Trump Sindir Piala Oscar Diborong Film Korea: 'Apa-apaan Itu'

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 21 Februari 2020 13:00
Trump Sindir Piala Oscar Diborong Film Korea: 'Apa-apaan Itu'
Presiden AS Donald Trump menilai perhelatan Acadamy Award tahun ini jadi yang terburuk.

Dream - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengeluhkan perhelatan Academy Award 2020. Ajang yang tenar disebut OScar itu menempatkan film Korea Selatan, Parasite sebagai film terbaik.

" Seberapa buruk Academy Awards tahun ini, Anda lihat? 'Dan pemenangnya adalah ... film dari Korea Selatan,'" kata Trump, saat berkampanye di Colorado, AS, Kamis, 21 Februari 2020.

Dilaporkan CNN,  Trump tak terima dengan hasil itu. Alasannya AS saat ini sedang memiliki banyak masalah perdagangan dengan Korea Selatan.

" Apa-apaan itu?" kata dia.

Parasite merupakan film berbahasa asing pertama yang berhasil menggondol Paiala Oscar untuk kategori film terbaik di Academy Awards. Film itu juga memenangkan penghargaan untuk penyutradaraan dan skenario asli.

Tak seperti publik dunia yang menyambut gembira kemenangan Parasite, Trump justru tidak terkesan. Dia tampak lebih tertarik pada film-film Amerika yang dibuat 70 tahun yang lalu.

" Aku mencari, mari kita cari 'Gone with the Wind', bisakah kita mendapatkan seperti Gone with the Wind kembali, tolong? Sunset Boulevard,' begitu banyak film hebat," ucap dia.

Neon, distributor Parasite di Amerika Selatan, menanggapi kritik Trump di Twitter.

" Dapat dimengerti, dia tidak bisa membaca," tulis perusahaan itu.

1 dari 6 halaman

Heboh, Peraih Oscar 'Parasite' Dituding Plagiat Film India

Dream - Film asal Korea Selatan, " Parasite" , berhasil menorehkan sejarah. Sinema garapan sutradara Bong Joon Ho ini meraih penghargaan bergengsi berupa Piala Oscar di ajang Academy Award 2020 di Dolby Theatre, Hollywood, California, Amerika Serikat pada Minggu 9 Februari 2020 lalu.

Kemenangan ini menjadikan Parasite sebagai film berbahasa asing pertama yang berhasil menyabet Oscar. Yang membanggakan, Parasite meraih kemenangan di empat kategori dan masuk dalam dua nominasi. 

Belum genap sebulan penobatan, muncul kabar kurang sedap. Baru-baru ini, film Parasite dituding melakukan plagiat atas film India berjudul Minsara Kanna. 

2 dari 6 halaman

Akan Dibawa ke Meja Hijau

Tudingan itu muncul dari sutradara film tersebut bernama PL Thenappan. Ia mengatakan alur Parasite sangat mirip dengan film garapannya.

Minsara Kanna sendiri merupakan film yang diproduksi tahun 1999 dan dibintangi aktris Tamil Vijay.

Dilansir laman Times of India, Thenappan tampanya sangat serius membawa kasus ini ke meja hijau. Dia bahkan mengaku sedang berdiskusi dengan pengacara asal Tiongkok untuk menunjuk pengacara Internasional dalam menyelesaikan kasusnya

" Saya menonton Parasite hanya setelah film ini mengantongi beberapa Academy Awards. Saya merasa plot dasar telah diangkat dari film kami," ujar Thenappan.

3 dari 6 halaman

Plagiarisme

Tuntutan yang akan dilayangkan Thenappan pada Bong Joon Ho terkait plagiarisme. Thenappan mengklaim Parasite merupakan sebuah rip-off dan meniru film Tamil.

Parasite sendiri merupakan film bergenre komedi thriller. Film ini berkisah tentang keluarga miskin yang berusaha masuk dalam kehidupan keluarga kaya.

4 dari 6 halaman

Film Parasite Dapat International Feature Film Oscar 2020, Ini Kata Sutradara

Dream - Film Korea Selatan, Parasite, mendapatkan penghargaan sebagai Best Internasional Feature Film dalam ajang Piala Oscar 2020.

Sinema besutan sutradara Bong Joon Ho itu merupakan film bergenre thriller tentang keluarga miskin yang ingin masuk ke kehidupan keluarga kaya.

Film yang rilis tahun 2019 itu dibintangi Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, dan Park So-dam.

Parasite mengalahkan empat nomine lain, yakni, Corpus Christi (Polandia), Honeyland (Makedonia Utara), Les Misérables (Prancis), serta Pain and Glory (Spanyol).

5 dari 6 halaman

Bahagia

Bong Joon-Ho merasa bahagia film karena grapannya berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut.

" Oscars tahun ini mengubah nama kategori dari Best Foreign Language Film menjadi Best International Feature Film. Saya sangat bahagia menjadi yang pertama menang dengan nama kategori yang baru,” ungkap Bong Joon-Ho di The Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, AS, dikutip dari Liputan6.com, Senin 10 Februari 2020.

Bong Joon-Ho menambahkan, “ Saya senang menjadi sutradara yang mengarahkan cerita dan mengantarkan simbol-simbol dalam naskah kepada penonton. Terima kasih untuk sinematografer dan seluruh pekerja seni yang hebat malam ini."

6 dari 6 halaman

Berterimakasih

Tak lupa, Bong Joon-Ho berterima kasih kepada para produser dari rumah produksi Barunson E&A dan distributor CJ Entertainment.

" Saya juga berterima kasih kepada para kreator di CJ Entertainment yang menerima visi saya lewat film ini. Saya akan minum malam ini dan menghabiskan malam hingga pagi nanti," ucapnya.

Dalam ajang Oscar tahun 2020 ini, Parasite mendapat enam nominasi, yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Naskah Asli Terbaik, Film Internasional Terbaik, Desain Produksi Terbaik dan Editing Terbaik.

  film parasite© film parasite

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis