Draf Resolusi dan Deklarasi Jakarta Dibahas Hari Ini

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 7 Maret 2016 11:29
Draf Resolusi dan Deklarasi Jakarta Dibahas Hari Ini
Dua draf tersebut menjadi agenda penting penyelenggaraan KTT-LB OKI kelima. Rencananya, sore nanti draf tersebut akan dibacakan, dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi

Dream - Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja sama Islam (KTT-LB OKI), Senin, 7 Maret 2016 ini memasuki hari kedua. Salah satu agenda penting hari ini adalah pembahasan draf resolusi dan Deklarasi Jakarta.

Dua draf ini sebelumnya telah dibahas dalam forum tingkat menteri luar negeri. Draf ini akan dibacakan saat penutupan KTT pada sore hari ini, dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memimpin Upacara Pembukaan‎ KTT-LB OKI di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC). Setelah itu, di tempat yang sama, Jokowi akan memimpin ‎‎General Debate (Diskusi umum) yang tertutup.

Presiden Jokowi juga akan menerima kunjungan kehormatan dan pertem‎uan bilateral. Perdana Menteri Libya, Menteri Luar Negeri Iran, Chairman Council of State of Oman, Menteri Luar Negeri Arab Saudi dan Deputi Perdana Menteri Qatar akan dijamu secara khusus oleh Jokowi.

Sementara itu, Jokowi akan melakukan dua pertemuan bilateral dengan Presiden Pakistan dan Presiden Sudan sore harinya.

Indonesia melaksanakan KTT-LB OKI untuk memberikan dukungan kepada Palestina demi meraih kemerdekaan.

Dalam pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Minggu sore 6 Maret 2016, Presiden Jokowi mengatakan bahwa ‎P‎residen Mahmoud Abbas sangat mengapresiasi dukungan Indonesia baik dalam penyelenggaraan KTT LB OKI.

" Konsistensi Indonesia dalam memberikan dukungan penuh terhadap kemerdekaan Palestina," ucap Jokowi, Senin, 7 Maret 2016.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan kepada Presiden Abbas‎ bahwa Indonesia akan terus berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada kemerdekaan Palestina.

" Indonesia mendukung penuh inisiatif, terobosan yang akan dilakukan oleh Palestina untuk mengadakan International Peace Conference," ucap Jokowi.

Dalam pertemuan dengan Presiden Abbas kemarin, Presiden Jokowi juga berharap hasil KTT LB OKI di Jakarta ini dapat dijadikan masukan yang nyata. (Ism) 

Beri Komentar