Jokowi: Semoga Allah Segara Angkat Covid-19 dari Bumi

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Sabtu, 26 September 2020 14:30
Jokowi: Semoga Allah Segara Angkat Covid-19 dari Bumi
"Kita juga tidak boleh melupakan zikir, istighfar, taubat kepada Allah Subhana Wa Ta'ala," ujar Jokowi.

Dream - Presiden Joko Widod atau Jokowi membuka Muktamar IV PP Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) tahun 2020.

Dalam acara itu, Jokowi menyatakan eksistensi pandemi Covid-19 masih nyata. Karenanya dia meminta kepada seluruh masyarakat agar terus berdoa agar bala tersebut lekas diangkat dari muka bumi.

" Kita juga tidak boleh melupakan zikir, istighfar, taubat kepada Allah Subhana Wa Ta'ala," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, disiarkan daring pada Sabtu 26 September 2020.

Mengingat pandemi ini juga berdampak kepada sektor ekonomi, Jokowi mengingatkan masyarakat fakir miskin di Indonesia menjadi makin kesulitan. Karenanya, dia ingin siapa pun yang masih merasa berkecukupan untuk dapat membantu sesama.

" Perbanyak infaq dan sedekah karena banyak saudara saudara kita yang memang perlu dibantu di tengah kesulitan ya kita hadapi," harap Jokowi.

1 dari 3 halaman

Doa Jokowi

Menutup kata sambutannya, Jokowi mengajak bangsa Indonesia berdoa agar semua masyarakat Indonesia dapat terus diberikan nikmat sehat.

" Semoga Allah Subhana Wa Ta'ala segera mengangkat wabah Covid dari bumi Indonesia, semoga Allah selalu melindungi dan memberikan keselamatan kepada rakyat bangsa dan negara kita," Jokowi menandasi.

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Jokowi: Kementerian Jangan Buat Program Sendiri-sendiri

Dream - Presiden Joko Widodo meminta para menterinya saling bekerja sama dalam mengatasi kemiskinan. Dia melarang para menteri membuat program sendiri-sendiri yang terpisah satu dengan lainnya.

" Semua kementerian jangan membuat program sendiri-sendiri, yang lepas-lepas, tidak terintegrasi dan tidak terpadu, sehingga outcome-nya, hasilnya tidak terlihat," kata Jokowi saat rapat terbatas secara virtual, dikutip dari Merdeka.com.

Dia menegaskan program antar-kementerian harus benar-benar terintegrasi. Jokowi menyebut sudah ada kementerian yang punya program terintegrasi dalam penanganan kemiskinan.

3 dari 3 halaman

Contohnya

Dia mencontohkan Kementerian Desa sudah membuat program guna memastikan dana desa digunakan masyarakat. Lalu Kementerian PUPR fokus mengurusi infrastruktur desa.

" Kementerian Perhubungan konektivitasnya, Kementerian Sosial penanganan sosial untuk warga yang tidak mampu, saya kira UMKM sektor usaha-usaha mikro banyak sekali yang bisa dilakukan terintegrasi," kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi meminta para kementerian menjalankan program dengan strategi bersama. Ini agar hasilnya terlihat.

" Tetapi kalau ini lepas-lepas hasilnya enggak kelihatan. Oleh sebab itu, semuanya dijalani dengan strategi besar yang solid dan terintegrasi," ucap Jokowi.

Sumber: Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin.

Beri Komentar