Pangeran Charles Positif Mengidap Covid-19

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Rabu, 25 Maret 2020 18:32
Pangeran Charles Positif Mengidap Covid-19
Ayah Pangeran William dan Harry tengah menjalani karantina.

Dream - Putra sulung Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, dinyatakan positif mengidap virus corona (Covid-19). Kabar tersebut dikeluarkan oleh Clarence House, kediaman keluarga kerajaan.

Pria 71 tahun itu memperlihatkan gejala ringan namun masih dalam kondisi yang baik. Charles kini tengah mengisolasi diri di Skotlandia bersama sang istri, Camilla yang negatif Covid-19.

" Prince of Wales positif mengidap virus corona. Ia dalam keadaan baik dan masih bekerja di rumah seperti biasa. Saat ini ia diisolasi bersama Duchess of Cornwall di Skotlandia," begitu keterangan tertulis yang dikutip News Sky, Rabu 25 Maret 2020.

Clarence House tak menerangkan bagaimana ayah dari Pangeran William dan Harry itu terjangkit virus. Sejumlah tes langsung dilakukan oleh National Health Service (NHS) di kawasan Aberdeenshire, Skotlandia.

Saat ini Inggris mencatat 8.077 kasus corona dengan angka kematian 422 jiwa.

 

1 dari 5 halaman

Menkes Inggris Nadine Dorries Positif Virus Corona

Dream - Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries, didiagnosis terinfeksi virus Corona, COVID-19. Hasil diagnosa ini merupakan kasus pertama anggota parlemen yang positif mengidap virus Corona.

 © Dream

Dorries mengaku telah mengambil semua tindakan pencegahan yang disarankan setelah mengetahui hasil tersebut. Dia telah melakukan isolasi sendiri di rumah.

Menurut laman BBC, Kementerian Kesehatan Masyarakat Inggris mulai melacak orang-orang yang telah terlibat kontak dengan Dorries. Melalui Twitter, perempuan yang mengawali karier sebagai perawat itu menulis, " Omong kosong tapi aku berharap sudah melewati yang terburuk sekarang."

Dorries mengaku khawatir dengan ibunya yang berusia 84 tahun, yang tinggal bersamanya. Sang ibu, mulai batuk pada hari Selasa pekan lalu.

Tidak diketahui berapa banyak pertemuan yang dihadiri Dorries di Westminster atau di daerah pemilihannya dalam beberapa hari terakhir.

2 dari 5 halaman

Segera Menjalani Isolasi Mandiri

Menurut Departemen Kesehatan, Dorries pertama kali menunjukkan gejala pada Kamis, hari yang sama saat dia menghadiri acara yang digelar Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. Dorries mulai telah mengisolasi diri sejak Jumat.

Kantor Perdana Menteri Inggris tidak mengomentari apakah Boris Johnson telah menjalani tes kesehatan.

Saat ini pejabat di Kementerian Kesehatan Inggris, termasuk Sekretaris Kesehatan Matt Hancock, akan menjalani tes untuk virus tersebut, bersama dengan pejabat lain yang telah melakukan kontak dengan Dorries.

Hancock mencuit bahwa Dorries telah melakukan hal yang benar dengan mengisolasi diri di rumah dan berharap kondisinya membaik.

" Saya mengerti mengapa orang khawatir tentang penyakit ini. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk membuat orang tetap aman, berdasarkan ilmu pengetahuan terbaik," ucap Hancock.

3 dari 5 halaman

Inggris Tangkap Pelanggar Social Distancing

Dream - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan polisi akan memberlakukan isolasi secara nasional untuk mencegah penyebaran virus corona, Covid-19. Polisi akan mendenda siapa pun yang tidak mematuhi larangan pertemuan lebih dari dua orang.

 © Dream

Boris Johnson mengatakan, individu hanya akan dapat meninggalkan rumah mereka untuk kegiatan penting semisal berbelanja. Pemerintah juga memerintahkan toko yang menjual barang-barang yang tidak penting untuk ditutup. 

Perintah ini mengikuti kekhawatiran bahwa tidak banyak orang yang mengikuti panduan sosial distancing

" Warga Inggris telah diberitahu bahwa mereka hanya dapat meninggalkan rumah untuk berbelanja kebutuhan dasar. 'Sesering mungkin' dan melakukan satu jenis olahraga sehari. Orang-orang juga akan diizinkan untuk pergi ke luar untuk mencari bantuan medis, merawat orang yang rentan atau untuk bepergian ke tempat kerja 'jika benar-benar diperlukan', meskipun belum jelas bagaimana ini akan diputuskan," kata Boris, dilaporkan Metro.co.uk, Selasa, 24 Maret 2020.

Boris menyebut, tindakan tegas akan dilakukan setidaknya selama tiga pekan. Dia juga memerintahkan penutupan perpustakaan, taman bermain dan gym terbuka, dan tempat-tempat ibadah. 

4 dari 5 halaman

Masih Bandel

Boris Johnson mengakui langkah itu akan mengganggu kehidupan, bisnis, dan pekerjaan orang.

" Saya dapat meyakinkan Anda bahwa kami akan menjaga pembatasan ini di bawah tinjauan konstan. Kami akan mengkaji lagi dalam tiga pekan mendatang," ujar dia.

Pemerintah Inggris telah memerintahkan menutup pub, bar, restoran, bioskop, dan tempat-tempat lain yang mendatangkan kerumunan warga pada Jumat malam.

Warga hanya disarankan untuk melakukan social distancing.  Tetapi foto-foto yang beredar di media sosial, menunjukkan kerumunan besar orang berbondong-bondong ke taman pada Hari Ibu.

5 dari 5 halaman

El Rumi: Covid-19 Lebih Menggila di Inggris daripada Indonesia

Dream - El Rumi mengatakan bahwa penyebaran virus corona baru, Covid-19, di Inggris lebih parah daripada Indonesia. Menurut dia, pasien terinfeksi virus corona di Inggris melonjak.

" Satu hari naik 342 kasus?! Total per hari Senin 16 Maret mencapai 1.543 kasus?! COVID-19 LEBIH MENGGILA DI UK DARIPADA INDONESIA?! UPDATE TENTANG CORONAVIRUS DI UK!!,"  tulis El Rumi di Instagram.

Menurut pemuda bernama lengkap Ahmad El Jallaludin Rumi itu, pandemi corona membuat aktivitas belajarnya di Universitas London libur. Dia bahkan harus kembali ke Indonesia.

 el rumi di london© el rumi di london

Foto : @elelrumi

" Minggu ini, semua kebiasaan gua berubah gara2 Coronavirus!! Mulai dari ditiadain kuliah sampe harus pulang ke Indonesia!!," tambah pemuda 20 tahun itu.

El mengatakan bahwa Inggris termasuk sepuluh negara terparah yang terpapar Covid-19. London menjadi kota terparah di Inggris yang terpapar wabah virus corona.

" Kingdom masuk ke dalam 10 negara terparah yang terkena COVID-19 dan London adalah KOTA TERPARAH yang terkena COVID-19. Per 15 Maret, ada 407 kasus ditemukan HANYA DI KOTA LONDON SAJA," tulis El Rumi.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair