Ilusi Optik Legendaris Ini Bisa Tunjukan Usiamu, Katakan Apa yang Kamu Lihat?

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 26 September 2018 10:01
Ilusi Optik Legendaris Ini Bisa Tunjukan Usiamu, Katakan Apa yang Kamu Lihat?
Apa yang kamu lihat? Wanita muda atau tua?

Dream - Gambar " My Wife and My Mother in Law" merupakan salah satu ilusi optik terkenal di dunia.

Lewat gambar itu kamu dapat menemukan satu perspektif dari dua kemungkinan yang berbeda. Gambar seorang wanita muda atau gambar wanita tua.

Rupanya, menurut sebuah penelitian dari riset yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, apa yang kita lihat pertama kali di gambar itu menunjukan usia kita.

 Ilusi Optik

Dalam riset oleh dua profesor psikologi dari Australia itu ditemukan kesimpulan jika orang muda akan melihat perempuan muda lebih dahulu di gambar tersebut. Baru dia akan menyadari jika ada sosok perempuan tua.

Begitu pula sebaliknya. Menurut salah seorang peneliti, Mike Nicholls, saat melihat gambar itu pertama kali profil wanita yang kamu temukan adalah yang lebih dekat dengan usiamu.

" Apa yang kami temukan adalah orang muda cenderung untuk melihat perempuan muda pada gambar, sementara orang yang lebih tua lebih cenderung melihat perempuan tua di gambar," ujarnya dikutip dari sciencealert.com.

1 dari 1 halaman

Hasil Dari Riset 393 Peserta

Temuan itu diperoleh dari riset analisis terhadap 393 peserta, yang terdiri atas 242 pria dan 141 perempuan. Mereka memiliki rentan usia 18 hingga 68 tahun.

Para peserta diperlihatkan gambar " My Wife and My Mother in Law" selama setengah detik. Mereka kemudian diminta menjawab jenis kelamin serta usia orang yang mereka temukan dalam gambar.

Dari sini ditemukan bahwa sebagian peserta melihat perempuan muda pada gambar ilusi optik tersebut.

Namun, ketika peneliti memisahkan hasil penglihatan 10 persen orang tertua dan 10 persen orang termuda dalam riset, ditemukan bahwa kelompok orang tertua melihat perempuan tua baru kemudian perempuan muda.

 Ilusi Optik

Kalau kamu apa yang kamu lihat? seorang wanita muda yang sedang berpaling, atau profil wanita tua yang menatap ke sisi kiri gambar?

(Sumber: sciencealert.com)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary