`Oase` Istri Menteri Santuni Panti Penderita Gangguan Jiwa

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 3 Juli 2015 18:02
`Oase` Istri Menteri Santuni Panti Penderita Gangguan Jiwa
Mereka ingin melihat sejauh mana pengelolaan Liponsos berjalan.

Dream - Para istri menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja mengunjungi Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Pemerintah Kota Surabaya pada Jumat, 3 Juli 2015. Rombongan OASE datang untuk memberikan bantuan kepada Liponsos Pemkot Surabaya.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Sosial Kota Surabaya, Erni Luftiyah, di Liponsos itu terdapat setidaknya 1.443 penderita gangguan jiwa, waria dan Pekerja Seks Komersial (PSK), serta gelandangan dan pengemis (gepeng).

" Tetapi sebagian besar yang ditampung penyandang psikotik (kelainan jiwa)," ujar Erni saat ditemui Dream.co.id di Surabaya, Jawa Timur. 

Di Liponsos itu mereka diberikan berbagai macam keterampilan. Salah satu keterampilannya ialah membuat keset.

Instruktur Keterampilan Liponsos, Sukatdi, mengatakan setidaknya butuh tiga bulan untuk mengajari membuat keset. Ana Tedjo Purjianto yang datang ke lokasi terkagum dengan kemajuan itu.

" Sudah buat berapa biji?" tanyanya kepada seorang psikotik.

" Sudah satu," jawab seorang pasien.

Menurut Sekretaris OASE Daisy Andi Widjajanto, kedatangan rombongan istri kabinet ke Liponsos tidak hanya untuk memberikan bantuan semata. Mereka ingin melihat sejauh mana pengelolaan panti sosial semacam itu.

" Kita menemukan banyak dari penderita kelainan mental itu tidak memiliki identitas," katanya.

Temuan ini akan dia sampaikan kepada ibu negara, Iriana Joko Widodo. Ke depan, dia menambahkan, OASE akan terus memonitoring jalannya program tempat-tempat yang akan dikunjungi. (Ism) 

Beri Komentar