Format dan Alur Debat Pilpres Nanti Malam, Akan Ada yang Berbeda?

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 30 Maret 2019 17:16
Format dan Alur Debat Pilpres Nanti Malam, Akan Ada yang Berbeda?
Ini yang membedakan debat nanti malam dengan debat sebelumnya.

Dream - Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) nanti malam, Sabtu, 30 Maret 2019, akan digelar di Hotel Shangri-La Jakarta Pusat. Tema debat keempat yang menghadirkan dua pasang calon ini akan membahas tentang Ideologi, Pertahanan dan Keamanan, Pemerintahan, serta Hubungan Internasional.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut, secara umum, mekanisme dan aturan debat keempat ini sama dengan debat sebelumnya.

" Untuk debat keempat, format dan mekanisme sama dengan debat ketiga," ujar Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, kepada Liputan6.com, Sabtu, 30 Maret 2019.

Sesi pertama debat akan diisi pemaparan visi, misi, dan program masing-masing calon. Setelah itu, di sesi dua dan tiga, masing-masing calon akan melakukan pendalaman visi, misi, dan program melalui pertanyaan yang diajukan moderator.

" Pertanyaan itu sudah dibuat oleh penelis. Jadi pendalaman visi, misi, program melalui pertanyaan panelis itu ada di sesi dua dan tiga," kata dia.

Sementara itu, sesi empat dan lima debat kali ini akan sedikit berbeda. Moderator akan memberi kesempatan kedua kandidat untuk saling bertanya dan menjawab. Setiap sesi tanya-jawab, moderator akan memberi waktu delapan menit.

1 dari 2 halaman

Pembagian Waktu

Dari waktu tersebut, Jokowi dan Prabowo akan kebagian waktu, masing-masing empat menit.

" Dengan pengaturan waktu ini, kedua calon mendapat alokasi waktu yang sama, dan prinsip keadilan dapat diterapkan dalam debat keempat ini," ujar dia.

Debat keempat ini hanya diikuti kandidat capres. Jokowi dan Prabowo akan mengadu gagasan mengenai tema ideologi, pemerintahan, pertahanan, dan keamanan, serta internasional.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

2 dari 2 halaman

Livestreaming Debat Pilpres Keempat

Sahabat Dream bisa menyaksikan jalannya debat keempat Pilpres 2019 antara Jokowi dan Prabowo dalam live streaming di Liputan6.com pada Sabtu 30 Maret 2019 mulai pukul 19.30 WIB di tautan ini atau di bawah ini:

Beri Komentar