Paspampres Memaafkan Pemotor Terabas Ring 1 tapi Kasus Hukum Jadi Urusan Polisi

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 2 Maret 2021 07:01
Paspampres Memaafkan Pemotor Terabas Ring 1 tapi Kasus Hukum Jadi Urusan Polisi
Asintel Paspampres Letkol Wisnu Herlambang meminta pengendara patuh aturan.

Dream - Pengendara motor yang menerobos Ring 1 Istana Negara di Jalan Veteran III menyambangi Markas Komando Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Mereka menyampaikan permohonan maaf atas aksi yang viral dan meresahkan pada Minggu, 21 Februari 2021.

" Saya dan rekan-rekan berinisiatif untuk hadir dan mengklarifikasi hal tersebut. Saya intinya memohon maaf sebesar-besarnya kepada satuan Paspampres dan jajaran anggota yang bertugas saat kejadian berlangsung," ujar juru bicara para pemotor tersebut, Halid Darmawan.

Halid menyatakan mereka tidak berniat merusak citra Paspampres di mata publik maupun mengancam VVIP Ring 1 Istana Negara. Dia juga memohon maaf telah mencoreng nama baik bikers serta dunia pemotoran Indonesia.

" Saya tidak lupa meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia karena sudah membuat kegaduhan dengan adanya video viral tersebut," kata dia.

Lebih lanjut, Halid dan kelompoknya berjanji tidak akan mengulangi tindakan tersebut. Juga berusaha menjadi lebih baik lagi.

 

1 dari 2 halaman

Paspampres Anggap Selesai

Asisten Intelijen Paspampres, Letnan Kolonel Wisnu Herlambang, menerima kedatangan dan permohonan maaf para bikers tersebut. Dia juga menjelaskan para pemotor itu sudah diberikan edukasi terkait berkendara.

" Untuk kedatangan rekan kita, saudara kita, yang saat kejadian tersebut pengendara motor bahwa kejadian ini sebetulnya telah selesai. Kita sudah memberikan edukasi, kita sudah memberikan teguran, kita memberikan imbauan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi," kata Wisnu.

Terkait video yang viral, Wisnu menyerahkan penanganan kepada kepolisian. Jika terdapat pelanggaran hukum, maka akan ditangani polisi.

" Misalnya video tersebut dianggap melanggar hukum atau peraturan lalu lintas yang jadi kewenangan kepolisian, kita serahkan kepada kepolisian untuk memeriksa, memproses, apakah ada pelanggaran hukum atau tidak," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Ingatkan Masyarakat Pahami Ring 1

Selanjutnya, Wisnu menyampaikan pesan dari Komandan Paspampres, Mayor Jenderal TNI Agus Subiyanto, agar apa yang sudah terjadi dapat dijadikan pelajaran semua pihak. Para pengendara harus mematuhi peraturan lalu lintas.

" Bahwa setiap pengendara motor harus senantiasa menaati peraturan lalin, harus senantiasa mementingkan kepentingan orang lain sesama pengguna jalan," kata Wisnu.

Lebih jauh, dia mengingatkan pengendara wajib patuh aturan agat tidak membahayakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Khususnya memahami area Ring 1.

" Paspampres dan unsur-unsur pengamanan Ring 1 dapat bereaksi secara fisik mengamankan dan menyelamatkan VVIP," kata dia.

(Sumber: Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin)

Beri Komentar