Netizen Bongkar Situasi Nyata di Israel dan Gaza Palestina

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 21 Mei 2021 14:00
Netizen Bongkar Situasi Nyata di Israel dan Gaza Palestina
Salah satu cara untuk mengatahui fakta keadaan Israel-Palestina dengan melakukan investigasi kecil-kecilan melalui fitur social media.

Dream - Konflik Israel dan Palestina semakin membara. Terbaru, Israel mengirimkan serangan udara ke Gaza, sedangkan dari Jalur Gaza, Hamas membalas dengan roket ke wilayah Tel Aviv, Ashkelon, dan wilayah lainnya.

Situasi media pun riuh dengan konflik itu. Sebagian mendukung gerakan Israel dengan alasan membela diri, ada yang berpihak pada Hamas karena membela warga Sheikh Jarrah dan jemaah Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

Simpang siurnya berita ini membuat banyak misinformasi. Salah satu cara untuk mengatahui fakta dengan melakukan 'investigasi kecil-kecilan' melalui fitur sosial media. Hasilnya, cukup mengejutkan.

1 dari 4 halaman

Lakukan Investigasi Kecil-kecilan

Baru-baru ini, seorang pengguna Twitter dengan akun @ihfthi_ menggunggah hasil 'investigasi' yang ia lakukan soal konflik Israel dan Plaestina di Gaza. Ia menggunakan social media Snapchat untuk mengetahui realita yang terjadi di Tel Aviv, Israel dan di Gaza, Plaestina.

" Secara harafiah, lihatlah dengan mata kepala sendiri mengenai 'konflik'," tulis keterangan cuitannya.

Dengan fitur Snapchat, pengguna bisa memilih lokasi konten yang ingin dilihat. Netizen tersebut kemudian melihat satu per satu konten warga yang menggunakan Snapchat di Tel Aviv, Israel dan Gaza, Palestina.

2 dari 4 halaman

Keadaan di Tel Aviv

Pertama-tama, ia memilih konten yang diunggah para pengguna Snapchat di Tel Aviv, Israel. Di sana tidak ada yang berbeda dengan kehidupan di kota-kota metropolitan di dunia.

Dalam unggahannya, terlihat warga Israel yang berkendara dengan santai, menikmati pantai La Mer yang cerah, duduk di restoran, berolahraga, hingga menikmati matahari terbenam. Semuanya tampak normal.

Tidak ada suasana konflik seperti yang dikabarkan media Israel. Warga Tel Aviv nampak menikmati kehidupan tanpa adanya gangguan sedikitpun.

3 dari 4 halaman

Situasi di Gaza

Situasi kontras terlihat dari konten pengguna Snapchat di Gaza, Palestina.

Terlihat unggahan para pengguna penuh dengan reruntuhan, gejolak konflik, dan korban serangan udara Israel. Salah satunya berisikan wawancara seorang anak Palestina yang tengah berdiri di runtuhan bangunan.

Anak lelaki Palestina itu terlihat kesal saat menceritakan kejadian yang menimpa dirinya di Gaza.

Terlihat perabot, jendela, dan reruntuhan beton berserakan di jalanan Gaza, Palestina. Tak ada kehidupan selain korban dan warga yang ketakutan akan serangan susulan Israel.

Unggahan lain menampilkan ambulans di tengah-tengah reruntuhan bangunan. Sementara yang lain mengunggah asap yang mengepul bekas serangan udara Israel.

4 dari 4 halaman

Videonya

Berikut video perbedaan kondisi di Tel Aviv dan Gaza hasil 'investigasi' netizen:

 

Beri Komentar