Tukang Bakso Ludahi Mangkuk Pembeli Tertangkap, Akui Amalkan Ilmu Penglaris

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 26 Juni 2020 17:00
Tukang Bakso Ludahi Mangkuk Pembeli Tertangkap, Akui Amalkan Ilmu Penglaris
Ternyata mangkok warna putih miliknya telah diludahi oleh sang pedagang.

Dream - Pedagang bakso keliling yang viral di sosial media karena meludahi makanan sebelum diberikan kepada pembeli telah diamankan aparat Polsek Kembangan, Jakarta Barat. Kepada polisi, pedagang tersebut mengaku melakukan tindakan itu sebagai bagian dari ritual agar baksonya laris atau penglaris.  

Sebelumnya, video pedagang bakso itu viral setelah tertangkap rekaman kamera CCTV di wilayah Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.  Video tersebut salah satunya diunggah akun Instagram @makassar_iinfo.

Pada awalnya, seorang ibu rumah tangga warga Meruya Selatan sengaja membeli bakso dari tukang pikul keliling. Ia teketuk hatinya karena ingin sekedar membantu dagangannya.

Ibu yang tak disebutkan namanya tersebut membeli semangkok bakso dari penjual tersebut. Tukang bakso menunggu tepat di depan kediaman seorang ibu yang terdengar memiliki logat Jawa tersebut.

1 dari 5 halaman

Curiga Gerak Gerik Pedagang

Cukup lama hingga ibu tersebut merasa curiga dengan gerak gerik sang penjual bakso pikul. Melalui video terdengar mengobrol dengan keluarga dan rekannya, dia sempat mengajak tukang bakso berbicara.

Saat diajak berbincang, penjual bakso seolah tengah menuangkan minyak dari botol, dan membuka panci berisikan baksonya.

" Kiek aku lagi ngomong," ujar ibu rumah tangga tersebut menceritakan pada keluarganya yang ikut menonton, dilansir dari akun Instagram @makassar_iinfo.

2 dari 5 halaman

Terekam Meludahi Mangkok

Korban semakin curiga dengan keanehan sikap yang ditunjukkan, lalu dia melihat rekaman dari kamera CCTV pada Senin 22 Juni 2020 sore. Ternyata mangkok warna putih miliknya telah diludahi oleh sang pedagang.

Nampak jelas usai si ibu masuk ke dalam rumah, gelagat bapak tukang bakso pikul meludahi dan melanjutkan racikannya dengan cukup lama.
" Tapi iki sing diludahi mangkok e," tegas ibu itu.

3 dari 5 halaman

Takut Menegur dan Memilih Membuang

Sayangnya korban merasa takut untuk menegur akhirnya memilih untuk membuang bakso yang sudah dibelinya. Kemudian mencuci mangkoknya dengan sangat bersih.

Tindakan dari tukang bakso pikul ini bisa memicu pandangan negatif masyarakat lain, yang hendak membantu perekonomian para pedagang kelas bawah.

4 dari 5 halaman

Amalan untuk Penglaris Bakso

Setelah video tersebut menjadi viral, tukang bakso yang meludahi makanan untuk pembelinya itu berhasil ditangkap aparat Polsek Kembangan. Penjual bakso itu diketahui bernama Windra Suherman (21) dan tengah menjalani pemeriksaan polisi.

Windra sehari-sehari menjajakan dagangan dari sekolah Al-Azhar Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan Jakarta Barat sampai dengan Komplek Kehutanan Greenville, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

" Dia (pelaku) sudah berjualan sejak tahun 2019," kata Kapolsek Kembangan Kompol Imam Irawan dalam keterangan tertulis, Jumat, 26/ Juni 2020.

Kepada polisi, Windra mengaku sebagai sosok tukang baksi dalam video viral tersebut. Imam menambahkan, penjual bakso itu juga telah mengakui telah meludahi mangkok bakso pesanan pembeli yang terekam CCTV pada hari Senin tanggal 22 Juni 2020 sekitar jam 17.53 WIB di Komplek Unilever Meruya Selatan, Kembangan.

 

5 dari 5 halaman

Dapat Ilmu dari `Guru` di Garut

Dalam keterangannya, Windra sengaja meludahi mangkok sebagai salah satu amalan yang harus dilakukan agar dagangan baksonya laris pembeli.

" Pertama pelaku setelah memasukkan bumbu untuk bakso yang disajikan kemudian meludahi mangkok bakso tersebut dan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim, La haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil azh?mim (Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)," kata Imam.

Setelah membaca amalan penglaris tersebut, pelaku menuangkan kuah dan bakso ke dalam mangkok sesuai dengan pesanan. " Pelaku meludahi mangkok bakso tersebut sesuai dengan ajaran yang dipelajari dari gurunya," Imam menambahkan.

Imam menerangkan, ilmu itu dipelajari dari sang guru bernama Joko di Garut Singaparna. Sejak kembali seminggu lalu, Windra rutin menunaikan amalan tersebut.

" Pelaku melakukan amalan dengan cara meludahkan air liur ke dalam mangkok bakso untuk laku dagangan baksonya," tandas dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)