Jokowi Singgung Film Cast Away untuk Hadapi Tantangan Global

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 1 Desember 2019 06:00
Jokowi Singgung Film Cast Away untuk Hadapi Tantangan Global
Mengapa memilih Cast Away?

Dream - Jokowi menyinggung film yang dibintangi Tom Hanks, Cast Away. Jokowi menyinggung Cast Away dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia 2019 bertema Sinergi, Transformasi, Inovasi: Menuju Indonesia Maju di Lotte Avenue, Jakarta, Kamis 28 November 2019.

Jokowi kembali mengunggah potongan pidato tersebut di Twitter pribadinya. Film yang bercerita mengenai penyintas pesawat yang jatuh ke laut dan harus hidup sendirian selama bertahun-tahun di sebuah pulau terpencil.

" Menghadapi ketidakpastian global, kita patut berkaca pada film Cast Away, tentang Chuck Noland, penumpang pesawat kargo yang jatuh di Samudra Pasifik. Ia selamat tapi terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Chuck berhasil menyikapi ketidakpastian di pulau itu. Caranya?" tulis Jokowi, diakses Jumat, 29 November 2019.

Jokowi mengatakan, ada sejumlah cara untuk menanggulangi masalah ini. Pertama, bertahan di tengah kesulitan yang menimpa. Ke dua, mencari sumber baru yang dapat mendukung upaya untuk tetap bertahan.

1 dari 4 halaman

" Ke tiga, tetap optimistis dalam menghadapi berbagai tekanan. Tekanan eksternal ini memang tidak mudah, tapi kita bisa melaluinya," ujar dia.

Dia menjelaskan, dalam film tersebut sang pemeran utama betul-betul sendirian sehingga harus membuat orang-orangan dari bola voli untuk dijadikan teman mengobrol.

" Apa yang ingin saya sampaikan di sini bahwa kita harus bersyukur negara kita masih diberi pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen," kata dia.

Bukan kali ini saja Jokowi menggunakan analogi film dalam pidatonya. Saat setahun lalu, di annual meeting IMF di Bali, dia menyinggung kondisi ekonomi global yang mengerikan seperti di serial HBO, Game of Throne, `Winter is Coming`.

2 dari 4 halaman

Pidato Jokowi Sebut Game of Thrones, Bos IMF Sampai Terpukau

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai cara unik untuk menggambarkan situasi global. Mantan walikota Solo menggambarkannya dengan serial televise drama “ Game of Thrones”.

“ Hubungan negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti Game of Throne, balance of power, dan aliansi antara negara ekonomi maju, seperti mengalami keretakan. Lemahnya koordinasi terjadi banyak masalah, seperti peningkatan harga minyak, kekacauan mata uang dialami negara berkembang,” kata dia dalam serial “ Plenary Session AM IMF-WBG 2018” di Bali, dilansir dari Merdeka.com, Jumat 12 Oktober 2018.

Jokowi mengatakan di serial ini, terjadi pertarungan dan perebutan kekuasaan antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. Pertarungan ini membuat mereka lupa dengan ancaman serius yang sedang membayang.

" Setelahnya keluarga yang satu menjatuhkan yang lainnya. Namun yang mereka lupa, mereka tidak tahu ancaman besar dari utara," kata dia.

Lalu, Jokowi mengajak para pemangku kebijakan di seluruh dunia untuk bekerja sama untuk memperbaiki situasi global yang dilanda ketidakpastian. Mantan walikota Solo ini mengatakan ancaman global yang besar hanya bisa ditanggulangi jika bekerja sama.

" Tahun depan kita akan saksikan season terakhir Game of Thrones. Saya bisa perkirakan bagaimana akhir ceritanya. Saya yakin ceritanya akan ada pesan moral konfrontasi dan perselisihan akan menyebabkan penderitaan. Tidak ada artinya kemenangan di tengah kehancuran,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Bos IMF Sampai Terpukau

Pidato Jokowi ini menuai banyak pujian dari berbagai pihak. Managing Director International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde, memberikan acungan jempol kepada Jokowi.

“ Saya ingin berterima kasih pada Jokowi karena menaikkan standar dalam memberi pidato yang hebat dan meyakinkan. Wow,” kata Lagarde di Bali, dilansir dari Liputan6.com.

Ada juga pujian dari Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol. Swartbol mengatakan pidato Jokowi sangat kuat, terutama untuk melawan perang dagang di forum internasional.

“ Pidato yang sangat kuat dari Presiden Indonesia, @jokowi melawan #TradeWars, yang mendukung kerja sama internasional. ‘Kami tahu bagaimana #GameofThrones akan berakhir – tak ada keuntungan bagi yang menang maupun kalah’. Tepuk tangan sambil berdiri di untuk sesi #IMFWBAnnualMeeting2018,” cuit Swartbol di akun Twitternya @robswartbol.

 

 

Pujian lainnya juga berasal dari Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus A. Kristensen. Di akun Twitternya, @DubesDenmark, Kristensen menyebut pidato Jokowi menggambarkan hubungan ekonomi negara maju seperti film Game of Thrones.

“ Presiden @jokowi menekankan pembukaan #AM2018Bali: Hubungan antara (negara) perekonomian maju seperti Game of Thrones dan ‘Winter is Coming’! #AMBali2018 #Jokowi #GameofThrones @WorldBank @BankDunia,” cuit Kristensen.

 

 

(Sumber: Liputan6.com/Tommy Kurnia)

4 dari 4 halaman

Pidato Jokowi Juga Gegerkan Jagat Twitter

Pidato Jokowi ini juga membuat warganet Twitter gempar. Pada pukul 15.12, tagar #GameofThrones merajai daftar Trending Topic di Twitter. Ada warganet yang memuji cara mantan gubernur DKI Jakarta ini berpidato.

“ Referensi-referensi yang digunakan Presiden @jokowi seperti #Avengers dengan #Thanos dan sekarang #GameofThrones sesungguhnya dapat membuat pidato beliau dapat dipahami oleh masyarakat awam yang juga menonton keduanya,” cuit @DamayantiIrsani.

“ Pidatonya unik dan diakui oleh pemimpin lain #GameOfThrones,” cuit @KamaluddinAl.

Ada juga yang “ kecele” dengan pidatonya.

“ Tak pikir ada bocoran info apa #GameOfThrones jadi TT (Trending Topic), eh, taunya... Keren!” cuit @arkho_13m.

Beri Komentar