Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Planet Mirip Bumi Terkuak 15 Tahun Lagi

Planet Mirip Bumi Terkuak 15 Tahun Lagi Ilustrasi

Dream - Para ilmuwan di badan antariksa Amerika Serikat (NASA) yakin dapat menemukan kembaran Bumi yang benar-benar identik dalam 15 tahun mendatang. Tak hanya itu, planet mirip Bumi ini juga diyakini bisa dihuni manusia.

Dr John Mather, ilmuwan senior dari Goddard Space Flight Center di Maryland, optimis proyek teleskop pemburu planet antariksa James Webb Space Telescope (JWST) akan bisa menemukan planet yang benar-benar bisa dihuni seperti Bumi dalam 15 tahun mendatang.

Teleskop raksasa sebesar lapangan tenis tersebut akan digunakan untuk menemukan dan mempelajari planet mirip Bumi di luar tata surya kita.

Menurut Mather, planet itu mungkin akan memiliki lautan seperti Bumi. Namun, diakuinya, para ilmuwan harus bisa mengalahkan hukum relativitas khusus milik fisikawan terkenal Albert Einstein.

"Kami berharap bisa menemukan planet yang mirip Bumi dan mengukur atmosfernya agar kita bisa tahu apakah memiliki cukup air di atasnya untuk menciptakan lautan," katanya dalam sebuah wawancara dengan majalah All About Space seperti dikutip dari laman Dailymail, Senin, 12 Januari 2015.

Menurut Mather, menemukan planet-planet tersebut memang mudah. Pertanyaan terbesar justru muncul mengenai cara manusia mengunjungi planet tersebut. Hal ini masih menjadi tantangan bagi para ilmuwan.

Salah satu usulan yang muncul adalah mengandalkan robot dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Untuk itu dibutuhkan seseorang yang harus bisa mencari cara untuk mengatasi keterbatasan kecepatan cahaya dan ruang waktu milik Einstein.

Menurut teori Einstein, tidak ada satu pun yang bisa menandingi kecepatan cahaya. Inilah yang membuat perjalanan antar galaksi menjadi sesuatu yang tidak mungkin bagi manusia Bumi.

"Kita adalah makhluk yang lemah," kata Mather. "Kita tak mungkin melakukan perjalanan sangat jauh tersebut tanpa banyak bantuan."

Namun Mather tetap yakin teori Einstein bisa diatasi meski melakukan perjalanan lintas galaksi masih sangat jauh dari kenyataan.

Mencari planet yang bisa dihuni adalah tugas utama dari proyek JWST yang akan diluncurkan pada 2018. Ribuan ahli astronomi akan menggunakan data yang dikirim JWST yang akan diluncurkan melalui pesawat Ariane V.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penemuan Planet Mirip Bola Mata, Diklaim Tak Punya Siang dan Malam

Ilmuwan menduga bahwa di luar tata surya terdapat planet dengan bentuk yang menyerupai bola mata manusia.

Bukan Bumi, Planet Ini Ternyata Dulunya Pernah Datar

Untuk planet yang lebih besar, para ilmuwan yakin sesuatu yang disebut ketidakstabilan piringan mungkin terjadi

Setelah Mars, Kini Ilmuwan Sebut Venus Juga Bisa Dihuni Manusia

Planet tetangga terdekat kita mungkin lebih ramah terhadap kehidupan daripada yang kita kira sebelumnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ilmuwan Temukan Danau Purba di Mars, Bukti Adanya Kehidupan di Sana?

Peneliti Gunakan Teknologi Radar untuk Temukan Bukti Danau Purba di Planet Mars.

Para Ilmuwan Bongkar Misteri Hilangnya Air di Planet Mars

Peneliti antariksa dari Tiongkok menemukan struktur poligonal yang tersembunyi di bawah permukaan planet Mars.

Baca Selengkapnya
Apakah Bangsa Mesir Kuno Mengetahui Meteor Datang dari Langit?

Penduduk Mesir kuno ternyata memahami asal muasal meteorit kaya besi dari luar bumi pada ribuan tahun sebelum ilmuwan Eropa.

NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih lagi harinya cuti masih diminta pekerjaan oleh atasan? Kalau pernah komentar di bawah yaa.