Kasus Kekerasan Seksual, Ini Kata Iwan Fals

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 24 Mei 2016 08:43
Kasus Kekerasan Seksual, Ini Kata Iwan Fals
Iwan Fals mengaku kesal dan marah dengan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak. Dia mendukung penerapan hukuman mati bagi pelaku.

Dream - Kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak belakangan menjadi fenomena sosial yang memprihatinkan. Ini lantaran sejumlah kasus itu telah memakan korban yang masih tergolong anak-anak

Terkait fenomena ini, musisi senior Iwan Fals angkat bicara. Dia mengatakan begitu marah dengan tingkah bejat para pelaku.

" Saya sebel dan marah, ya, kesel aja. Pelakunya sendiri matiin aja lah," ujar Iwan saat ditemui di sela peluncuran Yonder Music All Star Live di Hotel Mulya Senayan, Jakarta, Senin 23 Mei 2016.

Iwan mengakui hukuman mati memang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Tetapi, dia merasa lebih mendukung hukuman mati bagi pelaku kejahatan seksual perempuan dan anak, mengingat kurang adanya efek jera dalam hukuman penjara.

" Memang HAM yah. Tapi kalau dipenjara dan dikebiri mending dimatiin aja, walaupun HAM jadi masalah," kata dia.

Meski begitu, Iwan meminta mmedia untuk pintar dalam menyeleksi pemberitaan yang ada. Ini mengingat dampak pemberitaan tersebut yang justru dapat memotivasi para pelaku lain untuk melakukan kejahatan serupa.

" Media pintar-pintar menyeleksi berita. Dari seribu berita kenapa selalu itu. Bukan berarti tidak peduli dengan hal itu sih, tapi masih banyak berita soal itu," tutur pelantun `Bento` itu.  (Ism) 

 

Beri Komentar