Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Peringati Hari Pahlawan, Jokowi Ingin Berantas Kemiskinan dan Kebodohan

Peringati Hari Pahlawan, Jokowi Ingin Berantas Kemiskinan dan Kebodohan Presiden Jokowi Menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Sejumlah Pahlawan Dari Beberapa Daerah. (Merdeka.com/Titin Supriatin)

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta para Menteri Kabinet Indonesia Maju, menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibatan, Jakarta Selatan. Dalam pidatonya, Jokowi berpesan Bangsa Indonesia jangan sampai melupakan jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai, menghormati jasa-jasa pahlawannya," ujar Jokowi dikutip dari Liputan6.com, Minggu 10 November 2019.

Di hadapan 3.500 peserta upacara, Jokowi bertekad ingin mewujudkan cita-cita para pahlawan, yakni menyejahterakan rakyat.

"Menjadi kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan, terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan dan yang lain-lainnya," ucap dia.

Setelah upacara selesai, mantan Gubernur DKI Jakarta itu melakukan tabur bunga ke beberapa makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan.

(Sumber: Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Kalahkan Dubai

Dream - Jokowi punya mimpi baru. Presiden bernama lengkap Joko Widodo ini ingin menjadikan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur, sebagai kota terbaik di dunia.

"Kita memang mimpinya memang harus tinggi," ujar Jokowi, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 6 November 2019.

Dia mengatakan, ibu kota negara yang baru harus bisa melebihi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA), yang memiliki kota paling bahagia. Dia ingin ibu kota baru tersebut menjadi kota terbaik dan paling inovatif di dunia.

"Jika Dubai punya jargon the happiest city on the earth, ibu kota baru nanti, the best on earth, yang cleanest citythe most innovative city, dan the most yang lainnya," tambah Jokowi.

Ibu kota baru, tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu, bukan hanya memindahkan istana dan kantor pemerintah saja. Dia ingin, pembangunan kota yang cerdas.

"Saya hanya bayangkan, di sana nanti ada cluster pemerintahan, ada cluster teknologi dan inovasi seperti Silicon Valley. Ada cluster pendidikan, universitas terbaik ada di sana, cluster layanan kesehatan, dan cluster wisata," kata dia.

Jokowwi ingin penghuni ibu kota baru menggunakan moda transportasi yang bebas emisi.

"Bukan hanya kota pemerintahan. Kota baru juga kota bisnis. Tetapi bisnis yang bebas emisi, atau industri yang bebas emisi yang pekerjakan orang kelas dunia," ucap dia.

Jokowi mengklaim, Google Global Talent juga ingin hadir di ibu kota baru tersebut.

"Diaspora kita akan pulang dan menarik orang hebat dunia untuk tinggal di sini. Hal ini akan terjadi jika kota ini sediakan lapangan kerja yang berkelas," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

Basuki Hadimulyono Kaget Peserta Sayembara Desain Ibu Kota Baru Membludak

Dream - Basuki Hadimuljono dipastikan kembali membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pemerintahan. Dia kemungkinan besar tetap menjadi andalan Jokowi dalam menuntaskan berbagai proyek infrastruktur.

Meski tak menyebutkan posisi menteri yang akan diampunya, Basuki mengatakan telah mendapat perintah dari Jokowi untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur.

"Beliau menyampaikan untuk bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur seperti yang beliau canangkan dalam pidato," ujar Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019.

Basuki juga sempat ditanya tentang perkembangan sayembara desain Ibu Kota baru. Dia menuturkan sayembara sedang berjalan dan telah diikuti ratusan peserta.

"Ada 762 peserta, beliau sangat surprise 'Kok banyak sekali yang ikut?'" kata Basuki.

Dari perkiraan Basuki, para peserta termotivasi mengikuti sayembara bukan karena hadiah yang ditawarkan. Melainkan karena semangat untuk terlibat dalam pembangunan.

"Masuk 10 besar sebagai para ahli menurut mereka sudah membanggakan," kata Basuki.

Lebih lanjut, Basuki menegaskan siap melaksanakan tugas sebagai menteri kembali. Dia akan berusaha semaksimal mungkin bekerja.

"Jabatan buat saya adalah perintah, tidak hanya amanah dari Allah. Jadi kalau sudah perintah, maka saya harus laksanakan," kata dia.

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

Sesuai Prediksi, Basuki Hadimuljono Dipanggil Jokowi Lagi

Dream - Basuki Hadimuljono juga terlihat hadir di hari kedua pemanggilan calon menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Basuki tampak muncul di Istana Kepresiden pada sekitar pukul 11.20 WIB dan langsung menuju ruang pertemuan.

Basuki sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam Kabinet Kerja Jilid I.

Dia termasuk salah satu menteri dengan latar belakang profesional. Nama Basuki berkali-kali diprediksi bakal kembali masuk ke dalam Kabinet Kerja Jilid II Jokowi-Maruf Amin. 

Sebelum Basuki, Politisi PPP Suharso Monoarfa juga terlihat hadir di Istana. Dia tiba sekitar pukul 11.13 WIB sendirian.

Suharso juga tidak memberikan pernyataan apapun. Dia langsung menuju ruang pertemuan.

Sebelumnya, beberapa nama hadir memenuhi panggilan Jokowi. Mereka berasal dari sejumlah latar belakang, mulai dari eks menteri, politisi, dan profesional.

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani Indrawati Tetap Jabat Menteri Keuangan

Dream - Sri Mulyani Indrawati dipastikan tetap duduk di kursi jajaran menteri kabinet baru. Presiden Joko Widodo meminta mantan direktur Bank Dunia itu untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan.

"Bapak Presiden meminta saya untuk tetap menjadi Menteri Keuangan," ujar Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019.

Sri mengatakan perbincangannya dengan presiden terkait sejumlah hal. Beberapa di antaranya mengenai penciptaan lapangan kerja, mendorong perekonomian dan meningkatkan kualitas penciptaan kesempatan kerja serta UKM.

Selain itu, Jokowi memberikan kepercayaan penuh kepada Sri menjalankan wewenang. Terutama dalam mengeluarkan kebijakan fiskal.

"Menggunakan seluruh kebijakan fiskal di dalam membantu para menteri-menteri terkait dalam mewujudkan ketahanan ekonomi," kata dia.

Sri menjadi satu-satunya calon menteri yang terbuka mengenai posisi yang akan diembannya. Berbeda dengan calon lainnya yang masih menunggu pengumunan Jokowi.

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

Agus Gumiwang dan Juliari Batubara Merapat ke Istana

Dream - Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi orang ketiga yang hadir di kompleks Istana Kepresidenan.

Politisi Golkar ini tiba di Istana sekitar pukul 10.00 WIB di hari kedua penyaringan calon menteri oleh Presiden Joko Widodo, Selasa 22 Oktober.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang, Agus tampak berjalan dengan santai. Dia sempat melambaikan tangan namun tidak memberikan keterangan apapun.

Agus Gumiwang dan Juliani Batubara Muncul di Istana, Bakal di Kabinet?

Agus lalu langsung menuju area pindai keamanan. Untuk kemudian menuju ruang pertemuan dengan Jokowi.

Agus pernah menjabat sebagai Menteri Sosial di periode pertama pemerintahan Jokowi. Agus menggantikan Idrus Marham yang mundur karena terjerat kasus korupsi.

Beberapa saat setelah kedatangan Agus, politisi PDIP Juliari Batubara juga terlihat di Istana. 

Juliari Batubara

Dia datang sekitar pukul 10.13 WIB, mengenakan kemeja putih lengan pendek. 

Sebelum Agus dan Juliari, terdapat dua orang yang telah tiba di Istana lebih dulu. Keduanya yaitu Sri Mulyani Indrawati dan Syahrul Yasin Limpo.

Sumber: Merdeka.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi kembali menegaskan presiden memang diperbolehkan kampanye dan diatur dalam undang-undang.

Baca Selengkapnya
Jokowi Akui Sudah Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Jokowi Akui Sudah Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Jokowi mengungkap pertemuan itu dihadiri empat orang, namun ia enggan membeberkan siapa saja pihak yang dimaksud.

Baca Selengkapnya
Jokowi Soal Bertemu Paloh: Tak Perlu Siapa Inisiatif, yang Penting Buat Negara

Jokowi Soal Bertemu Paloh: Tak Perlu Siapa Inisiatif, yang Penting Buat Negara

Menurut Jokowi, tidak penting siapa yang mengundang dan memiliki inisiatif untuk bertemu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jokowi Naikkan Tukin Pegawai Bawaslu, Ganjar: Mudah-Mudahan Bukan Suap

Jokowi Naikkan Tukin Pegawai Bawaslu, Ganjar: Mudah-Mudahan Bukan Suap

"Untuk bekerja lebih profesional. Saya membacanya positif saja," tegas Ganjar.

Baca Selengkapnya
Jokowi Naikkan Tunjangan Bawaslu 2 Hari Jelang Pemilu 2024, Ini Daftarnya

Jokowi Naikkan Tunjangan Bawaslu 2 Hari Jelang Pemilu 2024, Ini Daftarnya

Kebijakan ini diresmikan Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2024

Baca Selengkapnya
Jokowi Tetapkan 16 Hari Libur di Tahun 2024, Ini Daftarnya

Jokowi Tetapkan 16 Hari Libur di Tahun 2024, Ini Daftarnya

Daftar 16 hari libur yang ditetapkan Jokowi tahun 2024

Baca Selengkapnya