Perut Terus Membesar Selama 15 Tahun, Saat Dibedah Ternyata...

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 24 Mei 2016 13:42
Perut Terus Membesar Selama 15 Tahun, Saat Dibedah Ternyata...
Setelah diperiksa, semua terkejut. Ternyata diketahui bahwa di dalam perut remaja itu terdapat....

Dream - Kasus anak " mengandung" kembarannya kembali terjadi. Kali ini, seorang remaja " mengandung" kembarannya selama 15 tahun, tanpa disadari.

Dikutip Dream dari laman Siakap Keli, 24 Mei 2016, kasus ini dikisahkan oleh kakak dari pemuda itu melalui akun Facebook. Semula, perut sang adik terus membesar, sehingga diperiksakan ke dokter.

Setelah diperiksa, semua terkejut. Ternyata di dalam perut remaja asal Baling, Kedah, Malaysia, yang tak disebutkan namanya ini, terdapat janin yang tak lain adalah kembarannya.

Jadi, remaja ini telah " mengandung" janin kembarnya selama 15 tahun. " Janin yang dikeluarkan itu ada rambut bergulung sama panjang dengan ketinggiannya, selain kaki, tangan, dan kelamin, sudah terbentuk," demikian dikutip Siakap Keli dari Sinar Harian.

Kasus seperti ini bukanlah yang pertama. Kasus ini disebut futus in fetu. Sudah banyak laporan tentang orang yang mengandung kembarannya sendiru. Sebelumnya, remaja 18 tahun di India, dilaporkan mengandung kembarannya.

Saat dibedah, janin yang dikandung itu memiliki berat 2,6 kilogram dengan tulang, rambut, dan gigi, yang sudah terbentuk. Dokter mengatakan, janin kembaran ini telah menjadi parasit bagi remaja tersebut.

1 dari 4 halaman

Innalillahi, Sakit Perut 6 Bulan, Bocah Ini Ternyata Menelan..

Dream - Keshav Sahu. Bocah lima tahun ini sudah enam bulan terakhir merasakan sakit luar biasa pada bagian perut. Setelah diperiksa, dokter mendapat benda mengejutkan di dalam perut bocah ini.

“ Benda asing tidak jelas saat proses sinar-x dan ultrasound,” kata Patel, dokter yang menangani Keshav, dikutip Dream dari laman Daily Bhaskar, Selasa 3 Mei 2015.

Dokter memutuskan melakukan operasi bedah untuk mengambil benda asing yang terlihat di dalam perut bocah malang ini. Dalam operasi itulah para dokter semakin terkejut.

Pada kasus-kasus lain, para dokter biasanya hanya akan menemukan batu, yang terbentuk akibat endapan mineral. Tapi kali ini, dokter tak hanya menemukan batu kantung kemih saja, melainkan juga benda asing yang ukurannya lumayan panjang.

“ Batang sepanjang 15 sentimeter dikeluarkan bersama batu yang berlumuran darah. Akhirnya kami tahu itu adalah sikat gigi,” tambah Patel.

Menurut Patel, batu dalam kantung kemih itu berukuran 5 sentimeter. Terbentuk selama enam bulan belakangan. Sementara, sikat gigi itu berukuran 15 sentimeter dan sudah bersarang di dalam perut Keshav selama setahun.

Dan rasa sakit luar biasa itu dirasajab Keshav dalam kurun enam bulan belakangan. “ Sikat gigi telah menyebabkan tiga lubang di usus sebelum sampai ke kantung kemih,” tutur Patel.

Bagaimana baru ketahuan? Ternyata, semula Keshav menyembunyikan kesakitan itu. Dia tak bercerita kepada orangtunya, karena takut akan disalahkan oleh sang bunda. Dia memilih diam, tak bercerita tentang sikat gigi yang telah dia telan.

Setelah operasi pada Rabu pekan lalu, Keshav mengaku tak sengaja telah menelan sikat gigi itu. Namun dia tak ingat kapan peristiwa itu terjadi.

Dokter telah mengangkat benda-benda itu. Mereka juga telah memperbaiki kantung kemih dan usus Keshav yang rusak akibat benda asing ini. Kini, dia masih dalam perawatan.

“ Ini kasus yang tak biasa karena umumnya kami dihadapkan pada kasus seperti menelan koin,” kata Patel.

Dan Patel pun terkejut bagaimana Keshav bisa bertahan hidup dengan sikat di dalam perut itu. “ Orang umumnya meninggal dalam kasus ini jika tak mendapat perawatan tepat waktu.”

“ Tapi bagaimana bocah ini bisa bertahan hidup kalau bukan karena keajaiban,” tambah dia.

Sementara, ayah Keshav, Sahu, mengaku sangat terkejut. “ Dia tak pernah memberitahuku telah menelan sikat gigi. Dia mengeluh sakit dan memuntahkan makanan.”

“ Saat kami mencoba mengobati rasa sakit dengan obat, dia hanya menangis dan menangis saban harinya,” tambah Sahu.

2 dari 4 halaman

Garis Aneh di Kaki Bisa Bergerak-gerak, Ternyata...

Dream - Berhati-hatilah apabila Anda berjalan di tempat-tempat kotor. Selalu pakai alas kaki, supaya tidak ada penyakit atau hewan yang masuk ke dalam tubuh, melalui kaki Anda.

Simak pengalaman mengerikan warga Tiongkok ini. Di kaki pria berusia 42 tahun ini dijadikan sarang oleh makhluk hidup. Yang lebih mengerikan lagi, saban hari makhluk itu berjalan-jalan di bawah kulit pria ini.

Pria itu sadar ada yang aneh di kaki kanannya setelah pulang berlibur dari Nigeria. Ada semacam garis meliuk-liuk pada kulitnya. Dan setiap hari, semakin panjang.

Merasa ada yang aneh, pria itu mendatangi dokter di Peking Union Medical College di Beijing. Dia ingin memeriksakan keanehan di kaki yang telah terlihat sebulan terakhir.

Betapa terkejutnya pria itu setelah tahu apa yang terjadi di kaki kanannya. Dokter menyatakan bahwa yang hidup dan bergerak di bawah kulit di kaki kanan itu adalah cacing tambang.

Cacing itu diduga kuat masuk ke dalam kaki saat pria yang tak disebutkan namanya itu berlibur ke Nigeria. Sebab, saat di negara Afrika itu, dia kontak dengan kotoran hewan. Dari kotoran itulah cacing itu diduga berasal.

Cacing tambang umumnya hidup di usus hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Telur-telur cacing ini biasanya keluar melalui kotoran hewan, dan biasanya dibuang oleh hewan-hewan pembawanya di daerah pantai berpasir atau di sekitar rumah.

Parasit ini hidup di lapisan epidermis, tak bisa masuk ke dalam tubuh yang lebih dalam lagi karena kekurangan kolagenase yang diperlukan untuk menerobos membran basal.

Jika sudah masuk ke kulit seperti itu, maka seseorang akan merasakan gatal luar biasa. Dokter kemudian memberinya albendazole dan setelah dua minggu, cacing itu hilang. (Ism, Sumber: The New England Journl of Medicine)

3 dari 4 halaman

Perempuan Ini `Mengandung` Selama 36 Tahun

Dream - Sebuah kasus medis unik dialami oleh perempuan tua dari wilayah barat India. Perempuan berusia enam puluh tahun itu mengeluh sakit pada bagian perut dan datang ke rumah sakit untuk berobat.

" Dia datang kepada kami mengeluh sakit pada bagian perut," kata Murtaza Akhtar, kepala dokter bedah pada NKP Salve Institute of Medical Sciences, Kota Nagpur, dikutip Dream dari laman Emirates 24l7, Rabu 27 Agustus 2014.

Perempuan yang berasal dari wilayah pedesaan miskin itu mengaku rasa sakit pada perut itu sesekali reda. Namun pada saat-saat tertentu, rasa sakit itu kembali muncul. Sehingga, dia kemudian memutuskan untuk berobat ke rumah sakit.

Pada bagian perut perempuan itu memang terlihat sebuah benjolan. Pertama kali melihat, para dokter mengiranya itu sebagai benjolan karena kanker. Dilakukanlah scan untuk memastikan penyakit perempuan itu.

Dan hadil pemindaian itu membuat para dokter terkejut bukan kepalang. " Saat kami melihat scan, reaksi pertama kami adalah 'apa yang sedang kita tangani?' Itu adalah kerangka yang benar-benar sudah terbentuk dibungkus dalam kantung," ujar Akhtar.

Usut punya usut, sang perempuan itu dulunya pernah hamil dan mengalami keguguran sebab hamil di luar rahim. Kala itu usianya masih 24 tahun. Meski keguguran, perempuan itu, dan juga keluarganya, enggan ke rumah sakit untuk membersihkan sisa-sisa janin.

Perempuan itu hanya mendatangi sebuah klinik di desanya untuk mendapatkan obat pereda rasa sakit. Ya itu tadi, rasa sakit di perut itu sesekali hilang, namun ada kalanya muncul kembali. Sementara, perut bagian kanan bawah perempuan itu menjadi benjol karena menjadi tempat sisa-sisa janin.

" Seorang perempuan berusia 60 tahun dengan terdapat janin di perutnya selama 36 tahun adalah keajaiban medis. Ini merupakan sesuatu yang belum pernah kami dengar," ujar Akhtar.

Akhirnya, para dokter India itu mencari literatur-literatur untuk penanganan kasus serupa. Beruntung para dokter itu memperoleh literatur tentang kasus serupa yang terjadi pada perempuan Belgia. Pada literatur itu disebutkan perempuan Belgia itu mengandung sisa-sisa janin selama 18 tahun.

Apa yang dialami perempuan Belgia itu menjadi kehamilan di luar rahim terlama yang bisa ditemukan dokter India itu dalam literatur. Sehingga, dokter India yakin perempuan berusia 60 tahun yang tengah ditangani itu menjadi kasus kehamilan di luar kandungan terlama, yaitu 36 tahun.

Akhirnya, setelah membaca literatur itu, sebuah tim dokter di Nagpur melakukan operasi untuk mengangkat tulang-tulang sisa janin yang berkumpul di sela-sela rahim, usus, dan kandung kemih itu.

" Dia terkejut ketika pertama kali tahu apa yang terjadi. Tapi sekarang dia baik-baik saja dan tengah memulihkan diri," tutur Akhtar.

4 dari 4 halaman

Dokter Bedah Benjolan di Bawah Perut, Ternyata Isinya...

Dream - Komedo di perut? Mungkin Anda tak pernah menyangka. Dan lebih sering mendengar komedo pada bagian muka atau wajah saja.

Tapi simaklah kisah ini. Proses operasi yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit, Sandra Lee. Dokter asal Amerika Serikat ini membedah benjolan di bawah perut seorang pasien wanita.

Dokter Sandra Lee kerap mengunggah proses operasi yang dia lakukan ke laman berbagai video, Youtube. Dan kali ini, perempuan yang lebih dikenal dengan nama Dr Pimple Popper itu mengunggah video operasi pasien yang punya benjolan misterius itu.

Semula pasien itu tak tahu apa isi benjolan aneh di perutnya itu. Karena merasakan sakit nyeri pada benjolan itu, dia datang ke dokter Sandra Lee untuk memeriksakan diri.

Alangkah terkejutnya pasien itu setelah tahu hasil pemeriksaan. Benjolan itu ternyata berisi komedo yang sangat besar. Pasien itu tak pernah menyangka bahwa benjolan itu berisi komedo.

Setelah melakukan pembiusan lokal, dokter Sandra membedah benjolan tersebut. Dengan pisau bedah, dokter Sandra menyayat kulit perempuan itu. Tepat di atas benjolan.

Dokter Sandra lantas menekan benjolan yang sudah mengaga itu. Dan terlihatlah zat berwarna kuning dari luka goresan itu.

Meski sudah diambil sebagian, sisa-sisa komedo warna kuning tersebut masih ada dan dokter Sandra menariknya keluar dengan menggunakan pinset.

Setelah dibersihkan, lubang bekas tempat bersarang komedo itu langsung ditutup dengan jahitan. Seperti video operasi lainnya, video dokter Sandra itu juga menarik perhatian ratusan ribu pengunjung di YouTube. (Ism) [crosslink_1]

Beri Komentar