Mengenal Waterphone, Alat Musik Kustik yang Hasilkan Suara Mencekam

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 22 Mei 2019 12:01
Mengenal Waterphone, Alat Musik Kustik yang Hasilkan Suara Mencekam
Enggak ada yang lebih horor dari alat musik ini...

Dream - Menonton film horor tak ada gregetnya kalau enggak didukung sound effect yang mempuni.

Coba kamu bayangkan melihat gambar mencekam namun sound effect-nya biasa saja. Enggak mungkin kamu bisa kaget, apalagi sampai membuat bulu kudukmu merinding.

Nah, berbicara tentang sound effect film horor. Tahukah kamu ada sebuah alat musik yang sering digunakan dalam film-film horor untuk menghasilkan bunyi-bunyi menyeramkan.

Bukan gitar, drum, bass atau sejenisnya. Alat-alat itu memang bersifat pendukung namun efek yang dihasilkan bisa sangat menyeramkan.

Tak jeran jika alat musik satu ini dijuluki 'rajanya' suara horor.

1 dari 2 halaman

Waterphone

Adalah Waterphone atau yang dikenal juga dengan Ocean Harp. Waterphone sendiri diciptakan oleh Richard Waters pada tahun 1968.

Suara yang dihasilkan pun terinspirasi dari suara paus bungkuk (salah satu spesies paus) dan suara-suara yang ada di luar angkasa.

Tidak hanya itu sahabat dream, ternyata di lepas pantai barat Kanada, Waterphone juga sering digunakan untuk memanggil paus.

Cara memainkannya juga tergolong sederhana, cukup dengan menggunakan tangan atau bow yang digesekkan di atas Waterphone dan suara horor pun akan keluar.

Waterphone juga dapat dimainkan dengan cara didudukkan di atas meja atau dipegang langsung.

Alat musik akustik ini terbuat dari stainless steel dan perunggu monolithic. Panjang dan diameternya pun dibuat bervariasi yang kemudian disusun di atas wadah berbentuk lingkaran.

Nah penasaran kan seperti apa? Yuk intip dibawah ini:

2 dari 2 halaman

Ini Videonya

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara