CONNECT WITH US!

Konten Dicuri, Pengelola Tempo.co Laporkan 2 Situs Berita

Reporter : Ahmad Baiquni | Jumat, 4 Agustus 2017 18:28
Ilustrasi
Tempo.co berpotensi kehilangan pendapatan iklan dari Google AdSense.

Dream - PT Info Media Digital (IMD) selaku pengelola laman berita Tempo.co melaporkan dua situs berita www.detiklgminews.com dan www.tempo.my.id ke Polda Metro Jaya. Dua laman media tersebut dituduh telah mencuri konten pada laman Tempo.co.

Bagian hukum IMD, Yulianto Sri Wicaksono, mengatakan pihaknya menemukan dua laman tersebut membuat pemberitaan dengan materi sama seperti Tempo. Baik pada penggunaan huruf untuk teks, foto, serta merek dan logo Tempo.

" Hampir 80 persen isi kedua website tersebut berasal dari Tempo.co," ujar Yudi melalui keterangan tertulis diterima Dream, Jumat, 4 Agustus 2017.

Yudi mengatakan pembajakan yang sudah dilakukan pengelola dua laman tersebut telah merugikan IMD. Menurut dia, IMD berpotensi kehilangan pendapatan iklan dari Google AdSense.

Perusahaan, lanjut Yudi, sempat menelusuri pemilik dan pengelola dua laman tersebut. Hasil pencarian itu menemukan dua pihak yang telah melakukan tindak pidana pembajakan yaitu PT Jaringan Langit cq Lembaga Garuda Muda Indonesia selaku pemilik laman www.detiklgminews.com dan Ledi Gunawan selaku pengelola laman www.tempo.my.id.

" Ledi Gunawan selaku admin situs www.tempo.my.id menggunakan merek Tempo sebagai logo dan alamat domainnya tanpa izin dari PT Tempo Inti Media Tbk. selaku pemegang merek 'Tempo Enak Dibaca dan Perlu'," kata Yudi.

IMD merupakan anak usaha dari PT Tempo Inti Media Tbk. Sedangkan merek 'Tempo Enak Dibaca dan Perlu' terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor registrasi IDM000375481 dan dilindungi Undang-undang Merek.

Yudi menegaskan laman www.detiklgminews.com dan www.tempo.my.id telah melanggar Pasal 362 KUHP juncto Pasal 9 UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Laporan ini diterima Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Metro Jaya dengan nomor LP/3661/VIII/2017/PMJ/Dit.Reskrimus. Dalam melayangkan laporan ini, Yudi didampingi Kepala Divisi Sistem Information Management Handy Dharmawan dan redaktur Tempo.co Ngarto Februana.(Sah)

Tak usah diet, 5 lifestyle ini bikin berat badan terkontrol