Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rizal Penjual Jalangkote yang Jadi Korban Bully Banjir Bantuan

Rizal Penjual Jalangkote yang Jadi Korban Bully Banjir Bantuan Rizal Menyedot Perhatian Publik Karena Ketabahannya Menghadapi Bully-an (Instagram@makassar_iinfo)

Dream - Kasus bully yang dialami Rizal, bocah 12 tahun penjual jalangkote di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, membuat masyarakat geram. Masih ada orang tega mengganggu anak-anak yang sedang membantu orangtuanya mencari nafkah.

Tapi hebatnya, Rizal sangat tabah menghadapi perundungan. Dia sempat melawan namun tak sebanding dengan perlakuan jahat yang diterimanya.

Bahkan kasus ini juga mendapatkan perhatian langsung dari ajudan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Rizky Irmansyah. Para pelaku sudah ditangkap polisi.

Simpati terus berdatangan kepada Rizal. Kini, Rizal mengalami keajaiban hidup dari kebaikan orang-orang peduli padanya.

 

Terima Sembako dan Sepeda Baru

Rizal mendapatkan berbagai bantuan dari banyak pihak. Salah satunya sembako, seperti terlihat dalam unggahan akun Instagram @ndorobeii.

"Adik kita Rizal yang jadi korban bullying dan memberikan sedikit bantuan berupa paket sembako," tulis akun sebagai keterangan.

Tak hanya sembako, Rizal juga mendapat sepeda baru. Bocah 12 tahun itu tampak tersenyum bahagia.

"Dan sepeda baru," pungkas akun @ndorobeii.

Momen lain menunjukkan sejumlah anggota TNI turut memberikan perhatian untuk Rizal. Mereka turut memberikan sebuah sepeda baru serta mendoakan bocah malang itu.

Momen haru tersebut terekam dalam sebuah potret yang diunggah oleh akun Instagram @info.tni.

"Semoga kelak adek kita rizal bisa menjadi TNI. Terimakasih kepada jajaran kodim 1421 Pangkep yang telah memperhatikan dan peduli terhadap adik kita yang kelak menjadi generasi penerus bangsa ini," tulis keterangan akun.

 

Dapat Bantuan Warga Sampai Diundang Gubernur Sulses

Selain itu, ada warga juga memberikan bantuan dari sisi ekonomi. Terlihat dari momen yang dibagikan oleh Instagram @info.tni, Rizal menerima bantuan uang.

Kebahagiaan dirasakan masyarakat saat memberikan bantuan kepada Rizal. Mereka tampak senang melihat Rizal menghitung langsung bantuan uang yang diterimanya.

Peristiwa bullying yang menimpa Rizal nyatanya juga mendapat sorotan dari Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdulllah. Rizal diundang Nurdin untuk berkunjung ke rumah dinas Gubernur. Momen tersebut terekam di akun Instagram milik Nurdin @nurdin.abdullah.

 

Pelaku Ditangkap

Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Ibrahim Tompo, mengatakan, pihaknya telah mengamankan pelaku bullying terhadap penjual gorengan yang baru-baru ini viral di media sosial di Kelurahan Bonto-Bonto, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Pelaku yang diamankan atas nama Firdaus, 26 tahun, dan temannya yang terlihat dalam video tersebut.

"Mengamankan pelaku Firdaus beserta rekan-rekan pelaku. Menghubungi SPKT Polres Pangkep untuk menjemput pelaku bersama rekannya dan diamankan di Mapolres Pangkep," kata Ibrahim.

 

Kronologi Kejadian

Ibrahim menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada Minggu, 17 Mei 2020 sekitar Pukul 17.30 WITA. Saat itu, korban atas nama R (12) menggunakan sepeda berjualan kue jalangkote.

Dia beristirahat di lapangan Bonto-Bonto, ia berkata dengan bahasa Bugis dan bercanda "iya' tolo'na Ma'rang", yang artinya 'Saya Jagoannya Ma'rang'.

Ternyata, celotehan tersebut didengar oleh pelaku Firdaus dan temannya.

"Sehingga pelaku Firdaus, singgah dan berkata 'Magawettu' yang artinya 'ada apa itu?' Tidak lama kemudian Firdaus kembali ke motornya dan tiba-tiba korban mau melipat Plat DD Pelaku. Kejadian direkam oleh teman pelaku atas nama RA," kata Kombes Ibrahim menerangkan.

Kemudian pelaku emosi dan tersinggung, lalu langsung saja memukul bagian belakang korban R dan mendorongnya sampai jatuh ke lapangan. Kejadian tersebut direkam oleh teman pelaku.

"Kejadian direkam oleh teman pelaku atas nama Rasminul Alam," jelasnya," terangnya.

 

Viral Lewat WhatsApp

Video aksi bullying tersebut ternyata diunggah ke grup WhatsApp hingga akhirnya viral di media sosial.

"Kemudian video tersebut diunggah ke grup WA Grup 'CfD Family' oleh RA dan viral di medsos," jelas Ibrahim.

"Selang beberapa jam kemudian pelaku diamankan oleh personel Polsek Marang di Mapolsek Marang dan kemudian dibawa ke Mapolres Pangkep," imbuhnya.

Sumber: Merdeka.com/Billy Adytya

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mensos Risma Ungkap Alasan Tak Pernah Ikut Jokowi Bagikan Bansos Sebelum Pemilu

Mensos Risma Ungkap Alasan Tak Pernah Ikut Jokowi Bagikan Bansos Sebelum Pemilu

Risma mengatakan dirinya turun membagikan bansos jika memang terjadi perselisihan dan menolong orang-orang yang membutuhkan.

Baca Selengkapnya
Niat Berburu Takjil untuk Buka Puasa, Jokowi Malah Nyasar ke Pasar Sayuran, Sedih Pulang dengan Tangan Kosong

Niat Berburu Takjil untuk Buka Puasa, Jokowi Malah Nyasar ke Pasar Sayuran, Sedih Pulang dengan Tangan Kosong

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang ikut dalam rombongan pun antusias ingin membeli takjil di pasar tersebut.

Baca Selengkapnya
Jokowi Ungkap Alasan Bagi-Bagi Bansos Beras di Tahun Pemilu

Jokowi Ungkap Alasan Bagi-Bagi Bansos Beras di Tahun Pemilu

"Kenapa pemerintah memberikan bantuan pangan beras sebulan 10 kg kepada Bapak Ibu semua?" tanya Jokowi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.