Misterius, Ayam Bertelur Bercak Hijau

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 24 September 2020 16:02
Misterius, Ayam Bertelur Bercak Hijau
Mengapa hal ini bisa terjadi? Simak penjelasan berikut!

Dream- Umumnya, telur ayam hanya terdapat dua warna, yakni berwarna putih kecokelatan dan cokelat muda. 

Namun anehnya, seorang peternak asal kota Suqian, provinsi Jiangsu di China timur ini mendapati telur ayamnya berwarna hijau dengan pola bercak yang langka.

Dilansir dari Daily Star, pria bernama Gao itu pun tak mengetahui penyebab telur ayamnya berwarna hijau. Menurutnya, warna telur itu sama persis dengan yang terdapat di buku anak-anak karangan Dr. Seuss yang berjudul ‘Green Eggs and Ham.’

Dimana karakter dalam buku cerita itu mempunyai telur dan daging ham berwarna hijau mencolok.

" Telur itu berukuran sama dengan telur lainnya tetapi telur ini ditutupi dengan pola seperti totem berbintik hijau,” ujar Gao.

1 dari 2 halaman

Makanan yang Diberikan Wajar

Gao memiliki tujuh ekor ayam betina dan seekor ayam jantan yang dipelihara di halaman belakang.

Ia pun mengaku memberi makan ungags dengan makanan yang wajar, yakni jagung, sayuran, dan daun hijau lainnya.

Ia sendiri juga bingung mengapa satu di antara telur yang dihasilkan dari peternakannya berwarna hijau yang aneh.

ayam petelur© Foto : Shutterstock

" Saya memiliki tujuh ayam betina dan seekor ayam jantan yang dipelihara di halaman belakang dan saya belum mengganti makanan mereka sama sekali. Ini makanan yang sama yang saya berikan kepada mereka - jagung, sayuran, dan daun hijau lainnya," ujar Gao.

2 dari 2 halaman

Ini Kata Ahli

Mengetahui hal itu dokter hewan senior Suqian Animal Husbandry and Veterinary Station, Zhang Wencheng turut berkomentar.

Zhang menduga telur berwarna hijau itu mungkin telah dirangsang sesuatu di luar saat masih di dalam tabung ayam. Sehingga kontraksi abnormal itu bisa menyebabkan sekresi akhir dari lapisan protein membentuk bentuk hijau.

telur berwarna hijau© Foto : Newsflash

Zhang menyebut, lebih baik tidak mengkonsumsi telur yang tidak normal. Tidak terungkap apakah telur itu memiliki kuning telur hijau seperti yang ditampilkan dalam buku anak-anak karangan Dr. Seuss.

Ternyata peristiwa ini bukan pertama kalinya terjadi. Beberapa waktu silam seorang pria di India membelah telur rebus dan menemukan kuning telur yang berwarna hijau.

Saat itu, para ahli dari universitas kedokteran hewan dan hewan Kerala mengungkapkan, makanan burung memicu fenomena tersebut. Peternak itu kemudian mengungkapkan dia memberi makan ayam yang dicampur tumbuhan dan tumbuhan.

 

Sumber : Daily Star

Beri Komentar