Konsulat Kehormatan RI untuk Palestina Diresmikan di KTT OKI

Reporter : Ratih Wulan
Senin, 7 Maret 2016 10:44
Konsulat Kehormatan RI untuk Palestina Diresmikan di KTT OKI
KTT-LB OKI menjadi momen bagi Indonesia untuk meresmikan Konsulat Kehormatan RI untuk Palestina. Langkah ini akan menjadi pintu gerbang terbukanya hubungan diplomatik Indonesia-Palestina.

Dream - Kemerdekaan Palestina merupakan salah satu visi yang diusung oleh pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Isu tersebut menjadi janji pemerintahan Jokowi.

Hari ini, Jokowi mempertegas keseriusan Indonesia dalam mendorong Palestina merdeka. Untuk mewujudkan janji itu, Jokowi mendesak negara-negara Islam segera mengambil langkah tegas dalam Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa (KTT-LB) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) kelima ini.

" Bangsa Indonesia konsisten dengan janji itu. Hari ini, kami berdiri bersama untuk menyelesaikan perjuangan tersebut. Suatu kehormatan untuk memenuhi imbauan Mahmoud Abbas (Presiden Palestina) dengan menjadi tuan rumah KTT-LB OKI," kata Jokowi saat memberikan sambutan KTT-LB OKI di JCC, Jakarta, Senin, 7 Maret 2016.

Jokowi menyampaikan keprihatinan terhadap pelbagai kebijakan sepihak Israel yang banyak merugikan Palestina. Di samping itu, Israel terlalu sering menyulitkan Palestina dengan menutup banyak akses penting.

Situasi semakin memburuk dan memperparah ketegangan dua negara akibat banyaknya isu kemanusiaan. " Palestina harus besar dan Indonesia akan membantu proses rekonsiliasi yang relevan dengan misi KTT OKI," kata Jokowi.

Secara tegas, Jokowi mengatakan batas kesabaran masyarakat dunia telah lama selesai. Sehingga dunia patut mendesak Israel segera menghentikan serangan dan sesegera mungkin harus keluar dari Palestina.

Jokowi melanjutkan situasi semakin genting dan membuat posisi Palestina semakin dilemahkan. Alhasil, proses perdamaian harus segera dijalankan dan tidak bisa ditunda lagi.

" Indonesia selalu ada di garis depan dalam dukungan dan kesempatan ini sekaligus untuk meresmikan konsulat kehormatan Indonesia untuk Palestina," kata Jokowi. (Ism) 

Beri Komentar