya pemerintah.

Sumber: theguardian.com

 

Beri Komentar