Keluarga Gelar Tahlilan BJ Habibie Selama 40 Hari Mulai Malam Ini

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 12 September 2019 18:01
Keluarga Gelar Tahlilan BJ Habibie Selama 40 Hari Mulai Malam Ini
Tahlilan yang sama digelar juga saat meninggalnya Ainun.

Dream - Putra sulung Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Ilham Habibie mengatakan, pihak keluarga akan menggelar tahlilan mendiang ayahnya selama 40 hari di kediamannya di kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan.

" Mungkin sampai empat puluh hari ke depan setiap hari akan tahlilan," ujar Ilham di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019.

Ilham mengatakan tahlilan selama 40 hari berturut-turut juga pernah dilakukan keluarganya saat mendiang ibunda, Ainun Habibie wafat pada 2010 lalu.

" Jadi ini seperti meng-copy pada saat Ibu wafat dulu. waktu itu juga tiap hari sampai dengan hari keempat puluh itu setiap hari tahlilan," ucap dia.

Komisaris PT Bank Muamalat Indonesia ini mengatakan, tahlilan dijadwalkan dimulai pada malam ini, Rabu, 12 September 2019.

" Ya malam ini ada tahlilan dan saya kira hari-hari ke depan juga tahlilan," ucap dia.

1 dari 5 halaman

Ilham Habibie Ceritkan Cinta Suci Habibie-Ainun yang Jarang Terungkap

Dream - Ilham Akbar Habibie, putra sulung mendiang Bacharuddin Jusuf Habibie dan Ainun Habibie mengaku lega sang ayah akhirnya bisa mewujudkan mimpi yang sudah 9 tahun terakhir diidamkannya.

Menurut Ilham, sejak sang ibunda, Hasri Ainun Habibie wafat 9 tahun yang lampau, BJ Habibie selalu mengidamkan-idamkan bisa bersatu di akhirat bersama istri tercintanya.

" Ini yang menenangkan kita dalam duka ini. Mereka sekarang bisa bersatu. Bersatu dalam akhirat, sesuatu hal yang didamba-dambakan oleh bapak semenjak ibu wafat," ujar Ilham saat memberikan sambutan di acara pemakaman BJ Habibie, di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis, 12 September 2019.

Ilham menceritakan, hampir setiap hari BJ Habibie selalu menggelar tahlilan untuk istrinya. Sementara di hari Jumat, Habibie selalu meluangkan waktu untuk berdoa di makam Ainun Habibie.

Bahkan hingga akhir hidupnya, Habibie tak pernah mau jauh dari sang istri.

" Sampai wafat, yang sekarang pun dikuburkan di sebelah ibu. Insyaallah mudah-mudahan mereka untuk selamanya bersama berdua di sisi Allah SWT, di surga di akhirta di alam baka," kata dia.

 

2 dari 5 halaman

BJ Habibie yang Selalu Ajarkan Cinta

Selama hidupnya, Putra Sulung Habibie tersebut mengatakan jika sang ayah senantiasa mengajarkan cinta di dalam keluarganya. Tak hanya pada pasangan, cinta juga ditunjukan kepada sanak saudara, negara dan bangsa, serta pada dunia.

" Cinta seluas-luasanya, itulah Bapak Habibie. Namanya Habibie yang artinya dicintai dan mencintai," ujar Ilham.

Pemakaman hari ini mengingatkan keluarga pada proses yang sama saat Habibie mengantarkan istri tercintanya ke tempat peristirahatan terakhir. Ilham mengaku turut merasakan kekhidmatan upacara pemakaman seperti dirasakannya 9 tahun yang lalu.

" Ini adalah sesuatu yang bisa kita berikan kepada bapak dan ibu dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Adelle Terbang ke Indonesia untuk Hadiri Pemakaman Habibie

Dream - Tak hanya rakyat Indonesia yang merasa kehilangan atas meninggalnya Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Rasa duka juga dirasakan warga negara lain.

Adelle, mahasiswa S3 jurusan Sosial Sains Deakin University, rela terbang langsung dari Australia untuk menghadiri prosesi pemakaman Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

" Saya tahu karyanya (Habibie). Dia sangat bagus, pintar. Saya mengagumi beliau, dia pintar dan humble," ujar Adelle di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019.

Adelle mengaku tahu kabar meninggalnya Bapak Teknologi Indonesia itu melalui televisi.

 Adelle

Mahasiswa doktoral Australia melayat ke makam Habibie (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi`an)

" Saya datang ke sini menghormati Pak Habibie. Saya nonton Pak Jokowi dengan Habibie berkomunikasi, dia masih punya pengaruh untuk presiden sekarang," kata dia.

Selain itu, Adelle juga mengaku mengenal putri almarhum Presiden ke-4 Indonesia, Abdurahman Wahid atau Gus Dur.

" Saya belajar juga tentang kepresidenan, kenal Habibie dari membaca. Saya sudah bicara dengan Yenny Wahid, sehari sebelum Pak Habibie meninggal," kata dia.

4 dari 5 halaman

Tiap Jumat, BJ Habibie Habiskan 2 Jam di Makam Ibu Ainun

Dream - Kecintaan almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie terhadap mendiang istrinya, Ainun, sudah tidak diragukan. Petugas Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Saudi, menjadi saksi kesetiaan Habibie pada Ainun.

" Pak Habibie ini sangat ramah orangnya. Setiap Jumat biasanya datang ke makam Ibu Ainun," ujar Saudi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 12 September 2019.

Dia mengatakan, Habibie bisa menghabiskan waktu hingga dua jam ketika mengunjungi makan Ainun. Biasanya datang sekitar jam 08.00 WIB, hampir dua jam lah. Biasanya tahlilal, doa dan tabur bunga," ucap dia.

Saudi juga bercerita, ketika Ainun baru meninggal pada 2010, Bapak Teknologi Indonesia itu rutin setiap hari berkunjung ke makam istrinya selama 100 hari pertama.

" Setelah 100 hari pertama, baru satu minggu sekali setiap hari Jumat," kata dia.

Setiap ziarah ke makam istrinya, Habibie biasanya membawa bunga melati untuk ditabur dan bunga sedap malam untuk disimpan di pot.

" Pak Habibie juga selalu mengalungkan tasbih di nisan ibu Ainun," ucap dia.

5 dari 5 halaman

Melihat Lebih Dekat Pusara BJ Habibie di Samping Makam Ainun

Dream - Jenazaah BJ Habibie dijadwalkan akan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 13.30 WIB.

Pusara Presiden Indonesia ke-3, yang bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie, tersebut saat ini sudah disiapkan di samping makam almarhum istri tercinta, Ainun Habibie, di Kavling 120.

 Pusara Habibie

Tenda berwarna putih pun sudah disiapkan di area pusara Bapak Teknologi Indonesia itu.

Selain itu, anggota TNI dan Polri juga tengah melakukan gladi resik persiapan upacara pemakaman yang dilakukan secara militer.

 Pusara

Saat ini, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah memberi batas garis kuning di area pemakaman untuk membatasi orang masuk.

Sejumlah masyarakat juga sudah mulai masuk ke area TMP Kalibata, untuk menyaksikan prosesi pemakaman BJ Habibie.

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri