Innalillahi! Masjid di Mesir Diserang, 115 Jemaah Jumat Tewas

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 25 November 2017 07:29
Innalillahi! Masjid di Mesir Diserang, 115 Jemaah Jumat Tewas
Serangan terjadi saat para jemaah sedang melaksanakan sholat Jumat.

Dream - Masjid Al Rawda yang terletak di kota Bir Al Abed, dekat Al Arish, Provinsi Sinai Utara, Mesir, menjadi target serangan yang diduga dilakukan kelompok gerilyawan pemberontak saat Sholat Jumat, 24 November 2017. Sebanyak 115 jemaah Jumat dilaporkan tewas dalam serangan tersebut.

BBC melaporkan kepolisian setempat mengatakan seorang pria di antara empat kendaraan off-road melancarkan tembakan ke arah jemaah. Mesir telah memerangi kelompok pemberontak di kawasan tersebut, yang meningkat sejak 2013.

Ada sejumlah serangan yang kerap dituduhkan kepada para milisi pemberontak di kawasan semenanjung Sinai. Tetapi, serangan ini tergolong paling mematikan.

Korban tewas dengan kondisi jasad penuh darah dan tergeletak di dalam masjid. Lebih dari 100 orang mengalami luka dalam serangan tersebut.

Salah satu laporan menyatakan pelaku tampaknya mengincar pasukan keamanan yang sedang sholat di masjid tersebut.

Presiden Abdul Fatah Al Sisi segera menggelar pertemuan dengan para pejabat keamanan untuk membicarakan insiden ini, menurut laporan stasiun televisi berita swasta Mesir, Extra News TV. Belum diketahui secara pasti siapa yang di balik serangan pada Jumat siang tersebut.

Kelompok pemberontak kerap melancarkan serangan dalam beberapa tahun terakhir. Intensitas serangan diarahkan ke militer meningkat usai penggulingan Muhammad Mursi dari kursi Presiden Mesir pada Juli 2013 lalu.

Ratusan polisi, tentara, dan warga sipil tewas dalam sejumlah serangan tersebut.

(Sah)

Beri Komentar