Eropa Mulai Berpaling Dukung Negara Merdeka Palestina

Reporter : Syahid Latif
Senin, 10 November 2014 06:02
Eropa Mulai Berpaling Dukung Negara Merdeka Palestina
Negara Eropa mulai terpengaruh dengan keputusan Swedia yang mengakui kemerdekaan Palestina.

Dream - Pengakuan Palestina sebagai sebuah negara merdeka terus meluas ke seluruh negara. Kali ini sejumlah negara Eropa berpikir untuk memberikan pengakuan yang sama mengikuti langkah Swedia.

Diantara negara-negara Uni Eropa, Swedia termasuk salah satu negara besar di Pulau Biru tersebut.

" Kami tak mungkin menunggu selamanya," ujar salah seorang pejabat senior Uni Eropa sepert dikutip onislam.net dari laman Wall Street Journal, Senin, 10 November 2014.

Pejabat yang tak mau disebutkan namanya ini menyebutkan, sejumlah negara-negara Eropa mulai terpengaruh untuk mengikuti langkah Swedia.

Mengikuti laporan media Amerika Serikat (AS), sejumlah pejabat senior AS dan Eropa diperkirakan bakal mengakui kemerdekaan Palestina. Pengakuan ini diberikan mesti pembicaraan damai diantara kedua pihak menemui jalan buntu.

Ancama bagi Israel yang mulai menghadapi tekanan dunia ini semakin besar usai Swedia memberikan pengakuan Palestina sebagai negara merdeka pada 30 Oktober lalu. Swedia menjadi negara pertama yang Eropa Barat yang melakukan hal tersebut.

Keputusan Swedia ini langsung memancing reaksi keras dari Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman yang menuding keputusan ini menyedihkan karena memperkuat para ekstrimis dan kalangan penolak Palestina.

Untuk diketahui, Isreal baru terbentuk pada 15 Mei 1948 di tanah yang semula milik Palestina. Akhir 1967, pecah perang Timur Tengah dimana Israel menyerang Palestina dan meluas ke kawasan Sinai mesir dan Dataran Tinggi Golan milik Suriah.

Beri Komentar