Gempa Sulteng, Pemda Diminta Evakuasi Warga dari Pantai

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 12 April 2019 19:59
Gempa Sulteng, Pemda Diminta Evakuasi Warga dari Pantai
Terasa kuat di Palu dan Kabupaten Luwu Timur.

Dream - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengimbau pemerintah daerah di wilayah Sulawesi Tengah untuk mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi pasca gempa 6,9 skala richter.

" BMKG menyatakan gemoa berpotensi tsunami dengan status peringatan Waspada. Artinya pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyrakat untuk menjauhi pantai dan sungai," ujar Sutopo, Jumat, 12 April 2019.

Sutopo menjelaskan, gempa berkekuatan 6,9 skala richter itu berada di kedalaman 10 kilometer.

Gempa paling kuat terasa di Palu selama enam detik, kemudian di Kabupaten Luwu Timur masyarakat merasakan gempa selama empat detik.

" Gempa berpotensi tsunami di Kabupaten Morowali," kata dia.

 

1 dari 2 halaman

Usai Gempa 6,9 Magnitudo di Sulteng, Terjadi 2 Kali Lindu Susulan

Dream - Gempa berkekuatan 6,9 Magnitudo terjadi di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Jumat 12 April 2019. Gempa itu disusul dengan dua kali lindu susulan.

Gempa susulan terjadi berkuatan 5,0 M pada 19.03 WIB. Lokasi gempa susulan ke dua ini berada di lintang -2.01 bujur 122.49.

Pusat gempat terjadi di 98 kilometer dari Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

 Gempa susulan terjadi di Sulteng (Foto: BMKG)

Gempa susulan terjadi di Sulteng (Foto: BMKG)

Sementara itu, susulan gempa berikutnya terjadi pada pukul 19.12 WIB dengan kekuatan 5,2 M.

Lokasi gempa berada di 84 kilometer Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Posisinya terletak di lintang -1,9 dan bujur 122.56.

2 dari 2 halaman

Terasa hingga Makassar

 

BREAKING NEWS . Warga Makassar merasakan gempa, Begini suasana di RS Awal Bross Makassar. Apakah kalian merasakannya juga ? . . . . . . . Kiriman : Netizen ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Punya info ??? Jangan lupa kirim dan tag kami yaaa 😊 . . #jakarta #jakartainfo #bandung #bekasi #bogor #depok #bandung #malang #jogja #samarinda #aceh #medan #manado #palu #kendari #maluku #papua #bali #palembang #ntt #ntb #gorontalo #ambon #makassar #makassarinfo #visitsulsel #exploresulsel

A post shared by MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

Gempa tersebut terasa hingga Makassar, Sulawesi Selatan. Kepanikan terasa di RS Awal Bross Makassar.

Video itu diunggah akun Instagram @makassar_iinfo. Dari video yang ada, pasien di rumah sakit tampak dievakuasi di lorong-lorong rumah sakit.

 

Beri Komentar
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark