Kotak Amal di Makam Gus Dur dan Peziarah dari Amerika

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 7 Juni 2017 20:05
Kotak Amal di Makam Gus Dur dan Peziarah dari Amerika
Setelah mendapat penjelasan mengenai manfaat kotak amal, mereka pun...

Dream - Umat Islam di Indonesia tentu sudah akrab dengan kotak amal. Kotak dengan lubang kecil untuk memasukkan uang itu berfungsi untuk memberi donasi kepada yang membutuhkan. 

Tetapi, siapa yang menyangka kotak amal menarik perhatian para mahasiswa dan dosen Miami Dade College Florida, Amerika Serikat.

Rombongan mahasiswa yang didampingi Prof Michael Lenaghan itu melihat, kotak amal saat berziarah ke makam Gus Dur di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Sabtu, 3 Juni 2017.

Para rombongan pun mendapat penjelasan mengenai fungsi kotak amal itu. Direktur Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LPST) Mohammad As'ad pun menjelaskan fungsi kotak amal kepada mereka.

" Kotak amal itu dikelola untuk pelayanan sosial, kesehatan dan ekonomi bagi dhuafa di sekitar Pesantren Tebuireng,” kata As'ad, dikutip Dream dari nu.or.id.

Mendengar penjelasan itu, Michael bergegas menuju lokasi kotak amal itu. Pria yang mengaku pernah tiga kali bertemu Gus Dur ini pun memasukkan selembar uang dolar Amerika.

Langkah dosen senior itu segera diikuti oleh dua mahasiswanya, Joshua Elias dan Enrique Sepulvedas. Ketika ditanya kenapa ikut-ikutan memberikan donasi, Enrique menjawab dengan bangga, " That's what friends do" (Itulah yang dilakukan seorang teman).

Selain donasi tiga orang itu ke kotak amal, rombongan itu secara kolektif juga menyerahkan donasi sebesar Rp1,5 juta kepada LSPT. (ism) 

Beri Komentar