CONNECT WITH US!

Misteri 8 Landmark Terkenal Dunia yang Tak Banyak Diketahui

Reporter : Idho Rahaldi | Jumat, 17 Februari 2017 17:03
(brightside.me)
Ada yang tau nggak 8 Landmark terkenal ini ternyata menyimpan misteri di dalamnya.

Dream - Setiap negara memiliki bangunan-bangunan unik dan menarik yang dijadikan ikon atau biasa disebut landmark.

Sebelum bangunan atau landmark ini rampung dikerjakan, ternyata ada beberapa misteri dan fakta-fakta menarik yang belum banyak diketahui orang.

Seperti apa faktanya landmark terkenal dunia itu? Dilansir dari brightside.me, Jumat, 17 Febuari 2017, berikut fakta-fakta dari landmark terkenal di dunia:

1. Lantai Paling Atas Menara Eiffel

 Misteri Landmark Terkenal di Dunia

Ada yang tau nggak, bila Menara Eiffel di Paris, Prancis itu ternyata dipakai juga sebagai apartemen? Nggak ada yang tau, kan?

Ya, Gustave Eiffel, selaku orang yang telah menciptakan naskah dan desain dari monumen paling terkenal di Prancis, Menara Eiffel, ternyata membuat sebuah apartemen di lantai paling atas menara tersebut.

Gustave membuat sebuah kamar di lantai paling atas menara Eiffel untuk dirinya beristirahat, bahkan menerima tamu spesial! Suatu waktu, Gustave pernah mengajak Thomas Alva Edison untuk main ke apartemennya itu.

Kamar yang dibuat oleh Gustave itu berisikan satu dapur, sebuah toilet, dua kamar tidur dan ruang tamu untuk menerima tamu-tamu spesial dari seluruh dunia.

2. Rantai di kaki Lady Liberty melambangkan akhir perang saudara

 Misteri Landmark Terkenal di Dunia

Berkat keterlibatan dan perjuangan budak-budak Perancis seperti Edouard de Laboulaye, Patung Liberty bisa berdiri. Pembuatan patung itu awalnya ditujukan untuk merayakan akhir dari perbudakan di Amerika, yang direpresentasikan lewat rantai yang rusak di kaki Lady Liberty.

3. Kapsul Waktu di Gunung Rushmore

 Misteri Landmark Terkenal di Dunia

Gunung Rushmore adalah gunung yang terkenal di Amerika Serikat dan terdapat ukiran empat kepala presiden AS di permukaan granitnya, yaitu George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln.

Dulu arsitek Gutzon Borglum, yang merancang monumen ini ingin menciptakan Hall of Chronicles, sebuah ruangan rahasia tempat menyimpan sejarah USA, makanya ia menggali sebuah gua di belakang kepala patung Abraham Lincoln.

Sayangnya, ia meninggal dan rencananya belum terealisasikan. Tahun 1998, salinan dokumen penting berbagai presiden disimpan di dalam ruang yang belum selesai tersebut dan menjadi kapsul waktu.

4. Matterhorn di Disneyland

 Misteri Landmark Terkenal di Dunia

Setiap hari, ribuan pengunjung pasti menaiki roller coaster Matterhorn yang terkenal gila di Disney Land. Namun, tidak banyak yang tahu ada apa di dalam gunung tersebut. Ternyata, ada lapangan basket di dalamnya!

Berawal dari adanya area kosong yang tersisa di wahana Matterhorn. Akhirnya, dibuatlah lapangan basket. Namun karena terlalu kecil, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa bermain di sana, seperti karyawan Disneyland, atau tamu undangan khusus.

5. Penampakan Asli dari The Sphinx

 Misteri Landmark Terkenal di Dunia

The Great Sphinx of Giza adalah patung tertua di dunia. Awalnya penampakan asli patung tersebut dihiasi dengan cat berwarna cerah, memiliki hidung dan janggut. Beberapa ahli percaya kalau Sphinx dulunya memiliki kepala singa. Sejarah tentang The Sphinx dapat dilihat di museum Inggris dan Mesir.

6. Penciptaan Menara Miring Pisa

 Misteri Landmark Terkenal di Dunia

The Tower of Pisa (La Torre di Pisa) adalah sebuah menara lonceng dari sebuah katedral di kota Pisa, Italia. Menara ini terletak di belakang katedral dan merupakan struktur ketiga di Campo dei Miracoli (keajaiban) Pisa.

Walaupun rencana semula dibangun secara vertikal, menara itu mulai miring ke arah tenggara segera setelah dilakukan konstruksi di tahun 1173, dikarenakan pondasi yang tak sempurna.

Menara Pisa ini mulai dibangun tahun 800 tahun yang lalu tepatnya 1173 dalam jangka waktu 200 tahun dan dalam 3 tahap sebagai sebuah karya seni, Pembangunan dilakukan dalam tiga tahap dengan pembangunan pertama adalah lantai pertama yang berupa tiang-tiang. Menara ini adalah menara lonceng yang berdiri sendiri diantara tiga bangunan di komplek ini.

Menara mulai tenggelam setelah lantai tiga selesai karena fondasi bangunan yang terbuat dari tanah yang tidak stabil. Pembangunannya kemudian terhenti hampir seratus tahun karena keadaan perang.

Pembangunannya kembali dilanjutkan pada seratus kemudian pada tahun 1272 oleh Giovanni di Simone, seorang arsitek dari Camposanto. Untuk mengimbangi kemiringan dibuat bangunannya lebih tinggi pada satu sisi, ini membuat menara ini miring kearah lain. Dengan demikian bangunan ini sendiri menjadi melengkung.

Kemudian karena perang berlanjut lagi pembangunannya kembali mengalami penundaan. Lantai ketujuh selesai dibangun tahun 1319, dan ruang lonceng belum ditambahkan sampai tahun 1372, dimana ada tujuh lonceng yang mempunyai nada-nada dari tangga nada mayor.

7. Di Balik Warna Cat Jembatan The Golden Gate

 Misteri Landmark Terkenal di Dunia

Jembatan The Golden Gate adalah salah satu landmark terkenal yang terdapat di San Fransisco. Jembatan ini terkenal dengan warna catnya yang indah dan memukau. Ternyata dulu untuk membangun jembatan ini butuh waktu yang lama sampai akhirnya disetujui oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.

Ketika izin diperoleh, Angkatan Laut ingin memberi cat garis-garis hitam dan kuning untuk jembatan tersebut. Tapi akhirnya, Irving Morrow, arsitek jembatan meyakinkan militer kalau cat berwarna oranye akan memberikan tampilan lebih menarik. Ucapannya pun akhirnya terbukti!

8. Asal Usul Nama Big Ben

 Misteri Landmark Terkenal di Dunia

Big Ben adalah landmark terkenal yang terdapat di London, Inggris. Sebenarnya nama Big Ben itu bukan mengacu pada seluruh tower yang terdapat di Gedung Parlemen Inggris melainkan hanya lonceng besar yang ada di dalamnya.

September 2012, nama resmi untuk tower tersebut adalah The Bell Tower of the Palace of Westminster, tapi sekarang namanya adalah The Elizabeth Tower.

Sampai saat ini enggak ada yang tahu asal usul nama Big Ben dibuat berdasarkan apa. Ada teori menyebutkan Big Ben adalah julukan dari yang membuat bel tersebut, ada juga yang mengatakan nama itu berasal dari Benjamin Hitung, juara tinju kelas berat dunia.

(Sah/Sumber: brightside.me)

Tatjana Saphira Bintangi Iklan Bareng Gong Yoo