Keluarga Sempat Meragukan Jenazah Kapten Afwan, Ini Alasannya

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Sabtu, 30 Januari 2021 16:36
Keluarga Sempat Meragukan Jenazah Kapten Afwan, Ini Alasannya
Sempat ada keraguan di keluarga saat tim DVI Polri mengabarkan Kapten Afwan sudah teridentifikasi.

Dream - Jenazah Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air SJ-182, berhasil diidentifikasi. Sempat ada keraguan di keluarga saat tim DVI Polri mengabarkan kepada keluarga pilot ini, Jumat 28 Januari 2021.

“ Kami dengar kabar kalau sudah terindentifikasi itu tadi siang jam 1-an. Tapi baru dipastikan lagi sekitar jam setengah enam sore tadi,” kata Azis Indra, adik sepupu Kapten Afwan, Jumat.

Dengan dipastikannya itu benar jenazah Kapten Afwan, keluarga pun bersyukur masih bisa memberi penghormatan terakhir, sekaligus memakamkannya tidak jauh dari kediaman.

“ Sebelumnya kami sudah ikhlas atas kejadin itu (pesawat jatuh). Sekarang Alhamdulillah sudah ditemukan dan terindentifikasi. Insha Allah Sabtu siang dimakamkan,” kata Azis, Jumat 29 Januari 2021.

Namun, belum diketahui apakah jenazah Kapten Afwan ditemukan utuh atau tidak.

1 dari 5 halaman

Jadwal Pemakaman Kapten Afwan

Rencananya, Kapten Afwan akan dimakamankan di Taman Makam Pahlawan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong.

Dilansir dari pojoksatu.id, Sabtu 30 Januari 2021, prosesi pemakaman dijadwalkan berlangsung pukul 12.15 WIB di Jalan Taman Makam Pahlawan Pondok Rajeg, Cibinong.

Sebelum itu, ada proses serah terima jenazah dari tim Sriwijaya Air dan perwakilan keluarga tiba di Post Mortem Area, Gedung Forensik RS Polri Kramat Jati sekitar pukul 08.30 WIB.

 

2 dari 5 halaman

Kemudian pada pukul 09.00 WIB, di tempat yang sama, dilakukan penandatanganan sertifikat kematian dan serah jenazah. Lalu, pada pukul 10.00 WIB, jenazah diberangkatkan ke rumah duka di Perumahan Bumi Cibinong Endah Blok A3 Nomor 10, Kecamatan Cibinong, menggunakan satu mobil keluarga, ambulans dan voorijder dan diperkirakan tiba pukul 11.10 WIB.

Setelahnya, ada jadwal sambutan dari beberapa pihak tetap dilakukan. Seperti sambutan Bupati Bogor Ade Yasin dan perwakilan Sriwijaya Air sekitar 20 menit setelah jenazah tiba.

Setelah pemberian sambutan, jenazah dibawa ke Masjid Ad-Daulah untuk disolatkan pukul 11.40 WIB. Kemudian, pukul 12.00 WIB, mobil jenazah dan keluarga bertolak menuju lokasi pemakaman.

Kemudian pada pukul 12.15 WIB prosesi pemakaman dilakukan, dilanjutkan dengan proses doa dan tabur bunga.

Sumber: pojoksatu.id

 

3 dari 5 halaman

Viral Video Tausiyah Pilot Sriwijaya Air Kapten Afwan, Isinya Bikin Terenyuh

Dream - Video yang memperlihatkan Kapten Afwan semasa hidup semakin menggambarkan sosoknya yang dikenal religius. Nama Kapten Afwan jadi perhatian setelah diketahui menjadi pilot dalam penerbangan Sriwijaya Air dengan kode penerbangan SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu akhir pekan kemarin.  

Kali ini laman sosial media kembali diperlihatkan sosok Captain Afwan yang sedang mengisi sebuah acara. Video rekaman singkat itu diunggah ulang oleh akun Instagram @makassar_iinfo pada Senin, 11 Januari 2021.

Dalam rekaman terlihat sosok pilot Sriwijaya Air itu mengenakan peci putih yang telah menjadi ciri khasnya. Penampilan khas itu dilengkapi sarung motif kotak warna hitam dan baju koko biru tua.

Ia tengah duduk di lantai dengan alas karpet, sementara di depannya banyak hidangan. Video tersebut diambil saat Kapten Afwan tengah mengisi tausiyah di rumahnya yang dilaksanakan pada 27 Januari 2020 lalu.

4 dari 5 halaman

Taat dalam Beragama

Kapten Afwan memang dikenal sebagai sosok pilot religius. Dalam tausiyahnya di video tersebut, Kapten Afwan menyinggung soal kewajiban manusia berbuat kebaikan yang akan menjadi salah satu jalannya menuju surga Allah SWT.

" Untuk mencari kebaikan, kebaikan untuk menggapai surga-Nya Allah. Sudah disediakan oleh Allah SWT, besarnya surga itu adalah langit dan bumi bagi orang-orang yang muttaqin," kata Kapten Afwan.

Ia menjelaskan muttaqin yaitu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan Nya. Mutaqqin juga disebutkan adalah orang-orang yang menginfaqan hartanya pada saat senang maupun sulit.

5 dari 5 halaman

Netizen Langsung Mendoakan

Video tersebut mencuri perhatian netizen dan beramai-ramai memanjatkan doa untuk Kapten Afwan.

" Masya Allah..semoga beliau ditempatkan di surga tertinggi," kata seorang netizen.

" Kaptennya aja sholeh, Insya Allah seluruh jamaah dibelakangnya pun masuk surga di komandoin sama kapten," timpal yang lain.

" Terbangnya kali ini tinggiiii banget dan insya Allah udah nyampe ke surga Aamiin," balas netizen lainnya.

Beri Komentar