Muslim Ucapkan Selamat Natal? Ini Kata Ketua MUI

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 23 Desember 2014 16:02
Muslim Ucapkan Selamat Natal? Ini Kata Ketua MUI
Ucapan selamat Natal yang dilakukan oleh umat Islam sering menjadi polemik di tengah masyarakat. Ada yang membolehkan ada yang melarang

Dream - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin, mengatakan tak ada larangan bagi kaum Muslim untuk mengucapkan selamat Natal kepada umat Nasrani. Asal ucapan selamat hari raya itu merupakan ekspresi budaya masyarakat yang hidup berdampingan.

" Kalau sekadar konteks kultural budaya sebagai refleksi persahabatan maka dapat dilakukan dengan berkeyakinan bahwa itu tidak pengaruhi akidah," kata Din sebagaimana dikutip Dream dari Merdeka.com, Selasa 23 Desember 2014.

" Tapi sesuai dengan keperluan. Kalau tidak perlu ya nggak apa-apa, kalau perlu karena ada sahabat baik ya nggak apa-apa," tambah dia.

Menurut Din, pemaknaan agama Islam tidak sempit dengan melarang menghargai dan menghormati hari besar agama lain. Ucapan selamat hari raya kepada umat agama lain dimaksudkan untuk saling menyatakan rasa penghormatan.

" Perayaan Natal meskipun tujuan menghormati Yesus akan tetapi tidak bisa dikaitkan dengan masuk ke akidah," terang dia.

Ucapan selamat Natal yang dilakukan oleh umat Islam sering menjadi polemik di tengah masyarakat. Ada yang membolehkan ada yang melarang. (Ism)

Beri Komentar