Batik Penuh Filosofi yang Dikenakan Adik Jokowi di Hari Pernikahan

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 27 Mei 2022 17:01
Batik Penuh Filosofi yang Dikenakan Adik Jokowi di Hari Pernikahan
Presiden bertindak sebagai wali di pernikahan sang adik.

Dream - Adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati, resmi menjadi istri Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Akad nikah mereka digelar pada Kamis, 26 Mei 2022 di Gedung Graha Saba Buana, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

Momen bahagia itu tentunya digelar dengan saklar dan penuh makna. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kebaya yang dikenakan oleh Idayati, yang tampak begitu elegan. 

Idayati yang merupakan putri asli Solo mengenakan kebaya dengan warna krem keemasan dan kerudung putih. Saat memasuk lokasi akad, ia diapit oleh kakak perempuannya Iit Sri Yantini dan adiknya Titik Ritawati dengan kebaya warna kuning cerah.

1 dari 3 halaman

Kebaya Idayati jadi Sorotan

Suasana Jawa terasa sangat kental. Kedua mempelai sama-sama mengenakan baju pengantin Jawa klasik. Anwar Usman juga tampil dengan beskap. Begitu pula Jokowi dengan beskap Jawa berwarna hitam. Sedangkan Iriana mengenakan kebaya warna tosca hijau muda.

Idayati© (Foto: Merdeka.com)

Kebaya yang dipakai Idayati tampak sederhana. Diinformasikan, kedua mempelai memesan busana pengantin dari Chili Kebaya. Doddy Nanjaya, sang pemilik usaha, menyebutkan tak ada permintaan khusus yang diajukan oleh pasangan itu saat memesan baju pengantin darinya.

Hanif Aisyah, istri Doddy, juga mengatakan, adik Jokowi itu hanya meminta desain kebayanya terkesan simpel tapi elegan.

" Tamu beliau awalnya kan sederhana saja, tetapi tidak bisa dihindari kalau acara pernikahan harus besar. Dari desainnya Bu Ida tidak ada permintaan khusus, yang penting cocok beliaunya," ujar Hanif.

2 dari 3 halaman

Batik Khusus untuk Jarik

Tak kalah menarik, kain jarik yang dipilih menjadi bawahan kebaya merupakan motif batik Sidomulyo. Motif ini merupakan batik khas yang berasal dari zaman Mataram Kartasura. 

Kata Sidomulyo berasal dari Bahasa Jawa, yakni Sido artinya “ jadi”, dan mulyo berarti “ kemuliaan”. 

" Karena beliau sudah pernah menikah, jadi motifnya Sidomulyo. Kalau untuk motif Sidomukti kan buat yang belum pernah menikah," ujar Hanif.

Idayati dan Anwar Usman© (Foto: Merdeka.com)

Batik Sidomulyo mempunyai makna dan filosofi yang dalam, yaitu agar kedua mempelai hidup bahagia, sejahtera dan berlimpah rezeki. Filosofi ini menggambarkan kehidupan yang terus menerus diliputi kemuliaan meski sempat dirundung kesusahan.

3 dari 3 halaman

Rencana Resepsi di Nusa Tenggara Barat

Setelah akad, pernikahan Idayati dilengkapi dengan melaksanakan upacara kuru kalpiko atau tukar cincin. Kemudian kedua mempelai menerima ucapan selamat dari sejumlah tamu undangan. Dilanjutkan dilakukan resepsi di tempat yang sama seusai salat zuhur.

Idayati dan Anwar Usman© (Foto: Youtube/Wedding Organizer Pengantin Production Yogyakarta)

Sementara itu, akan ada rencana untuk acara resepsi di Bima, Nusa Tenggara Barat tempat kelahiran Anwar. Terkait jadwal, pihak keluarga belum memberitahukan detailnya. (mut)

Sumber: Merdeka.com

Beri Komentar