Mobil Dicuri di Mal Diduga Karena Kunci Diretas, Kok Bisa?

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 19 Januari 2020 06:01
Mobil Dicuri di Mal Diduga Karena Kunci Diretas, Kok Bisa?
Proses pencurian berlangsung cepat.

Dream - Berpergian menggunakan tranportasi umum atau kendaraan pribadi menjadi kebiasaan yang umum bagi para pekerja. Di Malaysia, para pekerja kantoran menitipkan kendaraan pribadi di mal agar bisa menjalani pekerjaannya.

Tapi, tak semua parkir di mal punya keamanan yang baik. Seorang warganet di Malaysia mengisahkan bagaimana mobilnya dicuri pada Senin, 13 Januari 2019.

Nic Wang, membagikan kisah pencurian mobilnya di Istagram pribadinya. Mobilnya, Honda CRV diparkir pada pukul 9 waktu setempat di hari itu. Dia meninggalkan mobilnya dan mulai bekerja.

Sepulang kerja, pukul 18.30, dia panik mencari mobilnya. Dia tak menemukan keberadaan mobil berwarna putih tersebut.

Dia kemudian melaporkan kejadian itu ke polisi.

 

1 dari 4 halaman

Hilang Secara Cepat

Dari rekaman CCTV tempat parkir, proses pencurian berlangsung tak sampai 20 menit. Sebelum mobilnya hilang, tampak sebuah mobil rakitan buatan lokal berhenti di berlawanan di garis dan, diduga, meretas mobil itu pada 14.25.

Kedua mobil tersebut meninggalkan mal pada pukul 14.47.

Dugaan awal, mobil milik Nic mengalami penggandaan kunci. Tetapi, polisi menemukan sistem mobil yang diretas dan diprogram ulang.

Belakangan, kunci mobil miliknya tidak dapat lagi digunakan karena pemrograman ulang.

 

2 dari 4 halaman

Ditemukan Sehari Berselang

Dilaporkan World of Buzz, mobil milik Nic ditemukan polisi pada 15 Januari 2020. Polisi menemukan mobil itu berdasarkan rekaman CCTV.

Nick memuji efisiensi polisi.

Tersangka ditemukan berasal dari Malaysia Timur, dan dia datang ke Kuala Lumpur untuk menghadiri sidang pengadilan. Dia berkeliaran di sekitar pusat perbelanjaan dan menargetkan mobil Nic secara acak.

3 dari 4 halaman

Cerita Kejar-kejaran PNS Pencuri Mobil Pemadam dengan Polisi

Dream - Aparat kepolisian menangkap JD, pria berusia 36 tahun yang nekat mencuri mobil pemadam kebakaran (damkar). Saat pencurian, mobil berukuran besar itu sedang dipanaskan oleh petugas di pos kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengatakan, sempat terjadi kejar-kejaran antara polisi dan pelaku sebelum akhirnya mobil damkar itu dihentikan.

Setelah menginformasikan adanya pencurian mobil damkar, polisi lalu lintas yang sedang bertugas di pos Gunung Sahari, Jakarta Pusat melihat ciri-ciri yang sudah dijelaskan.

" Ternyata betul kemudian dikejar oleh anggota kita. Sempat terjadi kejar-kejaran di jalan antara petugas dan pelaku," ucap Budhi di Jakarta, Kamis 13 Mei 2019.

Saat pengejaran itu, pelaku sempat tidak mau berhenti. Kejaran-kejaran pun tak terelakkan.

4 dari 4 halaman

Polisi Selidiki Motif

Hingga akhirnya, ketika berada di kawasan Pasar Baru, mobil damkar yang dikendarai pelaku berhasil dihentikan.

Saat diperiksa, pelaku yang mengenakan kaos itu rupanya Pengawai Negeri Sipil (PNS) dari dinas pemadam kebakaran Jakarta Barat.

" Ternyata pelaku ini oknum PNS di petugas dinas pemadam kebakaran di Jakarta Barat," kata dia.

Hingga kini, polisi masih menyelidiki motif pelaku nekat mencuri mobil damkar.

" Mobilnya rencananya mau dibawa tersangka ke (Jakarta) Pusat. Tapi masih kita dalami, pusatnya ini pusatnya di mana kita masih belum tahu," ujar Budhi. (ism)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya