Heboh Wajib Lolos Ujian Jika Ingin Perceraian Dikabulkan

Reporter : Ratih Wulan
Jumat, 6 Oktober 2017 09:02
Heboh Wajib Lolos Ujian Jika Ingin Perceraian Dikabulkan
Jangan harap bisa cerai kalau masih bisa menjawab pertanyaan hakim dengan benar.

Dream - Pengadilan di Yibin, China, punya cara unik untuk menekan angka perceraian. Pengadilan ini menerapkan ujian yang harus ditempuh oleh masing-masing pasangan jika ingin bercerai.  

Metode ini digagas oleh Hakim Mahkamah Penduduk Yibin, Wang Shiyu. Dia menyusun metode itu berdasarkan hasil surveinya yang menunjukkan tingginya minat keluarga di Yibin untuk bercerai. 

Dilaporkan CGTN, Shiyu ingin agar masing-masing pasangan berpikir dua kali sebelum bercerai. Selain itu, dia berharap para pasangan dapat mengingat kembali masa-masa indah mereka. 

 Shutterstock© dream.co.id

" Tujuan kami adalah untuk mengetahui status pasangan sebenarnya. Mereka mungkin juga bisa menilai diri mereka sendiri dan mempertimbangkan pasangan mereka. Setelah menjalani ujian ini, mereka diharapkan bisa berpikir lebih rasional," kata Shiyu.

Shiyu mengatakan akibat populasi penduduk Yibin lebih dari satu juta jiwa, pengadilan harus menerima ratusan gugatan perceraian setiap tahun.

" Itu adalah persentase yang sangat besar karena saya juga memiliki keluarga dan anak-anak," katanya.

Saat menangani kasus perceraian, lanjut Shiyu, dia tidak mau pasangan terburu-buru memutuskan bercerai.

1 dari 2 halaman

Soal-Soal yang Ditanyakan

Soal-soal yang diujikan meliputi beberapa pertanyaan dasar seperti tanggal lahir anggota keluarga, makanan favorit masing-masing, tanggal hari jadi perkawinan, serta pertanyaan mendalam seperti 'Apakah tanggung jawab Anda dalam keluarga?'

Sebelum bercerai, pasangan juga harus menjawab soal-soal kuesioner seperti 'Apa perilaku buruk dan baik yang Anda lakukan sejak menikah?', serta 'Apa artinya perkawinan dan keluarga bagi Anda?'.

Setelah pasangan itu menyerahkan jawaban mereka, Shiyu akan membacanya dan memberikan nilai. Meskipun demikian, tidak ada yang tahu kriteria apa yang digunakan untuk memeriksa jawaban dan Shiyu menolak untuk mengungkapkannya.

 

2 dari 2 halaman

Nilai Layak Cerai

Masing-masing pasangan diwajibkan menjawab sejumlah pertanyaan yang sudah disusun Shiyu secara terpisah. Jika nilai yang diraih kurang dari 60, permohonan cerai segera dikabulkan.

Tetapi, apabila nilai yang didapat lebih dari 60, Shiyu memerintahkan pasangan suami istri untuk mempertahankan pernikahan mereka. Pasangan yang bersangkutan harus menerima putusan meski tidak sesuai harapan.

Berita tentang ujian perceraian tersebut menjadi viral di kalangan pengguna media sosial China. Kabar tersebut mendapat banyak tanggapan dari masyarakat, termasuk mereka yang memuji niat baik Shiyu untuk menurunkan angka perceraian di Yibin.

Meski demikian, ada juga yang mengkritik Shiyu karena sebagai hakim dia tidak bisa mencampuri urusan pribadi pasangan. Dalam kasus perceraian, seorang hakim hanya mengurus masalah hak asuh anak dan tunjangan.

Beri Komentar