Dua Provinsi di Indonesia Ini Masih Nol Kasus Positif Covid-19

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 3 April 2020 14:00
Dua Provinsi di Indonesia Ini Masih Nol Kasus Positif Covid-19
Kasus positif corona Covid-19 di Indonesia sudah mencapai angka 1.790 yang tersebar di 32 provinsi. Hingga kini terdapat dua provinsi yang belum memiliki kasus positif corona Covid-19.

Dream – Penyebaran virus corona baru, Covid-19, di Indonesia belum bisa ditekan. Penularan virus tersebut masih saja terjadi, pasien yang terinfeksi virus tersebut terus bertambah.

Hingga 2 April 2020, tercatat sudah ada 1.790 kasus infeksi Covid-19 di Indonesia. Dari angka itu, 112 orang dinyatakan sudah sembuh, 170 lainnya meninggal dunia.

Berdasarkan catatan pula, kasus-kasus infeksi Covid-19 di Indonesia berasal dari 32 provinsi. Sejauh ini, hanya dua provinsi yang dilaporkan belum terjadi kasus infeksi Covid-19, yaitu Gorontalo dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

1 dari 2 halaman

Nusa Tenggara Timur

 NTT© PEMPROV NTT

Menurut website resmi pemerintah NTT, hingga hari kamis pukul 21.00 Wita, jumlah ODP di NTT mencapai 301 orang. Dari jumlah itu, 26 ODP dinyatakan telah sembuh. Sisanya, 275 orang dimana 268 orang melakukan isolasi mandiri dirumah dan 8 orang dirawat di rumah sakit.

Dalam upaya pencegahan corona Covid-19, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, menunda pelaksanaan festival pariwisata dan menutup seluruh destinasi wisata yang ada di Provinsi NTT.

" Ya benar, Bapak Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat telah mengirim surat kepada seluruh Bupati di NTT dan Wali Kota Kupang untuk menunda sementara pelaksanaan festival pariwisata dan menutup seluruh destinasi wisata,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu.

Selain itu, warga juga diminta berdiam diri di rumah. Siang dan malam. Bagi mereka yang “ ngeyel” akan ditindak tegas oleh polisi. Tindakan itu dilakukan guna mendukung kebijakan pemerintah terkait social distancing untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19.

NTT saat ini sedang berperang melawan demam berdarah. Jumlah penderita DBD di wilayahnya menyentuh angka 4.034 jiwa. Sejak awal Januari hingga Maret 2020, sudah 47 orang yang meninggal dunia akibat DBD.

" Serangan penyakit DBD yang sebelumnya hanya terjadi pada lima kabupaten/kota ternyata telah menyebar ke semua kabupaten di NTT," kata Asisten bidang pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jamal Ahmad.

Ia mengatakan, Kabupaten Sikka merupakan wilayah yang mengalami kasus DBD tertinggi di Nusa Tenggara Timur. Di sana, jumlah kasus DBD yang tercatat sebanyak 1.234 kasus yang mengakibatkan 14 kematian.

2 dari 2 halaman

Gorontalo

 Gorontalo© PEMPROV GORONTALO

Meskipun belum memiliki kasus positif corona Covid-19, Pemrov Gorontalo tetap mengambil langkah pencegahan.

Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menghentikan sementara kunjungan warga negara asing (WNA) dan Tenaga Kerja Asing (TKA). Keputusan itu tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Gorontalo nomor 560/Dispar/392/III/2020 tentang Penundaan Kedatangan WNA dan TKI ke Wilayah Provinsi Gorontalo sebagai Tindak Lanjut Pencegahan Covid-19.

“ Menunda Kedatangan Warga Negara Asing (WNA) dan Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk masuk di wilayah kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo baik melalui akses/pintu masuk darat, laut dan udara,” demikian bunyi poin kesatu surat edaran tersebut.

Poin ke dua mempertegas surat edaran tersebut. Jika poin 1 (satu) tidak dipenuhi, maka yang bersangkutan harus segera kembali dengan biaya sendiri.

Selain mengatur kedatangan WNA dan TKA, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, juga meminta biro perjalanan untuk menunda penjualan paket perjalanan wisata domestik dan luar negeri. Kebijakan ini mulai berlaku 31 Maret 2020 hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian hari jika situasi sudah kondusif.

Selain itu, guna mencegah penyebaran virus corona di daerah, Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasiitas publik, Selasa (31/3/2020). Kegiatan serentak di polres kabupaten/kota itu dibantu oleh personil TNI dari Korem 133/Nani Wartabone, PMI, BPBD, Dinas Satpol PP dan Damkar serta Dinas Sosial.

Beri Komentar